MENU
icon label
image label
blacklogo

Lorenzo, Biaggi dan Anderson: Tiga Pembalap Beda Generasi Masuk MotoGP Hall of Fame Tahun Ini

MAR 22, 2022@15:30 WIB | 313 Views

Dorna menunjuk tiga pembalap hebat dari era yang berbeda, yakni Jorge Lorenzo, Max Biaggi dan Hugh Anderson, untuk mendapatkan status MotoGP Hall of Fame tahun ini.

Ketiganya ditetapkan untuk masuk ke Hall of Fame MotoGP sebelumnya, namun tertunda dikarenakan pandemi COVID-19 yang melanda dunia. Karena saat ini pembatasan sosial akibat pandemi mulai mereda, pemegang hak komersial MotoGP, Dorna Sports SL, akhirnya memulai kembali penghargaan MotoGP Hall of Fame ini.

Pembalap asal Selandia Baru, Hugh Anderson, adalah salah satu pembalap yang mendapatkan titel MotoGP Hall of Fame tahun ini. Anderson adalah salah satu pembalap Grand Prix di era 1960-an di mana ia mengklaim empat gelar dunia, dua di kategori 50cc, dan dua lagi di kelas 125cc. Anderson yang sekarang berusia 86 tahun, juga pernah memperoleh dua kemenangan Isle of Man TT. Anderson sendiri akan diberikan status MotoGP Hall of Fame pada seri MotoGP Australia tahun ini di Phillip Island.

Pembalap selanjutnya yang mendapatkan status MotoGP Hall of Fame adalah Max Biaggi. Pembalap asal Italia ini terkenal sebagai salah satu rival utama Valentino Rossi sepanjang 1990-an dan awal 2000-an. Saat ini, pria berusia 50 tahun itu menghabiskan waktunya sebagai pemilik tim Moto3 dan pakar MotoGP untuk media Sky Italia.

Tentunya, empat gelar juara dunia 250cc Biaggi ditambah dua gelar Kejuaraan Dunia Superbikes (WSBK) yang diperoleh sebelum pensiun pada akhir 2012 sudah cukup untuk menjamin status Hall of Fame yang akan disematkan pada Biaggi saat gelaran MotoGP Italia di Mugello.

Pembalap ketiga yang dinobatkan sebagai MotoGP Hall of Fame adalah Jorge Lorenzo. Pembalap berusia 34 tahun asal Mallorca, Spanyol ini berhasil meraih lima gelar selama karirnya di dunia balap roda dua, dua dari kelas 125cc dan 250cc dan tiga dari MotoGP. Seperti Biaggi, Lorenzo juga merupakan pakar MotoGP untuk media Spanyol DAZN dan juga sebagai content creator di kanal youtube miliknya. Pelantikannya ke Hall of Fame MotoGP dijadwalkan selama akhir pekan MotoGP Spanyol di Jerez. [fdlh/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
motogp,
#
hugh anderson,
#
max biaggi,
#
jorge lorenzo