MENU
icon label
image label
blacklogo

All New Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige - More Power & More Luxurious

OCT 12, 2017@12:00 WIB | 6,930 Views

Honda seakan tidak pernah berhenti dalam melakukan pengembangan terhadap mobil SUV terlarisnya CR-V. Semenjak kemunculannya di tahun 1995 di Indonesia, Honda CR-V menjadi mobil SUV favorit para masyarakat umum. Bodinya yang kompak, ruang kabin yang luas dan tentunya memiliki tenaga yang mumpuni sangat cocok dikendarai di perkotaan.

Jika kita lihat kembali beberapa tahun ke belakang, Honda CR-V sangat kental dengan SUV 5 penumpang, desainnya yang kaku dan tegas dengan ground clearance yang tinggi. Semakin berkembangnya zaman, desain dari CR-V mulai berubah sedikit demi sedikit dimana bentuk desainnya tidak lagi kaku namun tetap tegas.

Dan hal tersebut berusaha dibuktikan dengan lahirnya generasi ke-5 Honda CR-V yang kami tampilan pada Autoreview kali ini. Untuk menghadirkan versi terbaru dari tipe SUV paling mewah dan paling prestise dalam jajarannya (bukan karena tipenya memang Prestige), Honda tidak bercanda untuk urusan ini – dia lebih besar, lebih efisien, lebih sempurna, dengan pilihan mesin turbo terbaik dan desain yang agresif. Dilengkapi jejeran lampu LED dan DRL (daytime running light) yang ditanam di depan untuk membuat minggir orang-orang di jalan saat ia lewat. Memang sudah seharusnya.

Guratan-guratan di sekitar bemper dibentuk sedemikian rupa guna memberikan kesan gahar dari mobil SUV kompak tersebut. Bemper depan bagian bawah diberi warna yang berbeda dengan bodi yang juga dilengkapi dengan LED fog lamp membuat mobil tersebut semakin modern.

Tampilan belakang dari CR-V generasi ke-5 sangat berbeda dengan generasi sebelumnya. Tarikan garis otot yang melintang di bagian tengah bagasi yang terhubung dari kiri dan kanan membuat mobil tersebut lebih berotot ketimbang desain sebelumnya yang sangat ‘hambar’ untuk sebuah SUV. Lampu belakang Honda CR-V generasi terbaru ini pun tampil dengan desain baru yang dikombinasikan dengan LED Light Bar. Selain itu, Honda CR-V juga menggunakan tailgate spoiler baru yang dikombinasikan dengan dual exhaust pipe serta finisher di bagian bemper bawah semakin menambah kesan gahar mobil ini.

Disain velg juga ikut menginterpretasikan kalau dia bisa diajak kencang. Sosoknya secara keseluruhan terlihat lebih tinggi. Meskipun Honda Prospect Motor mengakui eksekutif muda tidak akan membeli mobil semata-mata karena style-nya, tapi mereka pasti tidak menyukai mobil yang berpenampilan ala kadarnya.

Namun dengan varian apapun dari All New CR-V yang Anda bawa, Anda tetap akan merasakan kualitas terbaik dari sebuah brand Honda sepanjang perjalanan. Sewaktu saya akan memasuki mobil, Smart Key System memudahkan pengemudi untuk membuka kunci mobil. Kunci cukup disimpan di dalam saku dan kunci akan terbuka secara otomatis ketika tangan berada di handel pintu. Sementara One Push Ignition System berguna untuk menyalakan atau mematikan mesin hanya dengan satu sentuhan.

Interiornya juga disesuaikan dengan keinginan pecintanya. Diawali lingkar kemudi baru yang keren; dibungkus kulit berkualitas tinggi, dengan dasar rata dan desain langsing. Posisi kemudi cukup pas. Tidak ada jarak yang terlalu jauh antara pengemudi dan roda kemudi berkat fitur baru Tilt and telescoping steering, membuat Accord lebih menyenangkan untuk dikendarai di kelasnya. Tidak ada masalah antara jarak kaki dengan pedal, hanya terasa posisi kursi agak kurang rendah. Ah, tapi ini bisa diatasi dengan power seat adjuster di kedua bangku depan bukan?

Daftar perlengkapannya, untuk tipe Prestige, sungguh mengejutkan; panoramic sunroof, dual-zone climate control, sound system premium dengan built-in GPS, automatic headlight & auto leveling, dan rear view & parking sensor. Anda juga tidak perlu membayar lebih – semua itu satu paket dengan bukaan bagasi otomatis, power tailgate.

