MENU
icon label
image label
blacklogo

Review Honda CR-Z Mugen RZ - JDM Power

JAN 08, 2016@14:17 WIB | 16,712 Views

Bagi para Hondaisme, Mugen merupakan merek aftermarket yang sudah tak asing lagi. Mugen kerap mengeluarkan paket modifikasi untuk model-model Honda. Tak terkecuali pada Honda CR-Z.

Tuning yang dilakukan Mugen biasanya cenderung pada tema sporty. Begitupun dengan CR-Z yang diberi label Honda CR-Z Mugen RZ. Basic-nya CR-Z model 2013, namun Mugen banyak melakukan pembenahan baik dari sisi eksterior, interior, maupun jantung tenaga hybrid milik CR-Z.

Tak ada yang bisa menyangkal jika Honda CR-Z Mugen RZ punya "baju" yang jauh lebih sporty dari CR-Z biasa. Bumper depan, LED foglight, front grill berbahan karbon serta emblem RZ merupakan elemen modifikasi yang dilakukan Mugen untuk bagian depan.

Disamping ia pakai side skirt dan velg Mugen R17 berfinishing hitam. Sementara di belakang, perbedaan paling mendasar dari CR-Z standar adalah adanya wing besar berbahan karbon, serta bodykit full bumper baru juga hasil racikan tim Mugen. Walau dimensinya tak berubah namun penampilan Honda CR-Z Mugen RZ ini akan menggoda siapa pun penyuka mobil sport.

Mugen juga menawarkan interior bespoke pada Honda CR-Z Mugen RZ. Tema warna yang diangkat yakni kombinasi blue and black. Untuk jok material yang digunakan percampuran dari leather dan suede, namun agar kesan sport makin kental, beberapa elemen juga pakai imbuhan bahan serat karbon pada shift knob dan pedal set menggunakan bahan aluminium.

Tampil maksimal tak lantas membuat tim engineer Mugen luput untuk menyentuh sektor ruang mesin. Sejatinya Honda CR-Z dibekali mesin 1.5-liter i-VTEC SOHC yang dikombinasikan dengan baterai listrik dan Integrated Motor Assist (IMA). Pada kondisi ini tenaga yang tersalur 120 hp pada 6.600 rpm dengan torsi 145 Nm. Namun bagi Mugen kondisi ini tidak selaras dengan mendongkraknya penampilan luar.

Karena itulah Honda CR-Z Mugen RZ ditambahkan seperangkat supercharged baru berikut Air Box, Air Filter, Intercooler, Oil Cooler, Radiator, Exhaust System, dan ECU yang diracik ulang. Hasilnya tenaga kini menjadi 156 hp pada 6.600 rpm dengan torsi yang juga ikut melonjak ke angka 185 Nm. Tambahan tenaga motor listrik 20 hp pada 2.000 rpm dan 70 Nm di 1.000 rpm menjadikan total power Honda CR-Z Mugen RZ menjadi 176 hp dan 263 Nm.

Perbedaan dari catatan-catatan angka ini adalah tenaga sudah terasa sejak putiran mesin rendah. Tentunya ini membuat akselerasi makin cekatan. Tak cuma itu, five-way adjustable suspension selain membuat ketinggian mobil dengan tanah tereduksi, kemampuan pengendaliannya pun meningkat meski konsekuensinya bantingan jadi lebih keras dari CR-Z biasa.

Honda CR-Z Mugen RZ juga tetap mempertahankan kenikmatannya untuk dikendarai. Pengemudi disuguhkan tiga driving mode berbeda. Tekan tombol ECO di sebelah kanan setir maka sistem komputasi mobil akan menset efisiensi bahan bakar agar lebih optimal. Mode Normal maka Anda akan disuguhkan setting moderat, namun pada kondisi ini diberi petunjuk kapan harus menaikkan dan menurunkan gigi.

Mode terakhir adalah Sport. Jika tombol ini yang ditekan maka mesin akan berubah agresif. Lonjakan tenaganya sudah terasa sejak rpm bawah, terlebih lagi ketika mode S+ ikut ditekan, maka Honda CR-Z Mugen RZ mengeluarkan karakternya sebagai sportcar sejati.

Hanya tampil dengan warna biru, di Indonesia cuma ada satu Honda CR-Z Mugen RZ dari 300 unit yang diproduksi total oleh Mugen. Dan kabarnya dari unit tersebut, sudah seluruh Honda CR-Z Mugen RZ ludes terjual diseluruh pelosok bumi. [Pra/timBX]

Spesifikasi
Mesin : 1.5-liter i-VTEC SOHC Supercharger with Integrated Motor Assist
Kapasitas : 1.496 cc
Sistem Pasokan Bahan Bakar : Direct Injection
Tenaga Maksimum : 176 hp / 6.600 rpm
Torsi Maksimum : 263 Nm / 5.200 rpm
Transmisi : 6-speed manual with 3 Driving Mode
Sistem Penggerak Roda : front wheel drive
Bahan Bakar : Gasoline + Electric battery
Kapasitas tangki : 40 liter
Panjang : 4.100 mm
Lebar : 1.740 mm
Tinggi : 1.380 mm
Sumbu Roda : 2.435 mm
Suspensi Depan : five adjustable suspension
Suspensi Belakang : five adjustable suspension
Ban Depan : 205/45 R17
Ban Belakang : 205/45 R17
Fitur lain : Mugen carbon fiber front grille, Mugen front under spoiler, Muge Side skirt, Mugen rear under spoiler, Mugen carbon fiber adjustable rear wing, specialy interior colored, Mugen Carbon fiber shift knob, 300mm Mugen brake rotors, Mugen 17 inch forget alloy wheel
Harga : Not for sale

Tags :

#
honda,
#
honda cr-z,
#
honda cr-z hybrid,
#
honda crz-mugen rz,
#
honda mugen,
#
spesifikasi dan harga honda cr-z,
#
review honda cr-z mugen rz di indonesia,
#
auto review