MENU
icon label
image label
blacklogo

New Toyota Altis - The Better Gets Better

JUL 13, 2017@18:14 WIB | 1,234 Views

Lebih dari 40 tahun, Toyota Motor Corp telah menjual lebih dari 44 juta unit Corolla di 140 negara, membuatnya mendapat gelar mobil paling laris di planet ini. Bahkan meski Toyota mempekenalkan entry-level Yaris ke pasar dunia, TMC masih saja membukukan rekor penjualan 390,000 unit Corolla, dan diperkirakan angka itu bakal terus membengkak di tahun ini.

Keistimewaan Toyota Corolla yang menjadi trademark atau ciri khasnya dari setiap generasi ialah memiliki fitur tercanggih di kelasnya, desain menawan baik exterior maupun interior serta spesifikasi mesin dengan performa yang tangguh juga handal. Lebih dari itu, harga Toyota Corolla Altis terbilang kompetitif dibanding pesaingnya meskipun dengan kualifikasi diatas rata rata.

Kini generasi paling anyar dari sang raja sedan kompak telah hadir di Indonesia, New Toyota Altis tampil lebih segar, dengan eksterior lebih sporty, beberapa fitur pun disematkan, antara lain Dual VVT-i dengan Inteligent Drive by Wire dan ETCS-i yang berfungsi untuk mengoptimalkan torsi mesin pada kecepatan rendah hingga menengah serta mendongkrak daya mesin di kecepatan maksimal. Disamping itu emisi serta gas buang yang dikeluarkan menjadi rendah hingga ramah lingkungan dan ekonomis.

Corolla generasi ke-11 itu pun kini terlihat semakin prestisius sekaligus kuat, sesuai dengan ubahan-ubahan yang milikinya. Jika dikalkulasikan semuanya total perubahan pada Toyota Corolla Altis Facelift ini mencapai 16 perubahan. Sebenarnya memang tidak ada perubahan secara besar-besaran, namun hanya beberapa bagian saja yang mendapatkan sentuhan sehingga memiliki kesan lebih segar. Seperti misalnya, desain lampu Bi-beam Projektor dengan lampu LED hingga jok baris paling belakang yang sudah memiliki tipe reclining.

Beberapa perubahan juga diterapkan  pada detail desain eksterior serta interior Toyota Altis Facelift 2017 lainnya, termasuk diantaranya menghadirkan mode berkendara sport yang bisa dililih oleh pengemudi, cruise control, hingga warna baru, yakni phantom brown.

Tentu, anda bisa sepenuhnya lupa tentang eksteriornya ketika anda mulai duduk di dalam. Di sini, Corolla Altis bersinar dengan tekstur plastik yang manis, pengaturan yang ergonomis dan aksen instrumen berkilau. Saya merasa posisi kokpit pengemudi cukup ketat, tapi lapang. Utamanya saya menyukai tuas gigi paddle-shift yang kini standar. Kesasar? Jangan takut. Anda bisa meminta petunjuk peranti GPS. 

Saya memilih mengendarai model terbarunya versi 1.8-liter V (dengan built-in navigation), berteknologi Dual VVT-i. Setelah beberapa hari mengendarainya, saya makin mengerti kenapa Corolla begitu populer dengan ribuan pengemudi Indonesia. Corolla Altis begitu enak untuk dikendarai dengan akselerasi gesitnya, handling bagus, rem yang responsif, suspensi yang fleksibel. Paling tidak ada sesuatu yang mengasyikan dan, di saat bersamaan, haus akan keluwesan Corolla.

Kompartemen penumpang belakang memiliki legroom lebih lega dari kebanyakan sedan kompak Jepang. Multiconsole, wadah penyimpanan besar memudahkan untuk menyimpan apa saja. Climate control pada All-new Corolla Altis memonitor kualitas udara agar udara di kabin tetap segar.

Keliling kota, tenaga Corolla sudah cukup mumpuni, sulit membayangkan kenapa juga anda butuh mesin yang lebih besar dari ini, ketika anda tahu jalanan Ibukota juga tak bersahabat. Transmisi tujuh percepatan memang memberikan anda banyak pilihan, tapi ikut mubazir bila bertemu dengan kemacetan yang begitu sering. Meski begitu, gigi sebanyak ini membuat konsumsi bensin jadi semakin irit.

Dia bisa menyesuaikan kondisi jalanan dengan putaran mesin untuk menentukan gigi yang tepat. Makanya saat indikator ‘Eco’ menyala, jangan heran anda bisa meraih 11 km/l di dalam kondisi kota yang stop/go. Ketika menyangkut soal handling, kami setuju kalau Corolla kurang jago — utamanya karena electric steering yang tak ‘bernyawa’. Suspensi lembut seperti spons juga tak membantu pula, meski kelembutan ini cukup membuat perjalanan jadi nyaman saat melindas jalanan keriting.

Di area ini memang Toyota menciptakan Corolla untuk menonjol. Suspensi menyerap jalanan bergelombang dan berlubang dengan baik untuk sedan kecil. Angin dan road noise juga cukup baik dipantulkan agar tak menyelinap masuk ke kabin, utamanya saat melesat di tol, meskipun raungan mesin masih sedikit terdengar. Pada akhirnya, meski tampilan All-new Corolla Altis masih konservatif, dia mengusug kelebihan-kelebihan yang memukau: Lega, powerful, ekonomis, dan gesit, semua hal yang kita butuhkan dari sebuah sedan masa kini. [bil/timBX]

Spesifikasi New Toyota Corolla Altis 1.8V A/T

Mesin: 2ZR-FE 4 silinder 16 valve DOHC Dual VVT-i
Transmisi CVT 7 speed sequential shift.
Kapasitas: 1.800 cc
Tenaga: 151 hp pada 6,400 rpm
Torsi maksimum: 19,4 Kgm dari 4,000 rpm
Akselerasi: 0-100 km/h dalam 9.8 detik
Kecepatan puncak: 185 kpj.
Harga: Rp 463.000.000

Tags :

#
new toyota altis,
#
toyota altis,
#
altis,
#
blackauto,
#
auto news