MENU
icon label
image label
blacklogo

15 Tips Perawatan Mobil Untuk Performa Terbaik (Part 2)

OCT 29, 2020@09:00 WIB | 458 Views

Meneruskan artikel sebelumnya terkait tips perawatan preventif mobil Anda, berikut delapan hal lainnya yang wajib Anda lakukan untuk mendapatkan performa terbaik mobil kesayangan.

8. Pastikan Sistem Pendingin Berfungsi

Selang yang membawa cairan pendingin mesin bisa rusak karena tekanan tinggi, panas, atau tua. Bila ini terjadi, maka akan terjadi kebocoran pada mesin. Cara terbaik adalah dengan memiliki cairan pendingin yang cukup dan memeriksa selang secara teratur.

9. Periksa Rem

Kegagalan rem bisa saja terjadi karena rotor, bantalan rem, minyak rem, pedal rem, atau kebocoran minyak rem. Fungsi pentingnya sebagai bagian keselamatan pengendara, membuat perkara rem tak dapat diabaikan. Anda dapat memeriksa sendiri bantalan rem dan reservoir minyak rem. Atau bisa dengan memeriksa level dan warna fluida di reservoir. Jika warnanya gelap, maka ini saat yang tepat untuk menggantinya.

10. Tetap Tertutup

Tips perawatan yang satu ini mungkin terdengar sepele tapi banyak manfaatnya. Dengan memarkirkan mobil di tempat tertutup, ini akan membantu cat dan interior tetap dalam kondisi yang baik. Radiasi yang berbahaya, cuaca, dan alam, dapat merusak kendaraan Anda.

Baca: 15 Tips Perawatan Mobil Untuk Performa Terbaik (Part 1)

11. Berkendara Lebih Baik

Cara Anda mengemudi mencerminkan kondisi mobil Anda. Bagi Anda pengendara yang lepas landas dengan cepat, pengereman cepat, belokan tajam atau perpindahan gigi dengan keras, maka mobil akan cepat aus dan kerusakan dapat terjadi. Dengan mengemudi secara cerdas dan aman, Anda tidak hanya memastikan lebih sedikit keausan pada mobil, tapi juga membantu menghemat bahan bakar.

12. Pembersihan Eksterior Mesin

Memelihara interior mesin sama pentingnya dengan melakukannya untuk bagian eksterior juga. Ada pembersih mesin di pasaran yang dirancang khusus untuk pembersian eksterior. Meskipun tidak membersihkan mesin, ini dapat membantu untuk menemukan kebocoran, melindungi karet dan selang plastik, memastikan sambungan listrik tidak terputus, dan melihat label dengan jelas.

13. Bawa Perkakas Otomotif

Tips yang baik utuk merawat mobil saat bepergian adalah dengan selalu membawa perkakas otomotif setiap saat. Seperangkat alat yang sudah tersedia setidaknya akan memberi Anda pilihan ketika kendaraan mengalami masalah.

14. Lindungi Lampu Depan

Perhatikan lampu depan karena ini adalah penuntun terbaik di malam hari. Ganti atau perbaiki lampu ini sebelum mengemudi di malam hari. Hanya perlu waktu sekitar 15 menit saja untuk mengganti bohlam, seperti tampak dalam sejumlah video how-to-do yang beredar di internet.

15. Lindungi Interior Mobil

Memelihara interior adalah hal penting mengingat banyak orang menghabiskan banyak waktu di dalam mobil. Cara terbaik adalah dengan melakukan pembersihan cepat sampah setiap kali keluar mobil, menjadwalkan tanggal menyedot debu, atau melakukan pembersihan lain yang diperlukan.

Itu dia 15 tips perawatan mobil yang layak Anda praktekkan. Ini adalah ide bagus untuk dompet, waktu dan ketenangan pikiran Anda. Terkadang mungkin tampak merepotkan, tapi ini adalah upaya sepadan dari watku ke waktu. Selamat mencoba yaa.. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
tips perawatan mobil,
#
tips mobil,
#
cara merawat mobil