MENU
icon label
image label
blacklogo

Setelah Delapan Tahun, Prototipe Bugatti Chiron 4-005 Pensiun

MAY 26, 2021@08:00 WIB | 262 Views

Bugatti Chiron memulai debutnya pada tahun 2016, tetapi pada saat itu Chiron 4-005 sudah berkeliling dunia. Dan inilah salah satu dari delapan prototipe Chirons yang dibuat Bugatti, dirancang untuk menghilangkan semua bug dan menyempurnakan apa yang akan menjadi salah satu mobil tercepat dan paling eksotis di dunia.

Biasanya sulit mengasosiasikan prototipe dengan pengembangan pra-produksi, tetapi yang ini terus berjalan begitu tabir dibuka. Chiron 4-005 (4 artinya prototipe dan 005 adalah nomor kronologisnya) dibangun terutama untuk menangani pengembangan perangkat lunak, dan itu dapat berkisar dari sistem infotainment hingga fungsi powertrain, hingga pesan selamat datang yang menyapa pengemudi dan penumpang saat masuk.

Untuk itu, four-five sebenarnya adalah Chiron pertama yang menjelajahi jalan-jalan di Amerika Serikat. Itu juga dengan putaran kecepatan tinggi di Nardo, mengalami pengujian panas di Afrika Selatan, menahan salju di Skandanavia dan lapisan hitamnya yang kusam menimbulkan bekas dari upaya ini.

Sementara banyak Chiron mungkin tidak pernah melebihi 1.000 mil, yang satu ini telah mencapai hampir 50.000 mil. Ia bahkan merasakan efek afterburner dari Eurofighter Typhoon, tetapi Bugatti tidak menjelaskan lebih jauh tentang petualangan itu.

Bagaimanapun apa yang bisa didapat adalah pemahaman yang lebih baik tentang proses pengembangan kendaraan karena tidak berhenti begitu mobil produksi berada di jalan.

Dalam kasus four-five, berbagai pembaruan perangkat lunak atau perubahan sistem pada mobil produksi masih memerlukan pengujian dan validasi. Bagaimanapun, peta navigasi di seluruh dunia perlu diuji di lokasi sebenarnya dan peningkatan sistem suara mungkin terdengar berbeda di pegunungan versus permukaan laut. Satu-satunya cara untuk menganalisa hal-hal semacam itu adalah dengan pergi ke jalan dan melalui semuanya. Bugatti mengatakan pengemudi dan insinyurnya selalu keluar dari Chiron dengan perasaan yang lebih baru.

Sekarang, 4-005 akhirnya meninggalkan layanan sebagai kendaraan prototipe. Tapi apa maksudnya itu? Biasanya, produsen mobil menghancurkan prototipe karena itu bisa menjadi mimpi buruk jika sampai ke tangan publik.

Tentu saja Bugatti bukan pabrikan biasa, dan Chiron jelas bukan mobil biasa, tapi nasib four-five masih menjadi misteri. Bugatti hanya mengatakan mobil itu ‘layak memasuki masa pensiun’. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
prototipe bugatti chiron 4-005,
#
bugatti chiron 4-005,
#
bugatti,
#
eurofighter typhoon