MENU
icon label
image label
blacklogo

15 Tips Perawatan Mobil Untuk Performa Terbaik (Part 1)

OCT 28, 2020@11:00 WIB | 385 Views

Merawat mobil adalah langkah yang sangat penting yang harus diikuti oleh setiap pemilik mobil. Pemeliharaan preventif adalah cara terbaik untuk memulai. Ini akan membawa Anda pada performa terbaik mobil, serta membantu menghemat uang puluhan juta dengan sejumlah tips perawatan sederhana. Berikut rangkumannya untuk Anda.

1. Periksa Filter Kendaraan

Sebagai pencegah kotoran dan partikel masuk ke mesin, ada banyak masalah terjadi karena filter udara tersumbat atau fitting yang longgar. Selama pembakaran, mesin membutuhkan udara dan filter yang tersumbat dapat mempengaruhi kinerja. Oleh karenanya, Anda harus rutin mengganti filter setiap 12 bulan atau setelah 12.000 mil.

2. Periksa Cairan dan Tekanan Ban

Perawatan yang ini adalah sesuatu yang tak dapat ditunda, karena ban adalah komponen penting untuk keselamatan, efisiensi dan kenyamanan. Biasakanlah diri mengecek ban secara rutin, karena ini akan membantu menghemat waktu dan uang. Bersamaan dengan ban, biasakan untuk mengecek cairan mobil. Yang perlu dilakukan hanyalah membuka kap mesin dan melepas batang pencelup oli. Bersihkan secara menyeluruh dan pasang kembali.

3. Periksa Baterai

Pemeriksaan rutin baterai sangat diperlukan agar Anda tidak mengalami peristiwa mobil mogok tak mau menyala di malam hari, di tempat yang tak dikenal. Jadi, biasakan memeriksa kabel dan koneksinya ke terminal untuk mengetahui kebocoran atau penumpukan mineral. Bersihkan dengan sikat dan oleskan dengan dielektrik untuk membantunya tetap bebas korosi.

4. Ganti Busi

Busi biasanya bertahan lama hingga 30.000 mil. Adalah wajar apabila pengguna tak selalu ingat untuk menggantinya. Namun, apabila Anda merasa mesin tidak bekerja efisien, bisa jadi penyebabnya adalah busi yang aus atau tertutupi penumpukan. Ini adalah pertanda bagi Anda harus segera menggantinya untuk mendapat kinerja yang lebih baik.

5. Ban Seimbang

Trik termudah untuk mencegah keausan ban dan membuatnya bertahan lebih lama, adalah dengan memutarnya setiap 6.000 hingga 8.000 mil. Dengan menukar ban depan dan belakang, Anda dapat menyeimbangkan keausan mengingat tidak semua ban mengalamai keausan yang sama. Pastikan pula ban berada dalam posisi sejajar, karena bila tidak, ini akan menyebabkan masalah pada kemudi.

6. Bersihkan Kaca dan Ganti Wiper

Meski sederhana, kaca yang kotor sejatinya dapat mengganggu pandangan Anda dan bisa jadi penyebab terjadinya kecelakaan. Sangat penting untuk rajin membersihkan kaca depan serta memeriksa wiper, terlebih ketika musim hujan tiba. Sebab, menggunakan wiper rusak bisa membuat goresan pada kaca dan menghalangi pandangan. Apabila terlambat mengganti wiper, Anda harus mengganti seluruh kaca depan.

7. Periksa dan Ganti Sabuk Serpentine

Lakukan pemeriksaan dengan seksama, sebab bila ini rusak maka barang kecil yang perlu diganti dapat menjadi tagihan besar. Dianjurkan untuk memeriksanya setiap 60.000 mil atau cek buku manual guna mendapat informasi terbaik untuk mobil Anda. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
tips mobil,
#
tips merawat mobil,
#
cara merawat mobil