MENU
icon label
image label
blacklogo

Riset Peugeot : Penggunaan I-Cockpit System, Merangsang Pengemudi Lebih Fokus

FEB 11, 2018@19:00 WIB | 172 Views

Upaya Peugeot menjaga driver tetap fokus  akhirnya tercipta dalam sistem i-Cockpitnya. Peugeot baru saja merancang sebuah tes untuk menunjukkan dengan tepat seberapa banyak mata pengemudi berkeliaran saat menyetir. Karena ketika mata pengemudi meleng sedikit, mengakibatkan kecelakaan fatal.

Peugeot mengumumkan next-generation i-Cockpit sejak tahun 2016, dengan komposisi roda kemudi kecil, dan beberapa panel instrument yang dirancang, agar menjaga kelopak mata bisa lebih dekat saat berkendara.

Untuk menunjukkan kemampuan telah sesuai dengan harapan, Peugeot telah menugaskan sebuah lembaga studi untuk menyelidiki berapa banyak mata pengemudi berkeliaran selama bertugas menyetir.  Analisa ini berjalan sepanjang jarak 10 km, untuk SUV Peugeot 3008 dan SUV lainnya.

Seorang driver yang menjadi bahan riset, menggunakan Tobii Pro Glasses 2, menggunakan 6 kamera guna melacak arah yang terlihat setiap 0,05 detik.  Automaker dari Prancis tersebut menganggap bawha suatu subyek dapat mengalihkan pandangan mereka dari jalan sebanyak 7 persen, saat SUV lain berjalan. Namun dengan menggunakan SUV Peugeot 300 yang dibekali i-Cockpit system  hanya 5 persen.

Bagi Peugeot, hal itu merupakan latihan kecil, meski terlalu sulit untuk membaca perbedaannya. Sebagai sampel paling kecil, yang dilakukan antara 2 SUV tersebut.  Padahal dalam 7 persen  total pengalihan pandangan mata pengemudi, mobil tersebut berjalan dengan kecepatan 48 kpj. Jika dikalkulasi, satu jam perjalanan 3,35 km mata pengemudi tidak melihat jalan.

Ini jawaban yang menghawatirkan tentunya, karena rawannya kecelakaan ada di range waktu tersebut.  Kalau boleh jujur, berapa persen Anda tergoda melihat subyek dan menanggalkan fokus kemudi Anda? [Ahs/timBX]

Tags :

#
auto news,
#
peugeot,
#
i-cockpit system,
#
riset