MENU
icon label
image label
blacklogo

6 Trik Ampuh Ngecat Body Motor Kinclong Hanya Dengan Cat Semprot Kalengan

MAR 29, 2022@15:30 WIB | 700 Views

Siapa bilang mengecat dengan cat semprot tak bisa bagus? Simak ini tipsnya

Banyak sekali sebab dan alasan para pemilik motornya melakukan pengecatan ulang body motor kesayangan. Mulai dari akibat pemakaian timbul baret atau kerusakan bahkan pudar atau sekedar bosan dan memang hobi modifikasi gonta-ganti warna.

Selain bisa mengecat motor dengan cat kompresor yang biasanya terdapat di bengkel cat/ bodyworks, kalian juga bisa mengecat motor dengan murah, praktis dan tentu dapat dilakukan sendiri yaitu dengan menggunakan cat semprot kalengan.

Namun jangan sembarangan, menggunakan cat semprot kalengan pun tak boleh asal agar hasilnya memuaskan dan tak kalah kece dengan hasil cat semprot kompresor.

Untuk itu, ini 6 trik ampuh ngecat body motor kinclong hanya dengan cat semprot kaleng.

1. Pastikan media atau bodi motor bersih

Sebelum kamu melakukan pengecatan, pastikan kamu sudah membersihkan bodi motor. Hal ini berfungsi agar kotoran tidak menempel yang membuat hasil pengecetan buruk dan tidak memuaskan.

2. Amplas sedetail mungkin.

Jika bodi motor sudah dijamin bersih, jangan lupa lakukan pengamplasan. Pilih kertas amplas yang halus agar bodi motor tidak baret. Jangan lupa bila perlu kalian pakai sedikit air guna membahasi amplas dan mendapatkan bodi motor yang halus serta pori-pori terbuka sempurna.

3. Mulai mengecat dengan foxy plus warna dasar, ingat tidak usah buru-buru pelan tapi pasti.

Jika bodi sudah halus, kamu bisa melakukan pengcetan dengan menggunakan foxy terlebih dahulu. Lakukan pengecatan tipis-tipis dahulu saja. Hindari mengecat langsung tebal yah. Cara tersebut juga berlaku untuk kamu mengaplikasikan cat dasar sesuai warna yang diinginkan.

4. Semprotkan warna yang diingingkan.

Jika foxy dan cat dasar sudah rata dan kering sempurna, silahkan menyemprotkan warna baru sesuai selera kamu. Ingat jauh lebih baik mengecat beberapa lapis alias tidak langsung tebal.

Jarak pengecatan terbaik yaitu berkisar 20-30 dengan bodi yang akan kalian cat. Lakukan pengecatan dengan tipis-tipis dan semprot sedikit menumpuk pada bagian yang telah kalian cat sebelumnya, beri jeda waktu 15-20 menit untuk keringkan lapisan pertama. Jika sudah, lakukan langkah ini hingga ketebalan cat sesuai keinginan kamu.

5. Semprot lapisan finishing/pernis.

Jika bodi motor dengan warna baru sudah kering sempurna, kamu bisa memberikan lapisan pernis untuk memperkuat lapisan cat barumu. Lapisan pernis pun akan membuat bodi motor tampil lebih kinclong dan jika kamu ingin warna doff pastikan kamu membeli lapisan clear doff ya.

6. Setelah kering sempurna, amplas halus dan poles.

Jika ke lima langkah di atas sudah kalian lakukan, terakhir kalian bisa melakukan langkah pemolesan. Sebelumnya kalian bisa mengamplas kembali bodi motor dengan amplas yang sangat halus disertai air.

Ingat! Jangan terlalu kencang dan menekan, jika bodi motor sudah halus dan terlihat putih kamu tinggal memolesnya menggunakan cairan kompon lalu diakhiri dengan wax dan bodi motor akan kinclong kembali.

Jangan lupa, pakailah masker mulut dan muka untuk menghindari partikel zat kimia yang terdapat pada cat kaleng semprot masuk ke dalam tubuh kamu ya Black Pals, [azz/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
pilox,
#
cat,
#
bodi motor,
#
trik,
#
cat semprot