MENU
icon label
image label
blacklogo

Rob White : Bersiaplah Menjadi Saksi Motor WMC250EV Tercepat di Dunia 402 kpj

JUL 09, 2021@13:25 WIB | 133 Views

Sebuah perusahaan yang berbasis di Inggris, White Motorcycle Concept (WMC) akhirnya  memutuskan sebagai bagian pengujian pengujian motor listrik tercepat di darat, dengan konsep giant hole dan satu satunya motor dengan dua penggerak elektrik 2WD yang bakal meluncur di kecepatan 402 kpj dengan koefisien drag 69 persen. WMC menyebutnya sebagai WMC250EV.

Adalah Rob White salah satu tenaga yang mengabdikan diri di dunia balap. Mulai dari dunia Formula 1, prototype Le Mans, supercar V8 dan tim World Endurance Championship selama 25 tahun. Kedekatan dengan desain roda dua cukup dipengaruhi oleh dunia mobil tercepat di jagad saat ini.

Menjadikan motor paling cepat sudah bukan ranah tenaga mesin saja, karena selebihnya adalah ranah aerodinamika seperti apa yang disupport untuk kecepatan tertentu. Udara menjadi musuh utama benda bergerak seperti motor untuk melewati 2-3 kali kecepatan motor di jalan raya biasa. Akhirnya aerodinamika dibuat agar bentuk fairing motor tetap ramping, sementara kehadiran rider dibuat cukup mengimbangi koefisien drag atau angin buritan yang lifter roda belakang.

WMC250EV memang dirancang sendiri untuk Rob White, begitu juga dengan teknis laser untuk menscan baju kulit, helm, milik White sendiri. Posisi rider yang jongkok ekstrim dan desain motor sengaja dibuat sedemikian rupa mendukung penuh aerodinamika, sehingga perbedaan antara asli dan kontur hanya 1 milimeter saja.

Kami sendiri bagaimana tunnel ventury dibuat untuk Lotus Evija, dan baru kali ini kami sadari desain lubang air vent yang begitu besar untuk sebuah motor. Sementara lubang karbon yang besar dirancang untuk mempertegas aerodinamika yang bersumber dari air ram lampu depan dibuat.

WMC secara pribadi telah menguji motor ini, termasuk Rob, di fasilitas Horiba MIRA dekat Hinckley Inggris. Rob White mengatakan konsep aerodinamika tersebut dapat mengurangi hambatan sebesar 69 persen dibandingkan dengan "motor terkemuka dunia", dengan koefisien hambatan hanya 0,118. 

Kemajuan yang benar-benar gila. Bahkan SSC Tuatara yang perkasa, saat ini mobil produksi tercepat di dunia dengan kecepatan 282,9 mph (455,3 km/jam), hanya dapat mengatur koefisien drag 0,279.

Untuk memfungsikan lubang besar itu melalui tengah, WMC harus menata semua part motor ke ruang di bawah terowongan. Komposisinya bukan hanya drivetrain listrik dan paket baterai; terowongan memotong tepat di mana kepala kemudi dan suspensi Anda biasanya berada.

 Jadi desainnya menggunakan sistem suspensi double-swingarm. Roda belakang digerakkan oleh rantai oleh sepasang motor listrik 30 kW yang terintegrasi ke dalam swingarm. 

Roda depan dikemudikan dengan hub menggunakan sistem hidraulik yang sepenuhnya menggantikan hubungan mekanis yang biasanya Anda temukan antara setang dan gandar depan pada sepeda dengan kemudi hub. Di mana sebagian besar roda depan hub-steered adalah unit yang cukup kompleks karena mereka perlu menyesuaikan kemudi dan pengereman ke dalam gambar, yang satu ini meningkatkan level dengan menambahkan motor listrik 20 kW ekstra di setiap sisi. 

Jadi motor ini tidak hanya berpenggerak dua roda, tetapi juga memiliki pengereman regeneratif roda dua. Antara itu dan efisiensi aerodinamis liar dari desain, White mengklaim itu bisa menggandakan jangkauan sepeda biasa dari ukuran baterai yang diberikan.

Baterai pada sepeda ini akan menjadi paket 15-kWh yang cukup sederhana. Tenaga puncak total adalah 100 kW (134 tenaga kuda), dan meskipun itu jauh di bawah Voxan Wattman 270 kW (362 hp) di mana mantan bintang MotoGP Max Biaggi memecahkan 11 rekor November lalu, White yakin bahwa aerodinamis tingkat berikutnya dari WMC250EV akan lebih dari kompensasi.

Dengan Voxan Wattman, Max Biaggi Cetak Rekor Kecepatan Tertinggi Dunia

"Kami telah memproduksi sepeda motor paling efisien secara aerodinamis di dunia," kata White. "Jika itu akan terbukti, maka cara terbaik untuk melakukannya adalah pergi secepat mungkin. Kami akan mengambil rekor kecepatan darat dunia." Targetnya adalah 250 mph (402 km/jam), untuk rekor sepeda motor listrik semi-ramping. Lokasinya akan menjadi dataran garam Bolivia pada 2022, setelah meniup jaring laba-laba dengan upaya memecahkan rekor setara Inggris nanti pada 2021.

Rencana White adalah untuk membuktikan teknologi dengan rekor kecepatan darat listrik, dan kemudian meluncurkannya ke pasar streetbike listrik. Untuk itu, dia mematenkan teknologi lubang besar "V-Air" secara internasional, dan berharap dia dapat membawa sesuatu yang serupa - meskipun tidak terlalu ekstrem atau disesuaikan secara pribadi - ke jalan.

Mungkin masuk akal juga; sepeda listrik saat ini sangat menyedihkan untuk dikendarai di jalan raya, di mana hambatan udara menghabiskan daya baterai dengan sangat cepat sehingga Anda hampir dapat melihat angka-angka yang terus berdetak. Bukan kebetulan bahwa orang-orang seperti "Electric" Terry Hershner membuat rekor jarak listrik mereka mengendarai sepeda yang dipasang dengan fairing yang licin, dan agak aneh bahwa tidak banyak di pasaran saat ini yang mengutamakan efisiensi aerodinamis di depan dan di tengah.[Ahs/timBX]

Tags :

#
white motorcycle concept,
#
wmc250ev,
#
rob white,
#
voxan wattman,
#
max biaggi