MENU
icon label
image label
blacklogo

Mobil Mendadak Brebet Di Jalan? Tenang Sob.. Ini 5 Trik Mengatasinya

AUG 25, 2022@11:00 WIB | 277 Views

Ketika memiliki mobil, tentu kita tidak melulu merasakan enak atau nyamannya saja sob. Terkadang kita dihadapi dengan masalah yang tak terduga atau mendadak.

Mulai dari ban bocor, aki soak bahkan hingga mobil mendadak brebet sampai-sampai sulit untuk berjalan normal.

Nah kali ini kita fokus bahas soal mobil brebet ya sob, buat kamu yang pernah ngalamin atau untuk jaga-jaga bisa nih intip 5 trik mengatasinya di bawah ini :

1. Panaskan Mesin Mobil Secara Rutin dan Sebelum Digunakan

Kebiasaan menggunakan motor tanpa dipanasi terlebih dahulu memicu terjadinya mesin mobil brebet saat digunakan. Brebet ini diakibatkan karena mesin yang masih dingin sudah langsung dijalankan motor-nya. Wajar saja mesin brebet, oli belum panas dan belum bekerja secara maksimal.

Setelah anda mulai gas dan jalankan mobilnya, pasti brebet tersebut lama kelamaan akan hilang, karena bagian mesin juga secara perlahan akan bekerja dengan baik setelah kondisinya panas. Pemanasan mesin mobil ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu tips perjalanan jauh menggunakan mobil sobat. Karena pemanasan mobil memang sangat penting untuk menjaga kondisinya tetap baik.

2. Cek kondisi busi

Bagian busi juga merupakan salah satu komponen penting yang wajib kamu jaga kondisinya. Tidak sedikit masalah yang terjadi pada bagian busi sehingga menyebabkan mobil menjadi brebet dan terkadang juga menjadi penyebab knalpot mobil nembak.

Cara paling sederhananya, kalian tinggal buka seluruh busi lalu lihat kondisinya. Jika busi sudah menghitam atau basah terkena oli cobalah kalian membersihkannya dengan menyikat dengan sikat kawat yang sudah dibasahi bensin.

Jika cara ini sudah dilakukan tapi tak kunjung berhasil, alangkah baiknya kamu mengganti busi mesin mobil mu ya sob. Namun yang perlu kalian ingat adalah merk yang digunakan. Samakan merknya dengan sebelumnya, jika tidak maka mobil kemungkinan akan pincang dan timbulah brebet pada mobil tersebut.

Bukan businya saja yang membuat mobil menjadi brebet, namun bagian kabel busi juga bisa membuat mobil brebet sob. Nah kalian yang belum mengetahui ciri fisik dari kabel busi, bisa perhatikan sekarang. Kabel busi yang baik, kondisinya akan baik tanpa adanya retakan ataupun pecah. Kerusakan yang terjadi jika tidak segera diganti akan mengurangi kinerja dari busi itu sendiri.

3. Bersihkan throttle bodi (injeksi) atau karburator.

Langkah selanjutnya jika sudah memastikan busi atau kabel busi dalam kondisi baik, kalian bisa mengecek suplay bahan bakar untuk mesin. Bisa dengan dua cara, dengan membersihkan throttle bodi jika mesin mobilmu sudah berteknologi injeksi ataupun dengan membersihkan karburator jika mobilmu termasuk mobil lawas yang masih belum injeksi.

Caranya, buka saluran filter udara  yang menyambung pada throttle bodi atau cover karburator. Jika sudah terbuka, siapkan karburator cleaner lalu hidupkan mesin mobil mu. Jika mesin sudah hidup, semprotkan perlahan cairan karburator cleaner ke arah throttle bodi atau karburator mobilmu sembari kamu menarik tali gas di dekat throttle body/karburator.

Lihat apakah asap yang dikeluarkan knalpot hitam atau tidak, jika hitam berarti pembakaran mobilmu dalam kondisi kurang baik. Sebisa mungkin melakukan treatment ini hingga asap yang dikeluarkan tidak berwarna.

4. Periksa Bagian Selang yang Terhubung Langsung ke Bagian Pompa Bensin

Selanjutnya setelah anda melakukan pemanasan bagian mesin secara rutin, namun mesin mobil masih terasa brebet, maka anda bisa melakukan pengecekan pada bagian selang yang terhubung langsung dengan bagian pompa bensin ya sob.

Bahan bakar seperti halnya bensin, biasanya akan menyisakan kotoran saat proses pembakaran. Kotoran ini nantinya akan mengendap di dalam tangki yang lama kelamaan akan semakin menumpuk. Kotoran yang menumpuk ini secara otomatis akan tersedot oleh selang dan menjadi menumpuk di bagian pompa bensin. Kondisi inilah yang menyebabkan mobil terasa brebet saat kamu sedang ngegas.

Kurangnya pengecekan sebenarnya sangat menentukan kondisi dari pompa bensin itu sendiri. Kotoran yang menyumbat akan membuat bagian ini menjadi semakin melemah dan bahkan tidak sedikit kasus mesin menjadi mati karena terlalu banyak kotoran yang terdapat di bagian tersebut.

Kami sarankan jika mobil kamu sudah terasa brebet saat digunakan, padahal kamu sudah melakukan pemanasan secara rutin, segeralah lakukan pengecekan pada bagian pompan bensin deh, takutnya nanti saat anda paksa gunakan malah mogok di jalan.

5. Lakukan Pengecekan Pada Bagian Saringan Bensin

Kalian bisa coba melihat dan memperhatikan secara seksama pada bagian saringan bensin,saringan bensin yang sudah kotor juga akan menyebabkan suatu masalahnya seperti mobil brebet saat sedang di gas.

Kebersihan memang menjadi salah satu solusi terbaik sob. Untuk itu selalu lakukan pengecekan rutin terhadap komponen – komponen mobil yang berhubungan dengan bahan bakar. Terkadang tidak sedikit orang yang melihat saringan bensinya dipenuhi dengan uap air yang tentu saja ikut menyumbang masalah brebetnya mobil kesayangan kalian.

So.. bisa dicoba tuh 5 trik mengatasi mobil brebet, jadi jangan panik lagi ya Blackpals kalau mobilmu brebet di jalan, [aziz/dera/timBX].

Tags :

#
mobil brebet,
#
tips atasi mobil brebet,
#
trik,
#
mendadak,
#
mobil,
#
mogok