MENU
icon label
image label
blacklogo

Audi Q7 Quattro - Quantum Leap

MAR 29, 2018@15:00 WIB | 1,318 Views

Dengan ruang yang luas untuk tujuh penumpang, mesin V6 supercharged dan enam pengaturan suspensi udara yang berbeda, Audi Q7 terbaru ini siap untuk mematahkan paradigma siapa pun yang berpikir kalau SUV cuma sebagai alat pengangkut keluarga biasa.

Keluar dari dogma formula SUV dari Q7 sebelumnya, merupakan pertaruhan besar bagi Audi. Setelah mencatat ribuan kilometer pada model baru tahun 2018 ini, aman untuk mengatakan bahwa perjudian mereka akhirnya terbayar - sangat signifikan.



Dengan gap enam tahun antara Q7 lawas dengan model baru 2018, bukan rahasia lagi kalau Audi menghabiskan waktu mereka dalam proses desain. Lebih terlihat seperti crossover ketimbang  big SUV dari segi penampilannya. Q7 baru terlihat jauh lebih handal di jalanan, daripada di medan lumpur. Sebuah gril yang terbuat dari aluminium besar melingkupi ujung depan, sementara lampu depan adaptif Matrix LED dan lampu sudut yang terintegrasi menambahkan kesan agresifnya.

Angka-angka akan memberitahu Anda bahwa Q7 terbaru ini sedikit lebih kecil dari pendahulunya, namun garis beltline yang tinggi dan pintu belakang yang besar menandakan ada sesuatu yang berbeda. Trim logam yang bertuliskan “quattro” di panel pintu bawah menuntun mata ke arah bagasi elektriknya dan bumper belakang bawah yang menaungi ujung knalpot krom kembar. Di bagian atas terdapat moonroof panoramik yang diapit oleh roof rail yang ditata dengan apik, sementara spoiler belakang besar menaungi bagian atas kaca belakang.



Dengan cara yang aneh Q7 baru memiliki kepribadian ganda. Mobil yang Anda lihat ini misalnya, memakai velg berukuran 20 ”10-spoke besar yang dibungkus ban segala cuaca berukuran 285/45, sementara paket Chassis Adaptif mengintegrasikan kemudi four-wheel steering yang sesungguhnya berikut suspensi udara adaptif.

Ini berarti ketika Q7 terbaru diatur dalam mode Dynamic (pengaturan suspensi terendah) memberikan perasaan dari sebuah crossover performa tinggi. Pilih mode drive select-nya ke mode ‘all-road’ maka suspensinya akan naik dan memungkinkan velg dan ban besarnya secara visual mengubahnya menjadi mesin penjelajah yang kuat.

Audi selalu melakukan pekerjaan luar biasa dalam pembuatan interior dan Q7 terbaru tidak terkecuali. Permukaan jok kulit dengan panel High-gloss Black yang kontras di dasbor dan pintu memancarkan aura berkualitas dan mewah.

Ada ruang yang luas untuk tujuh orang, tetapi kemampuan kursi baris ketiga mungkin terlalu sempit untuk orang dewasa. Penumpang depan dan belakang disuguhi banyak ruang dengan jok depan menawarkan banyak fitur seperti pengaturan elektrik, suhu dan ventilasi. Jok baris kedua dilengkapi dengan fitur ‘rear seat entertainment’ yang mampu terintegrasi dengan iPhone melalui Apple Car Play. Q7 terbaru juga menawarkan kontrol AC 4 zona, fitur yang membuat penumpang belakang kursi betah berlama-lama duduk.

Ruang penyimpanan belakang juga besar. Mengakses kargo juga telah dibuat lebih mudah dengan penggunaan jok baris ketiga yang bisa dilipat secara elektrik dan penyesuaian yang benar-benar bisa menurunkan suspensi udara Q7 untuk mengakomodasi proses pemuatan dan pembongkaran barang dengan mudah.

