MENU
icon label
image label
blacklogo

6 Trik Ampuh Bersihkan Plafon Mobil Kesayangan Agar Kabin Dan Interior Selalu Fresh

MAR 10, 2022@14:10 WIB | 662 Views

Enggak bisa asal, bersihkan plafon mobil perlu cara khusus. Yuk intip caranya

Buat kalian yang lagi cari cara untuk membersihkan interior khususnya plafon mobil, kali ini tim BX berhasil mengumpulkan 6 trik ampuh.

Kebersihan mobil bukan hanya dari sektor eksterior alias bodinya saja. Kabin dan interior mobil juga jadi salah satu hal penting yang tentunya wajib diperhatikan, agar terlihat selalu fresh dan bersih. Bukan tanpa sebab, interior mobil yang kotor juga dapat memengaruhi kesehatan penumpang mobil loh, debu dan virus akan bersarang di tempat yang kotor.

Namun membersihkan plafon mobil pun tak bisa asal dan ada cara khususnya, jika tidak nanti plafon mobil kalian malah semakin kotor, bau atau bahkan mengalami kerusakan.

Untuk itu yuk langsung simak beberapa trik ampuh bersihkan plafon mobil di bawah ini.

1. Bersihkan plafon yang berdebu.

Membersihkan plafon berdebu dengan sikat tanpa air, jika plafon berdebu kalian cukup menyikatnya dengan lembut tanpa air. Kemudian, sikat plafon dengan gerakan tangan searah menggunakan sikat gigi yang lembut. Lakukanlah secara perlahan. Menyikat plafon yang berdebu dengan air atau campuran air sabun atau detergen ternyata akan membuatnya semakin kotor.

Karena, debu di plafon akan menyatu dengan air. Semakin di sikat justru kotorannya akan semakin menyebar. Bukan bersih yang ada noda semakin membandel di atas plafon. Cara ini berlaku jika plafon hanya berdebu saja bukan untuk mengurangi noda.

2. Menghilangkan noda ringan pada plafon plafon

Menghilangkan plafon yang bernoda ringan dengan menggunakan sikat lembab. Cara membersihkan plafon mobil yang memiliki noda ringan adalah dengan menggunakan sikat lembab dengan sedikit detergen. Cara ini dilakukan jika ada noda ringan pada plafon. Gunakan sikat gigi bekas dengan bulu lembut dan detergen yang sedikit mengandung busa.

Caranya:

  • Tuang detergen pada air (jangan diaduk). Tunggu 3 menit agar partikel nya bereaksi dengan air.
  • Celup sikat ke dalam larutan detergen kemudian angkat.
  • Gerakan sikat ke atas dan ke bawah agar larutan detergen terbuang dan sikat menjadi lembab.
  • Sikat perlahan noda di plafon dengan lembut dan searah.

Ingat jangan aduk larutan detergen agar tidak berbusa! Jika sikat berbusa dan menyentuh plafon maka akan menghasilkan flek yang tidak bisa hilang. Jika begini, maka bukan menyelesaikan masalah, namun menimbulkan masalah baru.

3. Menghilangkan noda pekat pada plafon

Cara membersihkan plafon mobil yang memiliki noda pekat atau membandel ini adalah dengan menggunakan cairan fabric. Namun, ada caranya untuk menggunakan cairan ini. Sebelum melangkah lebih lanjut kesana, kalian siapkan beberapa peralatan untuk membersihkan plafon, yaitu: kain yang lembut dan halus, atau kain berjenis micro-fiber agar plafon mobil tidak rusak saat dibersihkan.

