MENU
icon label
image label
blacklogo

Xiaopeng Motors Kebanjiran Investasi

APR 12, 2018@14:30 WIB | 131 Views

Xiaopeng Motors, startup mobil listrik China yang membangun tiruan Tesla, dikabarkan sedang mencari investor sebanyak USD 2,7 miliar atau sekitar Rp36,9 Triliun pada akhir tahun ini.

 Dilansir dari electrek, Xiaopeng Motors membangun sebuah kendaraan yang sangat terinspirasi oleh Tesla hingga menyebut pabrikan tersebut sebagai tiruan Tesla.

Henry Xia, pendiri startup tersebut pada tahun 2014, mengakui secara terbuka bahwa ia terinspirasi oleh Tesla dan mereka akan segera membuat hak paten produk. Interior Xpeng, mobil pertama Xiaopeng, sangat mirip dengan interior Tesla Model S dan Model X.

Juru bicara Xiaopeng Motors mengatakan baterai mobil listrik buatan Xiaopeng Motors dapat melaju hingga 300 km hanya dengan sekali pengisian dan juga akan menampilkan fitur mengemudi otonom yang sama seperti sistem autopilot milik Tesla.

Upaya menciptakan sistem Tesla di mobil listrik mereka  serta membangun teknologi mereka sendiri di sekitarnya telah menarik investor penting. Pada bulan Januari, mereka mendapatkan investasi senilai USD 348 juta atau sekitar Rp4,7 triliun yang dipimpin oleh dua raksasa teknologi Cina, Alibaba dan Foxconn.

Xiaopeng Motors memulai produksi Xpeng dengan kapasitas rendah dan berharap untuk meningkatkan dan membawa kendaraan mereka ke pasar tahun ini berkat investasi yang baru. Pesaing startup EV China lainnya, Singulato Motors, juga dilaporkan mengumpulkan USD 2,4 miliar atau sekitar Rp32.9 triliun untuk membawa SUV elektrik mereka ke pasar.[prm/timbx]

Tags :

#
auto news,
#
xiaopeng motors,
#
starup china