MENU
icon label
image label
blacklogo

The Disruptive, Pemenang Kustom Yamaha XSR700 Yard Built

NOV 22, 2020@09:00 WIB | 215 Views

Kompetisi 'Yard Built' tahunan Yamaha merupakan salah satu kompetisi khusus pertama dan yang paling banyak dipublikasikan, menghadirkan aliran sepeda motor 'pembunuh' yang stabil. Tahun ini, kehebohan acara tersebut sedikit diredam karena pandemi COVID, tetapi kualitas hasil kustom tetap tinggi.

Motor kustom Yamaha XSR700 ini dihadirkan oleh peserta langganan dari kompetisi EXIF ​​Bad Winners, bengkel Paris yang menyertakan pembalap Formula 1 Charles Leclerc di antara kliennya. Sang pembangun Walid dan Benoit mengerjakan konsep 2D yang disebut The Disruptive, yang diproduksi oleh spesialis desain Photoshop Barbara Motorcycles.

Proyek ini memiliki perkembangan yang tidak biasa: Walid sendiri merupakan salah satu juri untuk promosi Yamaha yang bertajuk ‘Back to the Drawing Board’ dan Yamaha memintanya untuk mengubah konsep Barbara 2D (di atas) menjadi kenyataan 3D. Sang 'Bad Winner' ini telah melangkah lebih jauh dan membuat kebiasaan ini tersedia sebagai kit.

Desain mencolok dari motor ini terinspirasi oleh seri Yamaha yang membalap di trek datar Amerika pada tahun 1970-an, dengan warna emas dan hitam. Dan seri XSR700 adalah titik awal yang luar biasa: ringan, andal, sangat menyenangkan untuk dikendarai, dan disukai oleh pemilik maupun jurnalis. Jika ada istilah yang mencakupnya, itu adalah gaya — dan 'Bad Winner' telah memperbaikinya.

Penyiapan stok Yamaha XSR700 mencakup sel bahan bakar yang dilapisi oleh panel plastik — tetapi ini telah dibuang demi tangki bahan bakar serat karbon di satu bagiannya. Bagian ekor diakhiri dengan jok kulit yang ramping, dan semuanya terpasang dengan baut ke titik pemasangan stok Yamaha.

Seperti semakin banyak pembangun profesional saat ini, bengkel Prancis menangani pekerjaan serat karbonnya sendiri. Bagian tubuh yang baru pertama kali dimodelkan dan dicetak dalam 3D, lalu diubah menjadi cetakan untuk proses pembentukan akhir. (Fiberglass digunakan untuk kit komersial). Dan prototipe ini menggunakan rem Beringer dan roda depan aluminium tempa Dymag UP7X ultralight — seperti yang terlihat pada banyak mesin WSBK. Roda belakang stok memiliki penutup cakram ringan untuk menambah dampak visual. Peleknya dilapisi dengan karet Mutant baru yang tidak biasa dari Dunlop. Ini menggunakan senyawa yang lebih umum terlihat pada ban 'hypersport', dan mencocokkannya dengan pola tapak yang mengambil elemen dari basah balap dan ban trek tanah. Renthal Fatbar pada track datar Gilles Tooling menambah getaran sirkuit; Ini adalah rumah bagi grip Renthal, switchgear Motone, indikator ujung batang Motogadget, dan master silinder radial Magura.

Lampu depan LED Koso Thunderbolt yang semakin populer memimpin, dipasang melalui braket khusus, dan ada lampu belakang LED yang dibentuk ke loop rangka belakang. Ada dasbor digital baru juga, tapi ini bukan unit yang tidak biasa. Dan motor 'Bad Winner' ini ditangani ahli elektronik internal, dan telah mengembangkan dasbor plug-and-play mereka sendiri, yang juga akan tersedia untuk berbagai sepeda motor lain dalam waktu dekat.

Mesin dibiarkan begitu saja, karena ini adalah salah satu keunggulan Yamaha XSR700. Knalpot titanium Akrapovič membawa kebisingan ekstra, membuka sedikit tenaga ekstra dan menjatuhkan berat hampir dua kilogram di atas barang stok. Di ujung intake adalah filter K&N yang mengalir bebas. Meskipun tidak ada pemotongan atau pengelasan yang diizinkan pada bangunan ini, namun tetap terasa seperti kustom secara full. Model Prototype ini memang bertujuan untuk 'mendekompartemen' genre sepeda motor, seperti yang diklaim Walid. BilaAnda tertarik, Walid dan timnya dapat membuatkan Anda motor Yamaha XSR700 yang sangat mirip ini dengan biaya € 16.990. Dan jika Anda sudah memiliki XSR tetapi ingin meningkatkan gayanya, maka Anda pun bisa memakai jasa mereka untuk memodifikasinya. [inn/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
the disruptive,
#
pemenang kustom yamaha xsr700 yard built,
#
kompetisi yard built,
#
motor kustom yamaha xsr700,
#
motor custom,
#
yamaha xsr700