  • Cairan pembersih. Pilihlah cairan khusus plafon mobil (fabric). kalian dapat membeli cairan ini di bengkel atau toko tertentu.
  • Siapkan air secukupnya. Gunakan air tanpa campuran deterjen, sabun ataupun yang semisalnya. Cukup sediakan air bening saja.
  • Setelah kalian menyiapkan semua peralatan, lalu bagaimana cara membersihkan plafon mobilnya? Berikut ini langkah yang dapat kita lakukan untuk membersihkan plafon mobil.
  • Basahi kain dengan air, peras sampai kering hingga tidak ada air yang menetes lagi. Pastikan kain terperas sampai kering, karena kain yang basah dapat menyebabkan plafon menjadi lembab. Hal ini akan mempercepat timbulnya bakteri dan jamur sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap.
  • Usapkan kain pada plafon secara perlahan. Tujuannya, agar plafon tidak sobek.
  • Semprotkan cairan pembersih fabric ke kain. Lalu, gosok plafon dengan menggunakan kain tersebut. Cairan pembersih fabric berguna untuk menghilangkan noda yang membandel pada plafon mobil

.

4. Sedot plafon mobil dengan Vacuum Cleaner

Cobalah untuk membersihkan plafon mobil dengan vacuum cleaner. Penggunaan vacuum cleaner untuk membersihkan plafon ini ada caranya, tidak bisa membersihkan nya secara sembarangan. Jika salah menggunakan, justru dapat membuat mobil menjadi rusak.

Syarat membersihkan plafon mobil dengan vacuum cleaner ini adalah dengan mengatur daya serap alat pembersih otomatis satu ini, yaitu dengan menggunakan daya serap ringan. Penggunaan dengan daya serap tinggi justru merusak plafon dan menjadi tidak bagus.

5. Membersihkan Plafon Mobil Berbahan Fabric

Cara yang bisa anda lakukan untuk membersihkan plafon mobil jenis ini adalah dengan terlebih dahulu menyiapkan cairan pembersih fabric (dari hewan) dan kain berjenis micro-fiber. Setelah itu, basahi kain tersebut dengan cairan fabric.

Sebaiknya, kalian tidak langsung menyemprotkan cairan fiber ke plafon, karena hal ini akan membuat kotor permukaan plafon dan proses perawatan plafon anda akan menjadi sia-sia. Menyemprotkan cairan fiber ke kain berfungsi agar plafon tidak terlalu basah saat dibersihkan. Seperti yang telah disebutkan di atas, plafon tidak boleh lembab dan terlalu basah yang akan menimbulkan banyak kotoran dan bakteri.

Ketika proses membersihkan plafon, serat halus yang ada pada kain plafon akan bergerak. Oleh karena itu, lebih baik kalian membersihkan nya searah agar plafon tidak rontok. Setelah bersihkan dengan kain dan cairan fabric dan permukaan plafon telah kering, tengoklah arah serat nya. Pastikan serat – serat dalam plafon itu rapi dan menyatu dengan sekelilingnya.Untuk mengatur arah serat, anda dapat menggunakan kain mikrofiber dan hindari penggunaan sikat yang dapat membuat plafon mobil tertarik oleh bulu sikat yang dapat mengakibatkan kerontokan.

6. Membersihkan Plafon dari Beludru

Plafon mobil berbahan beludru sangat sulit untuk dibersihkan. Dalam merawatnya pun perlu hati-hati karena material dalam beludru berlapis-lapis. Sehingga, ada cara khusus dalam merawat dan membersihkannya.

Pertama, bersihkan plafon dengan mengunakan air secukupnya. Kemudian, gosok perlahan dengan lap yang setengah basah. Lapisan luar plafon berasal dari kain wol yang jika terkena air sedikit saja dapat mengakibatkan lapisan wol itu menjadi lebih lembab.

Plafon yang lembab akan menimbulkan masalah baru bagi mobil, yaitu efek bau menyengat.Selanjutnya, Kelembaban tersebut bisa menyebabkan jamur. Oleh karena itu, kalian perlu segera membersihkan nya sebelum lembab semakin meluas [azz/era/timBX]

Tags :

#
plafon,
#
bersih,
#
bersihkan plafon mobil,
#
trik