MENU
icon label
image label
blacklogo

Test Drive Toyota All New Camry Hybrid Sedan Mewah Ramah Lingkungan

NOV 27, 2015@12:35 WIB | 40,630 Views

Sebagai sedan hybrid terlaris di Indonesia, Toyota punya harapan besar ketika All New Camry datang ke Indonesia. Selain tipe G dan V, Toyota All New Camry juga kembali hadir dengan varian hybrid.

Di Indonesia, Camry telah hadir dalam empat generasi, sementara secara global Camry sudah turun tujuh generasi. Khusus Camry hybrid, sedan bermesin ganda itu baru dipasarkan sejak 2012. Dan ketika itu pula, Camry hybrid langsung memegang mahkota sedan hybrid terlaris di dalam negeri.

Ok, back to Toyota All New Camry. Seperti yang sudah kami singgung tadi, selain tipe G dan V, ada juga varian Hybrid. Dibanding generasi sebelumnya, banyak hal yang berubah dari All New Camry Hybrid. Toyota kembali menerapkan desain Keen Look pada modelnya kali ini, setelah sebelumnya diaplikasikan pada Yaris, Vios, dan Altis.

Serupa dengan tiga model lainnya tersebut, kini Camry punya eksterior dengan sudut lancip. Bentuk bumper, grill, serta lampu utama yang sudah pakai projector dan LED daytime running light (DRL) semuanya memiliki desain menyiku. Di bagian depan, identitas Toyota All New Camry Hybrid disodorkan dengan logo Toyota beraksen biru.

Jika tampak depan begitu agresif, pada buritan Toyota All New Camry justru menawarkan aura elegan. Lekuk bumper belakang dibentuk dinamis serta dibubuhi lis chrome. Rear lamp combination menjadi bagian yang ikut berubah desain. Lagi-lagi ornamen chrome digunakan sebagai garnish untuk menggubungkan antara lampu belakang sebelah kanan dengan kiri. Khusus pada lampu belakang sebelah kanan, dibubuhi juga identitas Toyota All New Camry Hybrid lainnya yaitu emblem Hybrid dan Hybrid Synergy Drive.

Mobil sekelas Camry lebih nyaman duduk di bangku belakang. Begitu anggapan sebagian orang jika melihat sedan sepanjang 4,8 meter tersebut. Namun apa daya, ketika mobil keluar dari markas PT Toyota Astra Motor (TAM) kami harus duduk di balik kemudi karena tak ada driver yang bisa ikut dengan kami. "Yah... Jadi sopir," begitu seketika batin ini berbisik.

Namun berada di bangku pengemudi Toyota All New Camry Hybrid jauh dari kesan "sopir". Sedan ini dibangun tanpa mengesampingkan kenikmatan untuk mengendarainya. Ketika tombol start/stope engine bernuansa biru ditekan, motor listrik yang bekerja, karenanya tak ada suara sedikit pun yang keluar.

Geser tuas ke posisi "D", mobil berjalan lembut karena tenaga masih dikelola motor listrik hingga kendaraan melaju dengan kecepatan 50 km/jam. Lebih dari itu, ganti mesin 4 silinder DOHC VVT-i 2.5-liter yang bekerja. Asyiknya, pengemudi dapat mengetahui mesin apa yang tengah beroperasi dengan sebuah Energy Monitor yang terdapat di panel instrumen.

Dengan nuansa yang juga biru, panle instrumen ini terdiri atas dua lingkaran besar. Sebelah kiri menunjukkan rpm, satu lagi kecepatan mobil dalam km/jam. Pada lingkaran sebelah kiri, pengemudi juga bisa mengatur pemakaian bahan bakar. Pada warna iluminasi hijau pengemudi di tuntun untuk bisa Eco Driving, sementara warna putih mobil akan berakselerasi lebih kuat. Pilihan ECO Mode dan EV Mode ini juga bisa di aktif/non aktif kan secara manual pada tombol di bawah panel AC.

Saat berjalan di mode ECO, meski mesin konvensional yang bekerja, setting komputer pada Toyota All New Camry Hybrid akan mengatur akselerasi mobil lebih lembut. Pada kondisi ini pula baterai lsitrik biasanya akan melakukan pengisian ulang secara regeneratif. Namun manakala pedal gas diinjak lebih agresif, maka Camry akan menunjukkan kekuatan mesinnya.

Ketika beranjak ke bangku belakang, dan seorang rekan menggantikan posisi saat proses foto dan video shoot. Barulah kami merasakan bagaimana nikmatnya merasakan sajian mewah ala Toyota. Jasrak sumbu roda yang lebar menyajikan ruang kaki yang lapang. Sandaran punggung jok juga bisa sedikit diturunkan, sementara pada bagian tengah jok terdapat pusat kontrol bagi penumpang belakang.

Melalui bagian yang juga berfungsi sebagai handrest dan bottle cap ini dapat dikontrol suhu AC, audio, dan posisi duduk. Pada bagian ini juga terdapat wireless charger. Meski demikian proses charging hanya dapat berjalan pada ponsel yang memiliki Qi system, misalnya Samsung Galaxy S6, Asus Padphone S, Google Nexus 6, atau Sony Xperia Z4 V

Demi menambah ruang privasi, Toyota All New Camry Hybrid juga dilengkapi dengan Tirai pada jendela samping dan kaca belakang. Jendela samping buka tutup masih manual, tapi jendela belakang bisa diatur secara elektrik. [Pra/timBX]


Spesifikasi
Mesin : 2.5-liter 2AR-FXE Hybrid DOHC VVT-i 4 Silinder
Kapasitas : 2.494 cc
Sistem Pasokan Bahan Bakar : Electronic Fuel Injection
Tenaga Maksimum : 156 hp / 5.700 rpm
Torsi Maksimum : 205 Nm / 4.800 rpm
Transmisi : 6-speed otomatis CVT
Sistem Penggerak Roda : front wheel drive
Bahan Bakar : Gasoline/Electric Motor
Kapasitas Tangki : 65
Panjang : 4.850 mm
Lebar : 1.825 mm
Tinggi : 1.470 mm
Sumbu Roda : 2.775 mm
Suspensi Depan : MacPherson Strut
Suspensi Belakang : Dual Link
Ban Depan : 215/55 R17
Ban Belakang : 215/55 R17
Fitur lain : Projector headlamp, LED Daytime Running Light (DRL), electric front seat, 8 Airbags, ABS, EBD, Break Assist, Cruise Control, Smart Entry with Immobilizer, Parking Camera, Front & Rear Sensor, Wirless Charger, Roof Monitor, Navigation, Electric Rear Curtain, Audio Steering Switch.
Harga : Rp 748,5 juta on the road Jakarta

Tags :

#
toyota,
#
camry,
#
toyota camry hybrid,
#
test drive toyota camry hybrid indonesia,
#
spesifikasi dan harga toyota camry hybrid,
#
closer look automotive