MENU
icon label
image label
blacklogo

Renault Twizy, Full Elektrik 17 hp Mampu Tempuh 80 km

JAN 22, 2019@17:00 WIB | 2,682 Views

Quadricycle, memang belum banyak orang menggunakan, kecuali Smart Fortwo yang lebih dahulu masuk ke market Indonesia sejak 2010. Meski beremisi rendah, sayang belum ada yang  versi electriknya. Cukup beda bila Quadricycle seperti Renault Twizy masuk ke market Indonesia, dengan full electriknya yang resmi diluncurkan tahun 2013, baru mulai diperkenalkan sejak Renault  bergabung dengan Nusantara Maxindo Group  tepatnya 24 Februari nanti.

Sebelum dipasarkan lebih luas, mungkin Black Pals perlu mengenal lebih dalam spesifikasi dari quadricycle ini.  Renault memperkenalkan 3 varian Twizy, Twizy Expression dengan dua tempat duduk  dan Twizy Dynamique dengan velg alloy dan two tone color.  Dan terakhir Twizy Cargo dengan single seat, yang memanfaatkan space dibelakang kursi pengemudi, sebagai cargo berkapasitas 180 liter, mampu menampung 115 kg, menciptakan kendaraan yang sempurna kalangan pribadi dan pebisnis.

Ruang kemudi yang dirancang tidak bersebelahan dengan penumpang, mungkin menjadi jalan untuk tidak memberikan efek cemburu. Karena mobil ini dirancang cukup personal, pemakaian scissor doors, lebih menekankan efisiensi ruang untuk mudah parkir di space yang sempit,.  Fitur lain yang ditawarkan adalah panoramic view yang bisa menjadi opsi tambahan.  Parrot Bluetooth hands free juga menjadi fitur tambahan yang memudahkan konektivitas. Termasuk wireless remote control, warna layar, voice synthesiser  dan voice recognition requiring no pre-programming, and MP3 iPod connectivity.

Sebuah kotak disisi dashboard bisa menampung sebuah sarung tangan, minuman kaleng, kacamata dan atau mungkin smartphone. Sebuah jaring untuk penyimpanan juga cukup fungsional, dan kargo opsional 50 liter bisa digunakan saat kursi belakang tidak difungsikan mengangkut penumpang.

Nah karena Twizy merupakan micro car electric, pengisian baterainya cukup sederhana. Dengan menarik kabel dan memasangkan ke steker listrik beraliran 220V. Waktu pengisian baterai  cukup 3,5 jam, untuk menempuh jarak hingga 80-100 km.  Daya jangkaunya sebenarnya bergantung pada  gaya mengemudi, kondisi jalanan. Dan Twizy memastikan tidak punya kendala, karena transmisi otomatis, cukup membantu penggunaan listrik lebih ekonomis. Sebuah indikator baterai pada dashboard Anda bisa menghilangkan keraguan Anda saat berkendara.

Seberapa aman mengendarai Quadricycle Twizy? Rangka Twizy terbuat dari rangka tubular yang dikembangkan Renaultport,  diklaim cukup melindungi Anda dari benturan.  Fitur pengereman menggunakan 4 rem cakram, ditambahkan sabuk pengaman 4 titik, dan airbag. 

Jendela telah mampu melindungi pengguna meski cuaca ekstrim sekalipun.  Dengan velg ukuran 13 inci, Anda bisa memilih warna velg dengan finishing flame orange, urban blue atau gloss black diamond.Soal harga belum ada informasi lanjutan, selain  peresmian Renault Maxindo Indonesia pada 24 Februari besok. Dan peluncurannya masih menunggu regulasi pemerintah soal mobil listrik di tanah Air.[Ahs/timBX]

Tags :

#
renault,
#
renault twizy,
#
quadricycle,
#
electric vehicle