MENU
icon label
image label
blacklogo

Venom F5, Penerus Venom GT Diklaim Top Speed-nya Mencapai 484 kph

NOV 02, 2017@15:00 WIB | 375 Views

Hennessey Venom F5 varian terbaru hypercar juga hadir di SEMA 2017. Kehadiran Hennessey seolah membunyikan sirine keras untuk membangunkan pabrikan kompetitor seperti Bugatti dan Koenigsegg.  Hennessey yang bermarkas di Sealy, Texas ini telah membangunkan sebuah monster jalanan bernama Venom F5.

Kabarnya Venom F5 memiliki output power 1.600 hp dan  dorongan powernya mampu mengantarkan kecepatan maksimum mencapai 301 mph atau 484 kpj.  Sebagai mobil konsep, Venom F5 baru akan memasuki masa produksi tahun 2018, dengan 24 unit rencana yang akan dibangun. Harga ditawarkan perunit USD 1,6 juta atau sekitar Rp 21,7 miliar.

Venom F5 mengikuti pendahulunya Venom GT yang memiliki power 1200 hp. Namun sebutan F5 lebih membedakan kelas, seperti sasis dan body berbahan serat karbon yang membawanya melayang diatas aspal dengan berat 1.600 kg. Body full aerodinamis berhasil menghasilkan koefisien drag 0,33. Hennessey ditargetkan memiliki koefisien dibawah 0,40.

Bagian powertrain menggunakan mesin V8 twin turbocharged baru. Menggunakan transmisi 7 percepatan. Untuk akeselerasi awal 0-300 kpj kurang dari 10 detik. Untuk akselerasi puncak 0- 0-400kpj butuh waktu kurang dari 30 detik. Berapa waktu yang dibutuhkan kompetitornya untuk mencapai speed 400 kpj? Koenigsegg Agera RS butuh 36,44 detik sedangkan Bugatti Chiron butuh 41,96 detik.

Tidak hanya mematahkan catatan waktu dua hypercar tersebut, Hennessey diprediksi mampu berjalan dengan aselerasi puncak 480kpj, dan ini kecepatan mobil yang belum pernah dicatat oleh mobil produksi. Anda mungkin perlu mengingat Chiron terbatas di 400 kpj, karena ban tidak mampu menahan tekanan di atas kecepatan itu.  Bagaimana Hennessey bisa mencapainya?

Saat ini pengujian tes tertinggi masih mengandalkan ban Michelin untuk mengantarkan Venom F5. Namun jika tidak berhasil mengantarkan ke limit akselerasi teratas, Hennessey bakal mengembangkan ban sendiri. Secara kemampuan, Venom F5 lebih ringan dibandingkan Bugatti Chiron mencapai 2 ton, dan itu memungkinkan tetap menggunakan ban Michelin.

Pendahulu F5, Venom GT melumat Bugatti Veyron tahun yang lalu dengan kecepatan tertinggi 435,3 kph. Catatan tersebut lebih tinggi dari rekor kecepatan produksi mobil produksi saat ini sebesar 430 kpj yang dicapai oleh Bugatti Veyron Super Sport pada tahun 2010.

Sebagai catatan, sebuah mobil perlu membuat dua jalan berlawanan arah dan Venom GT hanya bisa berjalan satu kali karena cuaca buruk. Meski begitu, Venom GT menunjukkan bahwa ia mampu menantang yang terbaik. Mungkin John Hennessey dan timnya di Hennessey Performance siap memberikan pukulan satu-dua untuk membuktikan Venom F5 sebagai yang tercepat di versi produksi. [Ahs/TimBX]

Tags :

#
auto news,
#
venom f5,
#
venom gt,
#
hennessey,
#
american hypercar