MENU
icon label
image label
blacklogo

All New Toyota Yaris TRD Sportivo - Semakin Digemari

OCT 11, 2018@12:00 WIB | 2,093 Views

Tak dipungkiri, desain eksterior yang stylish dan sporti khas anak muda menjadikan Yaris kendaraan hatchback yang sesuai dengan tuntutan gaya hidup konsumen muda. Dan dengan kehadiran penerusnya, All New Yaris makin mempertegas hal itu. Karena bisa dibilang ini bukan hanya sekedar upgrade, namun all-new model.

Tidak sekadar modern, tapi juga futuristik. Anda bisa lihat sendiri desain Agressive Design, Toyota mendesain grille depan begitu sporty mengalir dari front grille, yang menyatu dengan lampu utama hingga buritan, dikombinasi dengan lampu DRL (Daytime-Running Lights), ditambah dengan black piano lower grille.

Khusus pada tipe Yaris TRD Sportivo yang kami uji ini, aura racing dan sporty diperkuat dengan red lining accent pada bumper spoiler dan sekaligus menjadi special signature pada grade teratas ini. Apalagi ditambah dengan desain lampu belakang LED yang minimalis.

Dari dalam, styling yang funky ditemui pada interoirnya yang punya garis-garis halus, dipadu aksen silver serta instrumen cluster yang lebih interaktif, belum lagi ada banyak tempat tempat penyimpanan barang yang ada di depan pengemudi.

Saat saya masuk ke kabinnya pertama kali, yang menarik dari All-new Yaris adalah visibilitasnya. Kaca depannya semakin lebar memberikan pengemudi dan penumpang depan pemandangan luas keluar, sementara keberadaan pilar depan, samping dan belakang cukup tipis sehingga tidak ditemui blind spot yang terlalu serius.

Secara platform, memang All New Yaris masih serupa dengan Yaris sebelumnya, makanya dengan lantai belakang yang rata, artinya tiga orang bisa duduk di bangku belakang dengan enak tanpa ada batasan di antara mereka. Tukar tempat duduk juga mudah dilakukan.

Hal lain yang saya suka dari All New Yaris TRD Sportivo adalah visibilitasnya. Kaca depannya yang lebar memberikan pengemudi dan penumpang depan pemandangan luas keluar, sementara keberadaan pilar depan, samping dan belakang cukup tipis sehingga tidak ditemui blind spot yang terlalu serius. Rasa keseluruhan terhadap kabin dan material dari jok cukup nyaman tanpa membuat risih atau gatal-gatal.

Lalu, bukan karena dia mobil yang mungil berarti pintunya ikut-ikutan mungil juga. Akses di kedua pintu depan cukup lebar dan yang mengejutkan masuk ke belakang sama mudahnya. Jok-joknya mampu menopang badan kru fotografer kami yang besar-besar.

Nama TRD sendiri cukup kondang di dunia dan familier di kalangan anak muda Tanah Air. Selain itu, ada juga TOM`S, Kuwahara, dan Majolca yang pernah meramaikan kancah sport otomotif. Dengan memakai komponen TRD itu, tampilan All New Yaris semakin menarik.

Jangan heran di tengah kemacetan Ibukota, dia banyak memikat perhatian orang. Tapi meskipun macet, All New Yaris TRD mampu berakselerasi dan bermanuver dengan cukup lincah. Masuk disela-sela mobil yang terlambat menginjak pedal gas, terasa mudah, meski badan mobil lebih besar dibanding Yaris versi lawas.

Impresi awal cukup bagus. Tubuhnya terlihat lebih berani dan kuat sehingga stabil saat melintas di tikungan, mungkin terdengar biasa saja tapi sebenarnya ada perbedaan mendasar. Para teknisi telah meneliti sedetail mungkin kesalahan yang ada di mobil lama – dan semuanya tampak lebih kokoh dan sempurna.

Didukung daya 105 HP yang dihasilkan dari mesin 1.500 cc paling andal 2NR-FE, All-New Yaris masih jadi mobil kommuter yang bagus. Dengan teknologi Dual VVT-i, dia hanya menghabiskan 13 km/l perjalanan Ibukota, artinya menyisakan uang yang lebih banyak dalam dompet saya.

Mesin ini dipasangkan dengan transmisi CVT membuat pergantian gigi transmisi lebih halus dan memperkecil frekuensi pergantian gigi saat jalan mendaki atau turun. Apalagi memainkan tuas paddle shift memberikan nilai kepraktisan dan menambah penampilan sporty. Dia terasa begitu cepat di setiap giginya dan punya banyak tendangan untuk overtaking.

Melesat di tikungan yang menantang terasa pede dan akurat. Dan yang paling utama, menyenangkan. Sistem kemudi berbobot dan bisa memberikan feedback lebih banyak dan tidak terasa understeer. Menawarkan perasaan senang dan kegembiraan saat berada di belakang kemudinya.

Kebanyakan waktu yang dihabiskan oleh generasi milenial untuk nyetir mobil, ya,  kalau tidak ke kantor, paling ke mall, fitnes, cafe dan seterusnya, artimya membuat hatchback seharga Rp 275 juta ini jadi kandidat yang pas untuk gaya hidup Anda. Kami pun juga tidak perlu khawatir tersesat berkat built-in GPS canggih dari Toyota yang siap membantunya mencari rute yang diinginkan dengan cepat.

All New Yaris TRD mungkin saja mobil paling trendy yang dihasilkan oleh Toyota, tapi dengan perubahannya kini, bisa membuat dia semakin dicintai anak muda. [bil/timBX]

Tags :

#
toyota,
#
auto reviews,
#
all new toyota yaris trd sprotivo