MENU
icon label
image label
blacklogo

Toyota Team Indonesia Siap Tempur di Kelas Touring dan Slalom 2017

MAR 14, 2017@17:00 WIB | 530 Views

Toyota Team Indonesia tahun ini akan kembali turun dalam ajang balap Slalom dan Touring Nasional. Dan seri pertama dijadwalkan berlangsung pada 18 Maret 2017 di Solo untuk Kejuaraan Nasional Slalom dan 26 Maret 2017 di Sirkuit Sentul untuk kejuaraan Touring Nasional. 

Guna menghadapi balapan tahun ini, TTI 2017 akan menurunkan para pembalap terbaiknya. Antara lain Alinka Hardianti, Anjasara Wahyu, Adriaza Yunial, Demas Agil dan Hari Darma Manoppo.

Untuk musim laga 2017 ini, TTI menyiapkan tiga line-up mobil yang sudah di-setting sedemikian rupa untuk kebutuhan balap. Ketiganya yaitu Toyota Agya dan Toyota Etios untuk turun di kelas Slalom, sementara All New Toyota Yaris dipersiapkan untuk kelas touring. Semuanya adalah andalan Toyota di segmen hatchback.

‚ÄčGeneral Manager TTI, Memet Djumhana mengakui, kinerja 3 hatchback Toyota ini mampu mendukung prestasi TTI seperti terlihat dari kinerja tim. Di kelas touring ajang Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM), dengan menggunakan All New Yaris pembalap Haridarma Manoppo mampu langsung menaiki podium meski baru masuk di seri ke 4.

“TTI sempat absen 8 tahun di kelas Touring, dan baru aktif lagi pada seri 4 ISSOM 2016 lalu, tapi Haridarma dengan All New Yaris mampu langsung naik podium di posisi ke dua. Ini terus bertahan sampai seri ke 7,” kata Memet di Jakarta, Selasa (14/03/2017).

Di kejuaraan Touring Nasional di Sentul ini, TTI juga akan mendapatkan dukungan penuh dari TRD Indonesia dalam hal teknis dan pengembangan mobil.

“TRD Indonesia berkomitmen untuk mendukung TTI dalam kejuaraan touring dengan menyiapkan dukungan teknisi, pengembangan mobil hingga evaluasi menyeluruh agar TTI dapat menjadi yang terbaik di musim 2017 dan seterusnya,” ujar Toshio Obara selaku pimpinan dari TRD Indonesia.

Untuk musim kejuaraan 2017 ini, TTI telah menyiapkan tim dengan anggota Alinka Hardianti yang akan turun dengan Yaris, Agya dan Etios di kelas Slalom dan Touring,  Anjasara Wahyu akan menggunakan Etios dan Agya di ajang Slalom, begitu juga dengan Adriaza Yunial dan Demas Agil yang akan turun dengan Etios dan Agya di Slalom. Sedangkan Hari Darma Manoppo akan bertanding dengan Toyota All New Yaris di kelas touring ITCC 1600 Max di kejuaraan ISSOM.

Menanggapi comeback full season TTI di seri Touring 2017, Hari Darma pun menanggapinya. "Sudah beberapa kali saya bertemu dengan Pak Memet dan menanyakan kapan TTI kembali ke Touring tapi selalu dijawab belum. Sampai di 2015 ternyata Pak Memet bilang Toyota ada kemungkinan kembali ke Slalom," beber Hari. Namun nyatanya sudah sampai separuh lomba di 2016 Toyota belum sampai benar-benar turun. 

"Ternyata Pak Memet punya rencana lain, beliau sudah mempersiapkan mobil dan tim meskipun baru mulai dinpertengahan 2016," kata Hari. Ia pun mengatakan jika tahun lalu dirinya hanya meraih posisi runner-up, maka tahun ini ia yakin bisa menjadi juara pertama. "Saya yakin bisa kembali mengibarkan nama Toyota dikelas Touring setelah sekian lama vakum," tegas dia.

Sementara itu Alinka, pebalap wanita yang selama ini merajai di ajang Slalom, juga akan diturunkan untuk balap Touring 2017 pada ajang ISSOM di kelas yang sama dengan Hari Darma.

"Cukup khawatir juga karena sudah sekian lama vakum di Touring, tapi jika melihat kesiapan mobil dan sponsor serta tim yang ada saya rasa bisa untuk menang juga," kata Alinka.

Hal menarik lainnya dari TTI 2017 adalah kembalinya Demas Agil sebagai line up tim. "Saya menarik kembali Demas targetnya untuk sapu bersih gelar juara, ini target khusus dari saya yang mendapat dukungan dari tim TRD dan Toyota," kata Memet. Melihat prestasi Demas yang menjuarai dua kali balap Slalom, Memet pun yakin prestasi yang sama akan terjadi bersama TTI.[Pra/timBX]

Tags :

#
toyota team indonesia,
#
touring nasional,
#
touring,
#
balap slalom,
#
slalom,
#
alinka,
#
kejuaraan touring nasional,
#
blackauto,
#
auto news