MENU
icon label
image label
blacklogo

Saleen Perkenalkan S1 Sports Car ke Publik di Los Angeles Auto Show

DEC 04, 2017@21:00 WIB | 260 Views

Saleen baru keluar S1 sports car pada November 2017 kemarin, setelah sebelumnya memproduksi  S7 di tahun 2009. Saleen S1 kembali diperkenalkan ke publik di Los Angeles  Auto Show 2017. Dengan kembali memproduksi sports car, Steve Saleen akhirnya mengakiri impian panjang membangun kembali mobil rakitan Cina ke market Amerika Serikat.

Saleen mengutarakan contoh pertama S1 akan dibangun di markas Saleen yang ada di Corona, California. Saleen bekerja sama dengan mitra Cina, Jiangsu Saleen Automotive Technology (JSAT) mempercepat versi produksi dengan membeli hak atas GT Sports Car bernama Artega dari Jerman yang tidak berfungsi.  Dengan rencana membangun secara modern, namun akhirnya tidak layak dilanjutkan. Saleen kembali merancang S1 dari nol.

Meski begitu, model S1 memiliki sisa-sisa model GT. Antara GT dsan S1 Sports memiliki kesamaan desain kaca dan spartbor belakang. Kalau melihat detailnya, desain tersebut milik Lotus, yang menempel pada varian Evora. S1 sports dibangun di kelas mid engine, dengan bahan aluminium central dan body carbon fiber.

Disisi powertrain menggunakan mesin 2,5 liter inline 4, menghasilkan tenaga 450 hp dan torsi 474 hp. Mengandalkan tenaga penggerak dari roda belakang, pembeli bisa menggunakan transmisi manual atau menggunakan paddle shifted automatic. Berat Saleen S1 Sport hanya 1218 kg, akselerasi dari diam ke 96 kpj membutuhkan 3,5 detik.  Kecepatan maksimal mencapai 290 kpj.

Saleen mengestimasi mobilnya mampu menarik 1.2 g akselerasi lateral, karena didukung dengan ban Continental ExtremeContact bagian depan menggunakan Sports 255/30ZR20 dan 355/25ZR20 untuk ban belakang.

Saleen S1 ditawarkan dengan harga USD 100 ribu atau mencapai Rp 1,3 miliar. Bila Anda menginginkan bisa melakukan deposit USD 1.000.  Setelah melakukan produksi awal di California, lokasi produksi Saleen akan dipindahkan ke provinsi Jiangsu Cina, pertengahan 2018. JSAT telah menginvestasikan miliaran dolar untuk menarik Saleen menjadi merek yang mampu menyaingi Porsche. [Ahs/TimBX]

Tags :

#
auto news,
#
saleen,
#
steve saleen,
#
saleen s1 sports car,
#
jsat