MENU
icon label
image label
blacklogo

Intip Tips Sol Bodi Mobil Biar Enggak Belang dan Kinclong, Ini Kata Ahlinya

SEP 11, 2023@13:40 WIB | 1,302 Views

Setiap pemilik mobil pasti ingin mobilnya selalu prima dan berpenampilan kinclong. Namun terkadang, ada saja hal-hal yang bikin kondisi mobil tidak nyaman atau sekedar tak elok dipandang mata. Salah satunya disektor eksterior yaitu cat.

Bagi sebagian orang terutama pecinta otomotif, mobil wajib mulus dan klimis loh sob. Tapi kadang ada aja nih kejadian di jalan yang bikin mobil tergores atau rusak.

Misal saja tertabrak atau sekedar menyenggol yang hanya merusak satu bagian bodi, pastinya enggak bakal dicat semua dong ya. Salah satunya yaitu mengecat sebagian atau hanya bagian yang rusak yang biasa disebut "Ngesol" bodi.

"Mobil aku semalem ketabrak motor padahal aku diem dan kondisi macet, jadinya bumper pecah deh. Setelah konsul, disaranin untuk sol tapi satu bumper biar enggak bilang"tutur Safira pemilik mobil yang baru saja mengalami accident di jalan.

Memiliki warna mobil yang unik karena custom, Safira akhirnya mendatangi toko cat langganannya dan meminta dibuat kan cat custom yang mirip agar kembali rapih cat mobilnya.

"Warnanya ini custom, biru tapi pakai mutiara jadi ada efek ungunya. Lumayan susah dan harganya juga mahal karena basic cat ini pakai yang bermerek, jadinya kita mix nih beberapa warna dan efek mutiara. Habis itu test semprot diplat dan samain ke mobilnya langsung, bagusnya mobilnya di bawa biar bisa persis banget warnanya"tutur Dadang owner salah satu toko cat di wilayah Jakarta Timur.

Dadang pun menambahkan, jika ingin mengesol salah satu bagian bodi mobil agar tidak belang harus mengecat satu panel nih. "Kalau ngesol apalagi warnanya unik ya harus sepanel, kalau cuman sebagian hampir jarang banget bisa persis warnanya,"sambung Dadang.

Masih soal ngomongin cat, Dadang mengatakan ada beberapa jenis dan merek cat yang dapat disesuaikan dengan kondisi kantong customernya.

"Cat itu ada dua jenis, ada NC dan PU. Bedanya kalau PU itu lebih bagus dan lebih deep atau kereng lah bahasa gampangnya, tapi harganya lumayan. Kalau NC bukan berarti jelek, tapi dibandingkan PU lebih bagus PU tapi harga cat jenis NC lebih murah,"jelas cowok bernada bicara khas Sunda ini.

Kami pun melihat berbagai merek cat mobil, mulai dari Sikkens, Belkote, Blinken, Penta, Nippon dan masih banyak lainnnya. Rupanya bisa beli sesuai kebutuhan loh enggak harus sekaleng atau satu kilogram.

"Rata-rata bisa beli ketengan atau sesuai kebutuhan, kayak Penta bisa, Nippon dll. Kalau Sikkens harus perkaleng dan warna sesuai katalog, kalau mau unik ya custom langsung ke Sikkensnya. Untuk harga, mulai dari yang paling murah itu ada yang 45 ribu 1/4 kilogram sampai ratusan ribu ada. Sesuaikan aja deh maunya gimana hehe,"tuturnya.

Ada lagi nih tips jitu dari bro Dadang, untuk bikin mobilmu kinclong. "Gini, kalau mau kinclong kalau dananya banyak ya beli yang mahal cat dan pernisnya. Tapi kalau dana ngepas, bisa beli cat yang biasa atau middle, tapi pernisnya beli yang lumayan dan dibanyakin layernya alias becekin,"tutup Dadang kami temui di toko catnya.

[Aziz/timBX].

Tags :

#
tips,
#
cat mobil,
#
milih cat,
#
tukang cat,
#
cat,
#
repaint,
#
sol,
#
mobil,
#
blackxperience

X