MENU
icon label
image label
blacklogo

New Honda HR-V 1.5 E Special Edition CVT - Tampil Untuk Jadi Yang Terbaik

DEC 06, 2018@12:00 WIB | 192 Views

Sejak debutnya di Indonesia, Honda HR-V telah menjadi pemimpin yang tak terbantahkan di segmen crossover B-segmen, menjual lebih banyak dari rival utamanya seperti Mazda CX-3, Nissan Juke dan Chevrolet Trax.

Paket tatanan interior Honda yang luar biasa, ruang bagasi yang tak tertandingi sebesar 437 liter dan kemampuan berkendara Honda yang khas begitu memikat hati banyak konsumen. Honda Prospect Motor (HPM) bahkan memberikan HR-V SE (Special Edition) sebagai bagian dari facelift HR-V.

Namun, persaingan semakin ketat dan pembeli di segmen ini sekarang lebih menuntut daripada sebelumnya. CX-3 yang diperbarui, misalnya, harganya tetap tetapi mendapatkan fitur tambahan yang berguna seperti Blind Spot Monitoring dan sandaran tangan belakang. Trax telah menunjukkan taringnya lagi dengan menjadi satu-satunya mobil di segmen ini yang menawarkan perangkat turbo. Hal-hal yang tidak ada pada HR-V.

Meski begitu, Honda Indonesia tetap bertekad menjaga persaingan dihadapannya dengan HR-V yang diperbarui yang perkenalkan ke media lokal baru-baru ini. Untuk membuat segala sesuatunya lebih manis, HPM telah memberikan Blackxperience kesempatan test drive untuk merasakan apa-apa saja yang baru di HR-V 1.5 ini.

Varian yang kami ambil adalah New HR-V 1.5 E Special Edition CVT yang memiliki spek tertinggi di klan mesin 1.5-nya, serta cat Rally Red. Maka jangan heran sekarang lampu depannya yang Full LED. Lampu tersebut terintegrasi dengan grille baru yang gagah dan sporty.

Penambahan LED Fog Lamp turut menambah kesan sporty pada bagian depan sekaligus meningkatkan keselamatan kami saat berkendara di kondisi berkabut. Selebihnya, kalau buat adu keren, kini New Honda HR-V juga dilengkapi dengan Shark Fin Antenna yang menambah kesan agresif.

Sebelum mendalam bagaimana impresi awal mengemudi, Honda telah menyoroti keunggulan mekanis utama yang dimiliki varian 1.5 SE ini. Ini termasuk velg 17-inci yang lebih besar (sebelumnya 16-inci untuk varian 1.5) dibungkus ban Bridgestone Turanza profil 215/55 R17 dan kemudi Motion Adaptive Electronic Power Steering (EPS). Gabungan ini dikatakan memberi HR-V 1.5 E SE CVT perjalanan dan handling yang lebih tenang. Tetapi apakah itu berhasil?

Jawaban singkat, ya. Teknologi Motion Adaptive EPS bekerja dengan memvariasikan rasio kemudi sesuai dengan kecepatan dan input setir untuk memberikan kemudi yang lebih responsif pada mobil sambil mengurangi sudut kemudi yang diperlukan untuk berbelok. Apalagi ketika didukung dengan ban yang lebih besar, perbedaannya sangat mencolok.

Pengemudiannya juga sama bagus. Pengendaliannya enak, dirancang secara matang. Untuk menciptakan New Honda HR-V menjadi yang terdepan di kelasnya, terdapat beberapa aspek yang dirancang oleh Honda. Diantaranya adalah teknologi transmisi CVT barunya yang mengaplikasikan Earth Dream Technology.

Kami juga merasakan berkendara di jalan raya dengan HR-V 1.5 E SE CVT menjadi lebih luwes sebagai hasil dari kemudi yang lebih tajam dan memiliki lebih banyak feedback dari roda depan. Manfaat lain dari roda yang lebih besar dan ban yang lebih lebar adalah jarak pengereman yang ditingkatkan berkat kontak roda pada aspal yang lebih besar.

Kami amati ketika menavigasi melalui tol JORR yang terkenal bumpy adalah bahwa kualitas kendara tidak berpengaruh meskipun paduan roda yang lebih besar dipasang di sini. Semua tetap terasa nyaman, meski ada suara desing ban yang masih berhasil menyelinap ke dalam kabin. Meskipun ban berukuran 16 inci pada varian yang lebih rendah akan lebih bersahabat dengan dompet ketika sudah waktunya Anda harus mengganti.

Tambahan lain untuk mengesankan siapa pun yang menaiki  New HR-V 1.5 E SE CVT adalah bagian jok juga telah dilengkapi dengan desain baru dengan bahan dasar kulit yang semakin menambah kesan sporty untuk menunjang kenyamanan kami selama di perjalanan. Tidak hanya itu, pedal set aluminium juga menambah kesan sporty.

Ada berbagai fitur berteknologi tinggi yang bisa kita temui dalam interior. Sekarang ada layar Floating Capacitive Touchscreen Display Audio 8 inci yang dilengkapi dengan berbagai format musik dan video melalui media, seperti AM/FM radio, AUX-in Port, USB Port, Bluetooth dan Miracast / Mirroring yang kompatibel untuk Android.

Di tempat lain, semuanya sama seperti sebelumnya dengan mesin 1.5 i-VTEC 4 silinder yang sama yang menyalurkan 120 hp dan torsi 145 Nm ke roda depan. Kalau anda termasuk maniak power gede, ini bisa menjadi jawaban karena output mobil seharga Rp 329 juta ini serupa Jazz.

Teknologi i-VTEC mampu memproduksi tenaga besar pada putaran mesin rendah. Dengan teknologi baru itu, membuat pengemudi merasa New Honda HR-V lebih responsif, khususnya di perkotaan yang lalu lintasnya padat.

Belum lagi, fitur-fitur yang dulu hanya bisa dinikmati kalau Anda membeli model 1.8 Prestige, sekarang sudah tersedia untuk model satu tingkat dibawahnya, seperti dual airbag, start/stop button, paddle shift, ABS, Vehicle Stability Assist, Auto Park Brake Hold, Hill Start Assist dan Emergency Stop Signal.

Pada akhirnya dalam rentan waktu test yang padat, berhasil  membuat kami menarik lebih banyak temuan mendalam tentang New HR-V 1.5 E SE CVT, sehingga seperti yang Anda duga, kesan yang didapat sangat positif bagi kami. Kalau Anda sendiri, bagaimana? [bil/timBX]

Tags :

#
honda,
#
hr-v,
#
new honda hr-v 1.5 e special edition cvt,
#
honda prospect motor,
#
auto review