MENU
icon label
image label
blacklogo

7 Trik Ampuh Menyetir Mobil Saat Kabut Menghalangi Jarak Pandang

JUN 02, 2022@17:00 WIB | 232 Views

Bukan hanya pandai mengatur pedal gas atau ruas jalan, mengendarai mobil juga punya banyak hal yang wajib diperhatikan. Salah satunya yaitu gangguan atau berkurangnya jarak pandang yang disebabkan kondisi alam, yaitu kabut. Biasanya hal ini kerap terjadi jika kalian melewati jalur pegunungan atau saat kondisi alam bersuhu rendah bahkan hujan.

Untuk itu, simak 7 trik di bawah ini yang telah Tim BX rangkum agar menyetir mobil saat cuaca kabut tetap aman.

1. Memperlambat laju mobil

Trik paling pertama yang harus kamu lakukan adalah menurunkan atau memperlambat laju mobil. Saat melaju di jalan berkabut, pandangan mata tentu akan terhalang, hal tersebut menyebabkan kamu tidak bisa melihat kendaraan lain yang barangkali ada di depan mobil kamu.

Jika memaksakan diri melaju dengan kencang, kamu bisa saja menabrak kendaraan yang terhalang kabut itu. Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk memperlambat laju kendaraan saat berada di jalan berkabut.

2. Segera hidupkan lampu kabut

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu hidupkan lampu kabut atau foglamp mobil. Fitur ini dapat membantu untuk menambah penerangan jalan di depan yang akan kamu lewati, kamu juga bisa semakin jelas kendaraan lain yang ada di depan mu.

3. Hindari menghidupkan lampu mode sorotan tinggi

Hal ini sering terjadi salah kaprah, banyak pengendara yang langsung menyalakan lampu jauh alias dim. Padahal kamu lebih baik menggunakan lampu sorot rendah alias lampu jarak pendek, karena Lampu depan dengan sorotan tinggi hanya akan memantulkan kabut ke pandangan mobil.

4. Hindari melakukan hal yang mencuri perhatian

Jika sedang menyetir di jalan berkabut, sebisa mungkin tetap fokus dan jangan melakukan hal yang mencuri perhatian. Salah satunya menyalakan fitur multimedia seperti musik, TV atau lainnya. Hal itu dilakukan agar Sahabat bisa mendengar suara dari kendaraan lain yang melintas. Agar suara tersebut makin terdengar, kalian bisa membuka sedikit jendela mobil.

5. Jangan Berhenti di Sembarang Tempat

Bila kamu mau berhenti sejenak di jalan berkabut, janganlah berhenti di sembarang tempat. Berhentilah di area yang betul-betul jauh dari jalan raya yang berkabut. Selanjutnya kamu harus mematikan lampu mobil, baik lampu depan maupun belakang. Hal itu dilakukan supaya pengendara lain tidak menyangka kalau lampu mobil kalian adalah penunjuk jalan.

6. Nyalakan AC Mobil Bagian Depan

Jalan berkabut biasanya punya suhu yang dingin. Hal itu bisa bikin kaca depan mobil berembun. Nah untuk mengatasi hal itu, kamu bisa menyalakan AC mobil. Utamanya, pada bagian depan mobil.  Udara yang dihasilkan AC bagian depan bisa mengurangi embun yang sewaktu-waktu muncul pada kaca depan mobil. Pastikan untuk melakukan tips ini saat kaca depan betul-betul mulai berembun.

7. Jangan Memaksakan Diri untuk Berkendara

Tips terakhir ini dilakukan bila kabut sudah mulai terlalu tebal, tunggulah sejenak sampai kabut betul-betul menipis. Memaksakan diri berkendara di tengah kabut sangat tebal hanya akan membahayakan diri dan mobil kesayanganmu sob. Selama menunggu kabut menipis, kamu bisa sambil menikmati minuman atau makanan yang juga dapat mengurangi rasa kantuk sob! [azz/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
kabut,
#
trik,
#
jarak pandang