MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Ini Bikin Ban Tetap Prima Dan Aman

MAR 25, 2017@10:00 WIB | 1,802 Views

Ban yang tidak memadai lagi seperti kurangnya tekanan angin, atau ban yang sudah botak, menjadi salah satu penyumbang terbesar terjadinya kecelakaan lalu lintas. Meletusnya ban secara tiba-tiba saat dalam kecepatan tinggi, dapat membuat mobil menjadi oleng.

Dan jika tidak mahir benar mengendalikannya, bukan tidak mungkin justru akan membuat mobil terguling. Nah, untuk memperkecil atau mungkin menghilangkan terjadinya kecelakaan, berikut Tim Blackxperience sedikit tipsnya.

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah mencari tahu tekanan angin yang tepat. Anda dapat mencari tekanan angin yang sesuai, Anda dapat menemukannya di pintu pengemudi, doorpost, atau buku manual. Sementara itu, angka yang tertera di dinding ban merupakan tekanan maksimum yang masih dapat ditoleransi oleh ban.

Anda sebaiknya selalu mengecek tekanan angin ban mobil secara rutin, sebelum melakukan perjalan jauh atau sebulan sekali. Ban akan gagal berfungsi sempurna dan cepat rusak jika tekanan angin kurang dari seharusnya. Cek tekanan angin pada saat kondisi ban dalam keadaan dingin, atau biarkan dulu selama tiga jam apabila Anda habis menggunakannya.

Jangan lupa, untuk selalu mengecek kelayakan ban cadangan Anda minimal sebulan sekali. Dengan begitu, ban akan siap digunakan pada saat Anda sedang membutuhkannya. Yang tidak kalah penting adalah mengecek ketabalan kembang atau alur ban. Daya cengkeram ban yang botak akan sangat jauh berkurang, sehingga akan membuat mobil melaju dengan tidak stabil.

Lubang di jalan menjadi salah satu musuh utama Anda sebagai pengemudi, selain kemacetan tentunya. Ban dan velg dapat rusak jika Anda menghajar lubang saat dalam kecepatan tinggi.  Tidak hanya itu, beberapa komponen yang kemungkinan juga turut rusak antara lain, spooring, suspensi, bearing, bahkan arm. Jangan lupa untuk melengkapi ban Anda dengan tutup pentil, karena angin bisa saja keluar secara perlahan. Cek juga keseimbangan ban, untuk menghindari ban cepat aus. Dan yang pasti, jangan mengangkut beban melebihi kapasitas atau daya angkut mobil. [Teg/TimBX]

Tags :

#
blacktips,
#
tips ban,
#
tips