MENU
icon label
image label
blacklogo

Penantang Mobil Listrik AS Ini Hadir di Los Angeles Auto Show 2018

NOV 20, 2018@11:00 WIB | 2,645 Views

Pabrikan otomotif listrik, Rivian, telah mengembangkan kendaraan listrik hampir 10 tahun. Namun, mereka memiliki sedikit banyak pertimbangan mengenai jenis kendaraan apa yang akan dirilis ke publik. Oleh karena itu, tahun ini Rivian sudah menentukan bahwa truk atau pick up akan menjadi lini kendaraan mereka dan berencana akan merilis pada akhir bulan November 2018.

(Teaser Rivian di kanal youtube)

Perusahaan ini didirikan oleh RJ Scaringe yang kemudian menjadi CEO-nya. Lulusan MIT ini telah masuk kedalam dunia otomotif listrik sejak awal tahun 2009 ketika mereka mengambil alih pabrik Mitsubishi yang ditutup di Normal, Illinois.

Rivian menyewa Gary Gloceri, mantan kepala teknisi powertrain listrik Magna yang memimpin pengembangan powertrain untuk Ford Focus Electric untuk mengepalai pengembangan platform kendaraan listrik di Rivian.

Bahkan rencananya, selain memperkenalkan pick-up listrik, Rivian juga akan memperkenalkan SUV dengan menggunakan platform yang sama.

Sedikit spesifikasi yang dibocorkan, mobil rakitan milik Scaringe ini memiliki jangkauan dari 321 Km hingga 720 Km tergantung pada konfigurasi baterai (80 kWh ke atas). Selain itu, akselerasi yang dihasilkan dari 0-100 Km/jam hanya membutuhkan waktu sekitar 2,8 detik. Cukup cepat untuk seukuran pick-up, serta 5 detik untuk versi dasarnya. Dengan sedikit spesifikasi tersebut, mobil ini dihargai $ 50.000 atau Rp 729 juta hingga $ 90.000 atau Rp 1,3 miliar.

(Rivian akan merilis mobilnya di Los Angeles Auto Show 2018)

Nantinya, rivian akan memberikan nama mobil ini, yaitu R1T untuk model pick-up dan khusus SUV 7 seater dengan nama R1S.

“Dua model penggerak elektrik baru ini akan memberikan kesan terbaik dengan spesifikasi terdepan termasuk jarak tempuh, tenaga, torsi, dan artikulasi off-road. Kendaraan-kendaraan ini dirancang untuk menunjukkan bahwa teknologi kendaraan listrik sekarang mampu menghadirkan kemampuan on the road maupun off road yang tahan lama bagi konsumen,” ujar juru bicara Rivian.

(Platform yang digunakan untuk memproduksi R1T dan R1S)

Kedua kendaraan ini akan diresmikan di Los Angeles Auto Show pada akhir bulan ini.[prm/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
rivian,
#
mobil listrik,
#
los angeles auto show 2018,
#
pick up,
#
suv,
#
rivian r1t,
#
rivian r1s