Sementara kualitas material, dan finishing semuanya berada di level paling top, harus dikatakan bahwa kokpit virtualnya membedakan Q7 dari lawan-lawannya. Layar TFT 12,3 inci menggantikan pengukur gaya analog jadul dari masa lalu. Dia sepenuhnya dapat disesuaikan dan setelah dikonfigurasi oleh saya sang pengemudi, menjaga semua informasi penting Q7 di bagian depan dan tengah. Layar tengah 8,3 inci juga dapat disembunyikan, tampilan antarmuka Audi MMI juga menyertai teknologi yang menakjubkan ini.

Di balik kap mesinnya ada mesin V6 3,0 liter supercharged yang menghasilkan 333 hp dan torsi 440 Nm melalui transmisi otomatis 8-percepatan. Dengan penggerak Quattro all-wheel drive berarti akselerasi begitu cepat dan cakram besar 14,8 inci berventilasi di bagian depan (13,8 inci di belakang) mampu membawa Q7 seberat 2 ton ini berenti dengan presisi. Dengan suspensi udara yang dapat diatur, saya juga dapat menyesuaikan kualitas pengendaraan Q7 sesuai dengan kebutuhan berkendara saya.

Dia bukan kendaraan kecil atau langsing, jauh dari itu. Namun Audi telah berhasil memasukkan beberapa dinamika berkendara yang luar biasa ke Q7 terbaru dengan menggunakan teknologi terbaru dan terhebat serta suspensi udara enam mode (Efficient, Auto, Dynamic, Allroad, Comfort, dan Individual). Mode Comfort misalnya akan mengingatkan seseorang seperti menaiki karpet terbang, sementara Mode Dynamic menurunkan Q7 dekat dengan aspal sehingga memungkinkan sang pengemudinya melesat di trek favoritnya.

Apa yang kami tidak harapkan adalah level skidpad 0,85 g. Ini adalah angka gravitasi yang tidak hanya mengesankan, tetapi dapat dicapai berkat dinamika chassis mengagumkan dan sistim kemudi four-wheel steering. Ingat, dia adalah SUV besar yang beratnya lebih dari 2 ton, sehingga ketika dia bisa melawan fisika dengan cara seperti cukup mengesankan.

Padanan penggerak Quattro all-wheel drive, banyak airbag, rem antilock brakes, suspensi udara adaptif, perlindungan rollover aktif dan pasif, membuat Q7 terbaru dirancang untuk tidak hanya membawa Anda ke mana pun yang Anda mau, tetapi menjaga kita dan penumpangnya aman di sepanjang jalan.

Dengan harga mulai dari Rp 2,3 milyar, All-new Audi Q7 ini sebenarnya cukup terjangkau bagi mereka yang ingin masuk ke kelas SUV besar buatan Jerman. Harga yang setara dengan apa yang ditawarkan kompetitornya dengan kelengkapan yang sama. Namun, perlu diingat bahwa untuk harga itu, Anda tidak hanya mendapatkan SUV besar dengan teknologi terbaru yang tersedia, tetapi Anda juga akan mendapatkan mesin yang juga memuaskan penyuka nyetir seperti kita-kita ini. Sebuah lompatan jauh yang jauh dari versi terdahulunya. [bil/timBX]

Spesifikasi New Audi Q7 3.0 TFSI Quattro

Dimensi           5.052 mm/ 2.212 mm/ 1.741 mm

Sumbu roda     2.994 mm

Mesin              V6 TFSI Supercharged

Kapasitas         2.995 cc

Tenaga             333  HP @ 5.500 rpm

Torsi                440 Nm @ 2,900 rpm

Transmisi         8-speed Tiptronic

Berat               2.105 kg

Suspensi          Adaptive suspension (depan & belakang)

Ban                  285/45 R20

Harga              Rp 2,3 milyar

Tags :

#
audi,
#
q7,
#
quattro,
#
auto review