MENU
icon label
image label
blacklogo

Tesla Roadster Jelajahi Ruang Angkasa bersama Roket Terkuat Falcon Heavy

FEB 08, 2018@09:30 WIB | 410 Views

Proyek SpaceX meluncurkan roket Falcon Heavy telah berlangsung di Cape Canaveral Florida. Roket berbobot 64 ton tersebut merupakan roket paling kuat di bumi yang sanggup melampaui orbi Mars dan menuju asteroid belt.  Apa yang menjadi keistimewannya, dihidung Falcon Heavy sebuah mobil listrik Tesla Roadster berwarna cherry-red diikat.

Elon Musk dalam pernyataannya, “Anda mengatakan bahwa peristiwa ini nyata, namun terlihat fake,” tutur Musk.  Terlihat sebuah mobil dengan dummy astronot telah menghabiskan satu miliar tahun di orbit mengelilingi matahari menuju planet Mars.

Keberhasilan peluncuran Falcon Heavy sekaligus mewakili keberhasilan Musk menciptakan mobil listrik tercepat di dunia saat ini. Falcon Heavy dinobatkan sebagai roket yang kuat dan terbesar dari sejak Saturnus Five mengirim astronot ke bulan. Maka kombinasi antara Falcon Heavy dengan Tesla Roadster adalah satu misi.

Tesla Roadster diperkenalkan sekitar pertengahan bulan November 2017 silam. Klaim-klaim atas Tesla Roadster sebagai yang tercepat terlihat dari kemampuan akselerasi dari 0-100kpj dengan 1,9 detik saja. Untuk menembus top speed di 405 kpj, butuh waktu 8,8 detik.  Kemampuannya didukung dengan penggunaan tiga motor listrik, satu didepan dan dua di belakang, menarik daya dari baterai yang berkapasitas 200 kWh. Tidak ada catatan berapa powernya, namun torsi diklaim mencapai 10.000 Nm.

Tesla Roadster belum bisa mengalahkan mobil versi produksi konvensional Koeningsegg  yang memiliki top speed 457.93 kpj yang ditest pada awal bulan November 2017. Tapi mungkin sebatas itulah Elon Musk ingin menunjukkan kepuasan batinnya. Bahwa dialah orang pertama yang menciptakan mobil listrik tercepat di dunia. Apakah penghuni di antariksa mengetahui sosok Tesla Roadster?

Pesan itulah yang mungkin ingin disampaikan Musk tentang kegilaan sekaligus kebanggaannya. Di sebuah papan sirkuit Tesla yang berhasil ke luar angkasa tertulis, “Made on Earth by humans”. Mungkin pesan itu suatu saat akan dibaca oleh penduduk Mars atau planet lain, terkait mobil listrik tercepat di bumi.  Tapi Musk lupa, bagaimana boneka astronot tersebut menahan kencing selama miliaran tahun? [Ahs/timBX]

Tags :

#
auto news,
#
tesla roadster,
#
falcon heavy,
#
elon musk