MENU
icon label
image label
blacklogo

VW Golf R 2021 Bertenaga 292 HP Dengan Turbocharged dari Mesin 2000cc

MAR 20, 2020@18:00 WIB | 264 Views

Anomali terbesar bagi Volkswagen adalah mempersiapkan VW Golf R tahun 2021 tanpa elektrifikasi. Dan itu terjadi, meski VW telah mempersiapkan varian ID R dengan paket baterai dan mencatatkan time attack spesial di beberapa track global baru-baru ini. Sementara varian SUV Touareg R baru, malah dipersiapkan untuk milf hybrid, dengan beberapa motor listriknya.

VW Golf R 2021 menghadirkan desain ulang tetap tanpa elektrifikasi, sebagai generasi ke delapan untuk VW Golf Hatchback. Hal ini dipertegas pernyataan Jost Capito sebagai chief VW R, di laman motorauthority.com. Pertimbangan paling mungkin bagi VW menurutnya adalah cost retrictions. Implikasinya VW Golf R akan dijual dengan harga terjangkau tanpa elektrifikasi. Artinya versi hybrid hanya membuat VW kedodoran, apalagi dengan performa mesin hybrid yang cukup eksklusif. Contoh kasusnya adalah Touareg R, dengan performance mendekati Bentayga Hybrid.

Soal pelucuran VW Golf R di akhir tahun ini akan dirilis bersama di Amerika Serikat bersama Golf GTI yang mengalami desain ulang. Menggunakan mesin berkubikasi 2.0 liter, turbocharged, 4 silinder inline, ditetapkan seperti pendahulunya. Tenaga yang diletupkan dari ruang mesin sebesar 292 hp melebihi pendahulunya. Berpenggerak 4 wheel drive itu cukup menggiurkan, dengan dual clutch transmisi mengilhami generasi sebelumnya. Dan sepertinya transmisi manual tetap ditawarkan untuk selera sporty.

"Kelebihan VR Golf R hadir tanpa ekspektasi lebih, dan itu tidak lebih dari improvisasi kecil teknologi yang belum pernah diterapkan manufaktur manapun," tutur Capito.

VW Golf GTI sebelumnya bakal diperkenalkan Maret. Sementara Golf R akan debut pada musim panas nanti.  Market diluar Amerika Serikat masih diberikan jatah mesin dengan plugin hybrid untuk performance, seperti pada varian Golf GTE. Mengemas mesin 1,4 liter, turbocharger, 4 silinder segaris dan kombinasi motor listrik menghasilkan 242 hp dan baterai lithium 13 kwh, mampu menempuh 30 miles, dengan kecepatan dibatasi 87 mph pada varian GTE ini.

Setelah itu kemungkinan VW R bakal diberikan baterai khusus berbasis sports car. Sven Smeets, kepala chief VW Motorsports mengatakan di laman motorauthority bahwa VW bakal menerapkan elektrifikasi sebagai flagship oleh divisi R. Sejak itu, kita baru bisa melihat bagaimana Golf R dihadirkan dalam bentuk konsep electric. [Ahs/timBX]

Tags :

#
volkswagen,
#
vw golf r 2021,
#
vw golf gti,
#
vw golf gte