MENU
icon label
image label
blacklogo

Ucapkan Selamat Tinggal pada Porsche Diesel, Why?

FEB 22, 2018@11:00 WIB | 155 Views

Porsche di beberapa bulan terakhir tercium pembicaraan internal perusahaan, bahwa pihaknya akan mengakhiri masa depan line-up produksi mobil bermesin diesel.  Perundingan tersebut akhirnya berakhir, dengan keputusan pahit bahwa Porsche membunuh varian dieselnya dari lini produksi.

Berdasarkan laman motorauthority.com, Porsche sebelumnya telah menghapus dua model terakhir dengan versi dieselnya. Seperti Macan S Diesel dan Panamera 4S Diesel yang ternyata tidak dipasarkan. Keputusan itu menghapus jejak record mesin diesel yang telah dibangun 16 tahun silam.  Yang perlu Anda ketahui, Porsche dengan versi diesel pertama adalah generasi pertama dari Cayenne.

Keputusan tersebut, tidak berarti pukulan berat bagi Porsche, karena hasil penjualan globalnya tidak lebih dari 15 persen.  Angka tersebut bukan angka yang kecil, namun perusahaan sendiri belum bisa memberikan fokus lebih jauh untuk varian diesel ini. Salah satu faktor pendukung antara lain, banyaknya perhatian konsumen yang  meninggalkan mesin diesel dan mereka lebih tertarik ke elektrifikasi.

Posche lebih memilih fokus mengembangkan mobil listrik. Untuk model Cayenne dan Panamera telah menawarkan pilihan plug-in hybrid. Bahkan seri 911 akan segera mengadopsi hybrid dan rencana besar Porsche akan meluncurkan mobil electric car pertamanya, yakni versi produksi Mission E yang konsepnya diperkenalkan tahun 2015.

Mission E dengan empat pintu yang menawan, menawarkan jarak tempuh 300 mil, dengan akselerasi dari 0-100 kpj hanya membutuhkan 3.5 detik saja. Apakah angka penjualan global 15% itu juga dibilang rendah bagi automaker lain? Belum tentu, karena masalah utamanya, fokus perusahaan yang bergeser ke elektrifikasi mesin.[Ahs/timBX]

Tags :

#
auto news,
#
porsche,
#
porsche diesel