MENU
icon label
image label
blacklogo

7 Tips Ampuh Merawat Mobil Pada Musim Hujan, Nomer 1 Paling Penting

DEC 31, 2022@09:00 WIB | 263 Views

Halo Blackpals, pastinya kalian saat ini dalam kondisi sehat ya. Ngomong-ngomong sadar enggak nih, jika beberapa waktu ini wilayah Indonesia termasuk DKI Jakarta dan sekitarnya sering diguyur hujan dengan intensitas sering dan deras. Kondisi tersebut tentu mempengaruhi aktivitas kita, terutama soal kesehatan.

Eits bukan cuma itu, musim hujan juga berpengaruh bagi kondisi mobil kesayangan loh. Misal saja mobil menjadi kotor, jamur, bau tidak sedap pada kabin atau malah terendam banjir. 

Untuk itu, kami tim BX punya 7 tips ampuh rawat mobil kesayangan di musim hujan.

1. Selalu cuci atau bilas mobil dengan air bersih plus keringkan setelah terkena air hujan

Tips merawat mobil saat musim hujan yang pertama adalah rutin mencuci, atau sekedar membilas body mobil dengan air bersih. Jangan lupa juga untuk mengeringkan body mobil sesaat setelah terkena air hujan. Kamu bisa membersihkan mobil dengan air bersih dan mengeringkannya dengan lap yang halus.

Sebaiknya jangan biarkan air hujan mengering dengan sendirinya karena hal tersebut dapat membuat mobil menjadi kotor dan menimbulkan bercak. Selain itu, air hujan juga memiliki kandungan asam dan garam. Jadi, jika air hujan mengering pada body mobil maka lapisan cat beserta komponen mesin lainnya bisa menjadi rusak. 

2. Parkirkan mobil di tempat yang kering

Saat musim hujan tiba, sebaiknya hindari memarkirkan mobil di tempat lembab serta tidak memiliki sirkulasi udara. Kondisi seperti ini dapat meningkatkan risiko munculnya karat dan jamur. Biasanya jamur akan muncul di area kaca, dashboard, jok, karpet, bahkan plafon mobil. 

Jadi agar kondisi tersebut dapat dihindari maka kamu perlu untuk segera membersihkan dan mengeringkan mobil yang terkena air hujan. Setelah itu, parkirkan mobil ditempat yang kering serta memiliki sirkulasi udara yang baik. 

3. Rutin cek komponen mesin

Karena air hujan dapat masuk ke celah-celah mobil, maka tips selanjutnya adalah melakukan perawatan berkala pada mesin dan komponen lainnya sesuai dengan anjuran buku petunjuk. Kamu bisa melakukan perawatan berkala di bengkel resmi agar keaslian suku cadang bisa tetap terjamin. Dengan demikian, mobil tetap memiliki performa optimal meski mobil sering digunakan saat kondisi hujan .

4. Cek kondisi rem dan ban mobil

Selain lalu lintas yang padat, kondisi jalan yang licin dan basah juga dapat membuat rem mobil bekerja lebih keras. Saat hujan, air dapat mengurangi gesekan antara ban dan jalan sehingga rem menjadi kurang pakem.

Agar rem mobil bisa tetap bekerja optimal saat musim hujan maka kamu juga perlu melakukan pemeriksaan pada komponen mobil ini. Periksa apakah kampas rem sudah aus , jika "ya" maka kamu harus segera menggantinya. 

Selain memperhatikan kondisi rem, kamu juga perlu memeriksa kondisi ban mobil. Saat musim hujan, ban yang aus dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. Ban yang sudah aus dapat membuat mobil menjadi sulit untuk dikendalikan. Jadi, sebelum mobil digunakan di jalanan dalam kondisi hujan, maka pastikan terlebih dahulu apakah ban dan rem mobil memiliki kondisi yang sudah sesuai dengan standar keamanan untuk berkendara.

5. Aplikasikan wax body atau silicone spray rutin setelah mencuci mobil

Tips selanjutnya adalah mengaplikasikan silicon spray. Fungsi silicon spray adalah sebagai pelumas khusus karet yang dapat melembabkan karet kaca dan pintu mobil.

Perlu kamu tahu, silicone spray juga mengandung unsur molekul silika di dalamnya yang berguna untuk menjaga material eksterior tertentu dari kerusakan saat musim hujan. Dengan menggunakan silicone spray ini, kaca dan karet mobil bisa menjadi lebih awet dan lentur meskipun terkena panas dan hujan secara terus menerus.

Bukan hanya itu, kalian juga bisa rutin memberikan cairan pelindung atau poles berupa wax cream atau cair pada body mobil. Cara ini dilakukan untuk memberikan perlindungan lebih bagi body mobil agar terhindar dari jamur, baret ringan dari kotoran hujan.

6. Jaga kondisi interior mobil agar tetap kering

Saat hujan, biasanya pengemudi atau penumpang akan masuk dengan kondisi alas kaki yang basah. Hal ini bisa menyebabkan jamur serta membuat mobil menjadi bau tidak sedap.

Untuk meminimalisir hal tersebut terjadi, kamu bisa bisa meletakkan koran bekas di atas karpet mobil. Koran sangat mudah untuk diganti. Jadi, ketika koran sudah dalam kondisi yang kotor dan basah maka kamu tidak akan kerepotan untuk menggantinya setiap hari. Selain itu, kamu juga bisa mencuci karpet mobil secara rutin untuk memastikan bahwa karpet tersebut selalu dalam kondisi yang bersih. 

7. Cek kondisi wiper mobil

Fungsi utama wiper mobil adalah untuk membersihkan kaca terutama saat kondisi jalanan hujan atau berkabut. Agar wiper tetap bisa berfungsi secara optimal saat musim hujan maka kamu perlu melakukan beberapa perawatan. Beberapa diantaranya seperti rutin membersihkan wiper serta mengisi ulang cairan wiper.

Nah sekarang Blackpals sudah tau nih cara merawat mobil dimusim hujan kayak sekarang gini, yuk kita bersih-bersih, [Aziz/timBX].

Tags :

#
musim hujan,
#
mobil,
#
kendaraan,
#
merawat,
#
tips,
#
tips jitu,
#
blackxperience,
#
tips merawat mobil