MENU
icon label
image label
blacklogo

The Galaxy, Motor Custom Dengan 3 Mesin Honda CB750

APR 18, 2021@11:00 WIB | 344 Views

Para penyuka motor rasanya tidak asing dengan dunia balapan. Dalam balapan,  kecepatan di darat menjadi kunci atau cara dalam memenangkan pertandingan. Seringkali, hal ini merupakan sesuatu yang paling umum dalam mengejar kecepatan tanpa henti. Tidak hanya itu, beberapa dorongan atau keinginan membangun sesuatu dari dunia ini. 

Balapan mendorong tiga motor Honda CB750 menjadi satu pembalap kecepatan darat mungkin juga masuk dalam bagian dari keduanya. Kendaraan dengan semua mesin 12 silinder, 2.508cc, adalah Galaxy. Galaxy merupakan kreasi pembuat sepeda motor khusus yang berbasis di California dan jenius. Ini menjadi bukti dari Mitsuhiro “Kiyo” Kiyonaga, dan impian masa kecilnya. 

Kiyonaga-san membuka Kiyo's Garage di Los Angeles pada tahun 2013. Dalam waktu yang hampir bersamaan, dia mulai membangun 'Cherry Blossom', sebuah mobil balap kecepatan darat dengan motor Honda CB750 turbocharger dengan rangka yang dibuat dari awal. Beberapa tahun setelah itu, diikuti 'Gekko', sepeda model bahan bakar top tahun 1970-an, kecuali yang memiliki dua motor CB.

Galaxy meneruskan obsesi Kiyo dengan konsep yang umum pada ketiganya. Gagasan yang diangkat adalah pembalap kecepatan di darat dengan keindahan show bike yang benar-benar bisa berlari.

Selain itu, ada budaya yang disebut 'Kacho Fugetsu' di Jepang atau diterjemahkan secara harfiah sebagai bunga, burung, angin, bulan. Dalam budaya itu bermakna keindahan alam tradisional dibalut dengan estetika Jepang, dan pantun alam. Berbagai karya seperti puisi, lagu dan gambar secara tidak membuatnya ingin mengekspresikan Kacho Fugetsu di mesin. 

Kiyo sudah lama memimpikan membangun The Galaxy, tetapi proyek itu baru terwujud ketika dia mengunjungi Haas Moto Museum untuk membahas akuisisi mereka atas Cherry Blossom dan Gekko. Selama di sana, Kiyo menghadirkan pemilik Bobby Haas dan sutradara Stacey Mayfield dengan sketsa konsep tiga mesin. Meskipun, Bobby pada awalnya ragu-ragu, tetapi akhirnya meraih ke seberang meja, menjabat tangan Kiyo dan menugaskan proyek.

Tapi, Kiyo sudah memiliki sepeda bermesin ganda di bawah ikat pinggangnya, langkah ke tiga itu menakutkan. Kiyo sempat merasa ragu namun dapat membuat kecemasan itu menghilang, dan menyelesaikan mekanisme yang ternyata sangat efisien, sederhana, dan berfungsi penuh.

Pembangkit listrik empat silinder Galaxy semuanya adalah unit 1978 Honda CB750 dengan kepala port besar F2. Setiap motor telah dibor hingga 836 cc, dan sepenuhnya dibangun kembali dengan poros engkol yang diperingan dan seimbang, batang penghubung tugas berat, bubungan kinerja, dan katup baja tahan karat berukuran besar. Perhatian ekstra diberikan untuk memastikan setiap internal motor sesuai dengan spesifikasi yang sama.

Setiap motor diberi empat Karbohidrat Keihin FCR 35 mm dengan pekerjaan yang signifikan ke intake manifold untuk membantu berjalan secara optimal. Ketiga set karburator dihubungkan melalui penyetelan batang-dan-heim, untuk mempermudah sinkronisasi penggeser throttle. Tetapi rejetting merupakan pekerjaan rumah, mengingat ada 12 karbohidrat yang harus dikeluarkan. Seluruh pengaturan dihembuskan melalui dua belas knalpot yang dibuat khusus.

Satu tantangan besar adalah memisahkan transmisi mesin nomor satu dan dua — sebuah proses yang Kiyo dengan acuh tak acuh disebut  "hanya memotong bagian transmisi yang tidak perlu". Rekondisi termasuk membuat penutup baru, merelokasi pompa oli ke posisi eksternal, dan mengerjakan sistem yang dibuat khusus untuk mengedarkan oli melalui ketiga motor secara memadai.

Namun yang lebih sulit adalah membangun sistem primer yang akan menghubungkan ketiga pabrik. Tidak hanya itu, Kiyo bersikeras bahwa sistemnya mudah dirawat dalam kondisi balapan, jadi dia membatasi menggunakan suku cadang yang mudah didapat.

Pengaturan yang dihasilkan terlihat sangat sederhana dari luar, karena Kiyo melepas motor starter dan membuat penutup utama. Namun di dalam, ada sistem rumit katrol, tunggangan, dan pengatur yang akan melelehkan otak dengan peran setiap bagian.

Sasis tiga bagian menyatukan trio motor: rangka atas berbentuk tabung, dan dua pelat pemasangan mesin besar yang berfungsi ganda sebagai 'lengan ayun' yang kaku. Bersama dengan drillium yang luas di pelat belakang, ini adalah bagian dari bahasa desain yang digunakan mendefinisikan trilogi pengebut darat Kiyo.

Separuh bagian depan bodywork Galaxy terintegrasi dengan rangka, dan menyembunyikan tangki bahan bakar dan pompa, baterai, dan segala hal lain yang diperlukan untuk menjalankannya. Tailpiece adalah bagian aluminium yang dipalu dengan tangan, membawa 2,5 galon oli yang dibutuhkan oleh tiga mesin Honda. Port kecil yang menonjol di bagian belakang sebenarnya adalah saluran keluar untuk selang nafas mesin.

Roda aluminium pintal memesan mesin dengan lubang yang dipotong ke depan untuk mengurangi efek angin silang dengan kecepatan. Pengaruh dragster bahan bakar terbaik tahun 70-an tidak salah lagi terlihat pada siluetnya,dan ergonomisnya yang terentang. Segitiga pengendara dinilai dengan cermat, menawarkan kontrol besar dan cengkeraman lutut saat menjepitnya di atas dataran garam. [dev/asl/timBX]

Tags :

#
the galaxy,
#
motor custom,
#
honda cb750,
#
mesin honda cb750,
#
motor custom tergokil