MENU
icon label
image label
blacklogo

Virtual Visor Karya Bosch Sabet Best Innovasion Award CES 2020

JAN 06, 2020@14:31 WIB | 172 Views

(Virtual Visor menggunakan A.I dengan icon hexagon yang mendeteksi posisi mata pengemudi secara otomatis)

Divisi otomotif Bosch menciptakan sun visor yang tembus pandang. Diberinama Virtual Visor karena kemampuannya memberikan efek gelap secara otomatis  mencegah sinar matahari mengenai mata penumpang, dan tetap memberikan garis pandang yang relatif bersih. Teknologi berbasis artificial intelligence ini menyabet Inovasi Terbaik di acara CES 2020 Innovation Awards.

Virtual Visor sebuah layar LCD persegi datar dengan shape hexagon seperti sebuah sarang lebah digital. Virtual Visor bekerja turun dari lipatan tepat diluar kaca depan layaknya seperti regular visor. Disisi lain seperti kaca biasa yang memantulkan paras Anda di meja rias. 

Virtual Visor melihat wajah Anda, melalui kamera yang menghadap kabin, mendeteksi fitur wajah seperti hidung, mulut, dan mengetahui saat sorotan matahari menghilangkan bayangan di wajah Anda. Teknologi AI ini bekerja dengan sederet software.

(Virtual Visor bekerja menyaring sinar matahari yang masuk ke mata Anda, secara real time)

Salah satunya software yang menghitung posisi mata Anda berada. Saat Matahari bersinar, hexagonal akan mencegah sinar matahari membuat silau mata Anda. Lebih dari fungsi kacamata hitam, dan jauh lebih aman karena hexagonal tetap membuat pandangan ke arah depan tetap clear.

Virtual Visor bekerja secara otomatis dan adaptasinya terhadap sinar matahari dan wajah Anda bekerja secara real time. Hal itu memudahkan Anda tanpa harus memindahkan virtual visor.

"Kami menemukan di awal pengembangan, pengendara butuh pelindung matahari untuk memberikan bayangan pada mata mereka sendiri. Realisasi Virtual Visor ini dirancang lebih indeepth  soal konsep produk dan telah berbasis teknologi," jelas Jazon Zink, salah satu co-creator Virtual Visor dikutip dari laman digitaltrends.com.  

Dirinya bekerja dengan 2 insinyur Bosch lainnya, membangun prototype pertama menggunakan monitor LCD dari tempat sampah. Hal itu terjadi karena belum mendapatkan approval dan pendanaan dari pihak eksekutif.

Mengemudi tanpa gangguan silau cukup meningkatkan keselamatan, begitu menurut pandangan Bosch. Hal itu berdasar sebuah jurnal medis Medicine yang menyimpulkan risiko kecelakaan sebesar 16% mengancam jiwa saat mengemudi dalam posisi sinar matahari yang cerah.

Bosch membawa teknologi Virtual Visor sebagai inovasi ke sektor otomotif, bukan membangun mobilnya. Bosch akan memasukkan virtual visor ke produsen mobil dan truk setelah menjadi produk.  Namun sayangnya belum tahun kapan dan dimana produksinya, serta berapa biayanya.[Ahs/timBX]
 

Tags :

#
ces 2020,
#
virtual visor,
#
bosch