MENU
icon label
image label
blacklogo

Aston Martin Rapide S - Perfection in Every Detail

JAN 20, 2017@12:00 WIB | 1,751 Views

Aston Martin Rapide S menyerap esensi dari mobil GT coupe Aston Martin dan menambahkan dua pintu belakang kepraktisan untuk penumpang belakang. Basis platform yang digunakan sama dengan milik DB9, namun untuk menambahkan ruang akomodasi penumpang belakang, panjangnya bertambah 250mm. Aston Martin tidak menyebutnya sebagai sedan empat pintu, melainkan sports car empat pintu.

Klaim dari Aston Martin sangatlah masuk akal, setiap detail kecil yang melekat memperkuat statement tersebut. Mulai dari stance mobil rendah  siluet layaknya coupe, dan tampilan eksterior yang menawan. Siapa saja akan terpukau jika Anda menggunakan Aston Martin Rapide S. Saat menggunakan sports car asal Inggris ini, akan membuat Anda merasa seperti agen rahasia 007.

Dimensinya terbilang sangat besar, panjang mencapai 5 meter (5.019 mm tepatnya, lebar 2.140 mm (termasuk spion), tinggi 1.360 mm. Jarak sumbu yang dimiliki mencapai 3 meter (tepatnya 2.989 mm). Bobot keseluruhan 1.990 kg. Dan fakta yang menarik adalah distribusi bobot yang mencapai semua untuk mobil FR (Front Engine Rear Wheel Drive), yakni 51% bagian depan, dan 49% bagian belakang.

Aston Martin Rapide S sanggup memenuhi reputasi sebagai sports car. Mobil ini disemati mesin alumunium V12 berkapasitas 6.0 liter yang sanggup memuntahkan tenaga 552 hp pada putaran 6.650 rpm dengan torsi puncak 630 Nm pada 5.500 rpm.

Perubahan terbesar adalah penggunaan transmisi, jika Anda melihat Vanquish, transmisi masih menggunakan 6-percepatan dengan torque converter. Pada Rapide S menggunakan transmisi otomatis 8-percepatan ‘Touchtronic III dengan electronic shift-by-wire.

Aston Martin mengklaim akselerasi 0-100 kpj membutuhkan waktu 4,4 detik, dengan kecepatan puncak 327 kpj. Saat mencoba akselerasi tersebut, hentakan G-Force yang diberikan mendebarkan dan membuat saya menahan napas.

Raungan mesin naturally aspirated yang memanjakan telinga membuat Anda ingin memacu Rapide S sekencang mungkin.

Memainkan paddle shift menjadi kesempurnaan bagi Anda yang menginginkan kebebasan. Sebelum memasuki tikungan, saya menginjak rem untuk menurunkan kecepatan mobil yang sudah menembus angka 200 kpj.

Sistem pengereman enam piston di depan, dengan sistem pengereman empat piston di belakang memainkan perannya dengan baik. Begitupula dengan fitur Dynamic Stability Control, ABS, Electronic Brakeforce Distribution, dan fitur lainnya. Bobot lingkar kemudi yang terasa pas di genggamanan membuat saya dapat mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh Rapide S saat melahap tikungan.

Begitu masuk ke dalam kabin Aston Martin, saya dapat merasakan jerih payah yang dilakukan oleh tim Aston Martin. Semua bahan menggunakan material terbaik, dipadukan dengan keahlian tangan dari Aston Martin. Duduk di kursi pengemudi terasa sangat natural, posisi berkendara yang ditawarkan sangatlah driver oriented.

Penambahan pintu tidak serta merta mengurangi kecantikan dari Rapide S. Anda tidak dapat melihat kehadiran pilar B karena pilar tersebut dengan pintar tersembunyi di balik jendela. Saat saya memasuki kursi belakang, langsung saja saya disuguhkan dengan kursi yang memanjakan penumpang belakang. Kursi terasa nyaman dan mendukung postur tubuh, sanggup untuk menopang tubuh saat mobil berakselerasi dan bermanuver. Nilai tambahnya, saat duduk di belakang Anda bisa mendengarkan letupan knalpot

Meskipun Rapide S bukanlah Aston Martin tercepat yang ada, rasa berkendaranya sangatlah memuaskan. Terlebih lagi jika Anda membutuhkan sports car yang masih sanggup membawa penumpang tambahan dan merasakan sensasi berkendara bersama-sama. Penggunaan transmisi 8-percepatan bisa sedikit membantu efisiensi berkendara, meskipun pada kenyataannya menggunakan mesin V12 akan lebih menyenangkan di putaran tinggi.[aag/timBX]

Aston Martin Rapide S Specification
Engine             : All-alloy, quad overhead camshaft, 6.0 liter V12
Power             : 552 hp @ 6.650 rpm
Torque            : 630 Nm @5.500 rpm
0-100 kpj        : 4. Seconds
Transmission        : ‘Touchtronic III’ 8-speed
Front Suspension    : Independent double wishbones 
Rear Suspension    : Independent double wishbones
Price            : By Order

Tags :

#
aston martin rapide s,
#
aston martin,
#
review,
#
auto review,
#
supercar,
#
supercar gt,
#
sportcar