MENU
icon label
image label
blacklogo

R1S Mampu Berkendara Layaknya Mobil Off Road

NOV 28, 2018@15:00 WIB | 1,121 Views

Rivian baru saja meluncurkan truk pick-up listrik Rivian R1T di Los Angeles. Start-up baru ini menarik perhatian publik ketika konsep SUV elektrik yang disebut R1S juga akan segera meluncur. R1S memiliki konfigurasi 7 seater yang memiliki kinerja, teknologi, dan kemampuan off-road-nya. R1S sebenarnya sama seperti dengan R1T dalam hal model bagian depan, teknik, dan tenaganya. 

Rivian menyebut kedua kendaraan ini sebagai “Kendaraan Elektrik untuk Berpetualang” yang memiliki daya pacu dan juga nol-emisi serta kemampuan berpetualang. Rivian mengatakan R1S akan memiliki jangkauan hingga 700 Km. Selain itu, kemampuan menempuh 0-100 km/jam hanya membutuhkan waktu tiga detik serta kemampuannya untuk bergerak di genangan air setinggi 39 inci.

Kedua kendaraan petualangan ini akan hadir dengan tiga tipe paket baterai yang berbeda, yaitu 105 kWh, 135 kWh, dan 180 kWh. Paket 135 kWh akan memiliki daya paling besar, yaitu sekitar 754 hp dan akselerasinya yang tercepat, sementara paket baterai 180 kWh dirancang untuk membuat jangkauan yang lebih panjang. Kedua model ini memiliki peringkat torsi identik yaitu 1.129 Nm. Khusus model 105 kWh dan 135 kWh memiliki tujuh kursi, sedangkan model 180 kWh hanya memiliki lima kursi. Semua model ini akan memiliki penggerak All-Wheel Drive.

Rivian menjanjikan teknologi self-driving canggih pada kendaraan ini. Rivian mengklaim memiliki tingkat 3 keamanan kendaraan otonom dengan menyematkan kamera, LIDAR, radar, ultrasonik, dan GPS dalam kendaraannya.

“R1S akan memiliki berbagai fitur self-driving yang difokuskan untuk memungkinkan gaya hidup aktif. Ini adalah hal-hal yang sangat ambisius yang akan menjadi kemajuan dalam industri otomotif hari ini, jika Rivian dapat memenuhi segalanya,” ujar juru bicara Rivian.

Start-up tersebut mengatakan akan memulai pengiriman untuk model yang dilengkapi dengan dua paket baterai yang lebih besar pada akhir 2020 mendatang, dan dengan model dasar 105 kWh datang pada tahun berikutnya. Harga untuk R1S akan mulai dari $ 65.000. Dengan harga tersebut, membuat R1S sejajar dengan Range Rover Sport dan Jeep Grand Cherokee SRTuntuk membeli mobil ini, calon pembeli wajib menyetor uang muka dan dapat dikembalikan dengan harga $ 1.000.[prm/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
rivian,
#
r1s,
#
r1t,
#
off road,
#
suv elektrik,
#
los angeles auto show 2018,
#
la auto show