MENU
icon label
image label
blacklogo

Rivian R1T Punya Fitur Memutar 180 Derajat Seperti Tank

DEC 31, 2019@14:19 WIB | 185 Views

Kehadiran Rivian R1T telah banyak memberikan gebrakan tersendiri, selain Tesla yang sudah diproduksi masal khususnya persaingan mobil listrik di Amerika Serikat. Namun Rivian R1T belum punya lawan yang pas sekelas pickup elektrik. 

Dan dari kenyataan tersebut, Rivian terus bersolek mengembangkan teknologinya salah satunya tank turn, yang mampu berputar 180 derajat pada porosnya sendiri, tanpa harus bergerak maju mundur. Rivian R1T memiliki drive train beruap quad motor electrik yang memungkinkan fitur pertama di kendaraan umum.

Sebagian besar tank mampu berputar, dengan trek kiri dan kanan yang berkerja secara individual. Kenyataannya mobil mampu berputar pada track di satu sisi, dan disaat yang bersamaan memungkinkan secara terbalik mobil berputar pada porosnya sendiri. Secara umum belum banyak mobil dengan keempat rodanya berputar pada arah yang sama.

Namun Rivian R1T bekerja cukup berbeda. Powertrainnya  terdiri dari paket baterai lithium ion yang besar kapasitasnya, mampu menggerakkan empat motor listrik sekaligus. Setup inilah yang memudahkan berapa kontrok torsi yang dikirim ke roda, sesuai arah mana putaran rodanya. Seperti halnya tank, R1T dapat memutar roda ke kiri, depan dan belakang kiri ke depan. Dalam keadaan memutar, dua roda dibelakang juga memutar dalam keadaan terbalik.

Rekaman video menunjukkan kemampuan R1T bekerja dengan fitur tank turn. Dan itu memungkinkan fitur ini juga bakal diadopsi pada R1S yang sama dalam payung manufaktur. Seperti halnya SUV Lincoln yang berbasis Rivian juga bisa menerima fitur ini.

Sebelumnya, fitur ini dianggap palsu saat beredar di Youtube pada musim panas 2019. Dan kali ini cukup nyata, pasalnya dilakukan di trek berpasir atau berlumpur di luar aspal. 'Tank Turn' berhasil memutar mobil dengan cukup lincahnya.Fitur ini dikembangkan melalui investasi Ford dan Amazon. Melalui kumpulan dana yang besar Rivian R1T berhasil masuk ke ranah produksi. Namun jalur perakitan tidak akan dimulai sebelum akhir tahun 2020.

Tank Turn menjadi paket mengesankan dari R1T. Rivian juga sebelumnya telah mengembangkan portable kitchen, dengan kompartemen  yang cukup luas, dan terintegrasi dengan sasis. Semua alatnya juga menggunakan elektrik stove. Sebelum Ford mengembangkan Mach E versi produksi di tahun 2021,  Rivian R1T memiliki fitur yang paling menonjol sisi kreatifnya memanfaatkan teknologi baterai yang dimilikinya.[Ahs/timBX]

Tags :

#
rivian,
#
rivian r1t,
#
tank turn fungtion,
#
ford,
#
amazon