Dia juga mobil yang lega. Di dalam kabin ada setumpuk tempat untuk menampung botol/kaleng minuman, lalu ada pula kompartemen tersembunyi di berbagai sudut kabin serta socket 12V yang serba guna. Ada ruang yang luas untuk pundak, pinggul, serta ruang kepala di depan dan di belakang.

Yang paling mencolok perbedaannya adalah, generasi ke-5 All New CR-V ini menyediakan bangku baris ketiga yang berarti mobil tersebut mampu mengangkut 7 orang penumpang. Pemandangan dari dalam kabin akan memanjakan ketujuh penumpang yang menaikinya karena hadirnya Power Panoramic Sunroof. Tak hanya itu saja, dengan luas kabin yang lapang dan semakin fleksibel, kami dapat dengan mudah memuat barang berkat Power Tailgate with Height Adjustment yang dapat diatur ketinggiannya.

Saat mesin menyala pun, suara yang terdengar sangat bersih dan jernih. Ia menyembur dengan tenang, dengan suara dari dalam saluran buangnya. Niat pembuatnya sudah tampak sejak awal. Mesinnya menyentak dengan halus dan cepat, seperti semua mesin bensin genre VTEC. Tidak menimbulkan suara bising di kabin dan konsumsi BBM yang ekonomis.

Dia sangat kuat meski untuk kapasitas 1.5 liter, berkat perangkat turbo, dia bisa menciptakan daya 190 ps. Kok bisa sebesar itu? Ini berkat komponen baru yang dijejalkan, sebut saja pemakaian piston milik Honda Civic Type R dan komponen turbonya sendiri menggunakan 9 fin. Hal ini diyakini meningkat pasokan udara yang dibutuhkan oleh mesin saat proses pembakaran.

Terbukti memang, dia begitu memberikan fleksibilitas di berbagai situasi jalan, ampuh di kemacetan dan handal di jalan tol. Digabungkan dengan pergantian transmisi paddle shift automatic CVT yang mulus, pengereman yang pas, dan sistem kemudi yang sesuai dengan jalan yang dilalui, Anda akan merasa cocok dengan ritme alami mobil ini.

Dia mobil yang besar. Tapi dia tidak lelet. Tes urban kami membuktikan hal itu. Dia memberikan Anda akselerasi yang lebih galak pada gigi 1 dan 2, sementara gigi 5 membantu All New CR-V meraih konsumsi bensin yang menyenangkan – 10km/l kombinasi. Hebatnya, itu bisa didapatkan cukup dengan menekan tombol ECON button. Fungsi tombol ini untuk mengaktifkan mode pengendaraan yang memaksimalkan efisiensi bahan bakar hingga 20 persen.

Kalau anda khawatir tentang body roll saat memasuki tikungan dengan All New CR-V, rasanya tidak perlu. Anda tidak pernah akan mendapatkan mobil seukuran dan seberat ini dengan respon dan keseimbangan yang sama dengan sebuah Accord. All New CR-V mampu melahap tikungan kencang seperti di jalan tol Cipali dan jalan pedesaan di Sentul dengan stabilitas yang memukau. Mobil ini terasa berkelas, hampir selevel dengan Odyssey dari ujung-ke-ujung, karena begitulah adanya.  Jadi akan mengherankan untuk berpikir kalau mobil ini telah menjadi proyek usang bagi para insinyur Honda. Mereka pasti sudah sangat mahir untuk proyek berikutnya, pastinya dengan semakin meningkatkan kualitas CR-V sebagai SUV mid size semewah full size. [bil/timBX]

Spesifikasi All New Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige

Mesin: 1.5L DOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup VTEC Turbo

Transmisi 6 Speed Automatic CVT

Kapasitas: 1.498 cc

Tenaga: 190 PS @ 5.600 rpm

Torsi maksimum: 240 Nm @ 2.000 rpm

Kecepatan puncak: 200 kpj

Suspensi : MacPherson Strut & Multi-Link (Depan & Belakang)

Dimensi Roda: 235/60 R18

Harga: Rp 506.000.000

Tags :

#
all new honda cr-v 1.5l turbo prestige,
#
all new honda cr-v,
#
all new honda cr-v 1.5l,
#
all new honda cr-v 1.5l turbo,
#
blackauto,
#
autoreviews