MENU
icon label
image label
blacklogo

All New Renault Koleos - Game Changer

NOV 23, 2017@12:00 WIB | 1,715 Views

Desain dari Renault Koleos baru ini lebih bagus ketika Anda melihatnya secara langsung. Sebagian besar foto Koleos baru yang ada di internet kelihatannya memberikan tampilan yang ganteng, tapi percayalah, lihat langsung di showroom Renault terdekat, Anda akan sangat terkesan dengan apa yang telah dilakukan oleh desainer Renault untuk SUV Koleos ini.

Koleos kembali memasuki segmen SUV dengan berbagi rekayasa engineering bersama Nissan X-Trail yang sudah lebih dulu populer. (Nissan juga memiliki Renault selama beberapa tahun belakangan jadi ini tidak mengejutkan). Meskipun Anda akan kami maklumi karena tidak tidak ada kemiripan karena eksteriornya langsung dikenali sebagai Renault, berkat lampu LED Daytime Running berbentuk C yang khas dan emblem depan yang menonjol. Untuk pasar Indonesia, Renault menjual Koleos dengan mesin bensin 2,5 liter yang sama yang dipakai Nissan X-Trail, yang hanya menggerakkan roda depan melalui transmisi continuously variable (CVT).

Orang-orang marketing dari PT Auto Euro Indonesia (AEI) telah memutuskan untuk meninggalkan sistem 4×4 untuk Koloes baru ini karena hampir semua pembeli hanya menginginkan kendaraan berpelesir tinggi yang besar karena mereka tidak akan pernah berani menyentuh tanah off-road. Paling-paling mereka akan mendaki trotoar untuk diparkir, naik jalan kerikil untuk mengunjungi lahan kebun kecil atau berkendara di jalan yang baru dibangun untuk sampai ke tujuan mereka.

Tidak perlu bahan bakar mahal, berat, sistem 4x4 untuk melakukan semua ini. Hanya posisi berkendara tinggi, velg besar dengan ban SUV dan beberapa suspensi panjang yang nyaman yang dibutuhkan oleh para pembeli Tanah Air.

Koleos baru ini langsung dikenali sebagai SUV Eropa mewah. Yang kami uji, versi tertingginya, dan desainnya dengan jelas menunjukkan ini. Garis bonnet yang tegas berkontribusi pada kekuatan desain mobil, kesan ini diperkuat oleh kehadiran beberapa hiasan krom, termasuk strip yang berjalan dari lampu depan dan memanjang secara visual di ujung depan dan memancarkan kesan dinamisme dan keanggunan. Cukup unik di segmen ini, sebab detail ini membuat Koleos jadi berbeda dari SUV lain.

Di bagian belakang, ciri khas merk Renault kembali tampil mencolok. Lampu belakang LED lebar dan horisontal memperkuat kesan lebar (1.840 mm) dan menarik mata ke logo berlian Renault di bagasinya. Penyisipan pernik krom yang dipasang di bagian bawah bumper belakang berbentuk pipa knalpot kembar, detail yang saling melengkapi desain keseluruhan eksterior Koleos.

Oke, bagaimana dengan interiornya?

Naik ke dalam dan dia bahkan lebih besar dari yang Anda duga. Jarak sumbu roda 2.705 mm dengan panjang total 4.672 mm menjadi salah satu yang terpanjang di kelasnya dan memungkinkan Koleos meraih rekor baru sebagai SUV yang memiliki ruang interior paling luas di segmen-D

Segmen-D artinya, SUV ini setara dengan sedan besar dan menjanjikan interior yang luas, beberapa tempat penyimpanan dan dinamika berkendara seperti sedan. Di belakang kemudi, jok depan Koleos termasuk yang terbaik di kelasnya. Ada 6 way power adjustment, power lumbar adjustment dan kontur joknya nyaman.

Mereka yang berada di belakang hampir tidak ada bedanya, dengan ruang duduk yang cukup relaks untuk penumpang dengan postur 185 cm di belakang jok pengemudi. Bahkan, sunroof panoramic memberikan pemandangan tersendiri untuk orang-orang yang duduk di bagian belakang mobil.

Renault Koleos ini memiliki daftar peralatan lengkap yang juga ada pada model high-end Renault terbaru. Interior yang ditata dengan hati-hati menampilkan warna dan bahan yang dipilih untuk kualitas yang ingin mereka tonjolkan, sebagai upaya untuk menjadi patokan di segmennya dalam hal kenyamanan dan kesempurnaan.

Cuma menampung lima orang saja, nih?

Tunggu, dengan ruang lutut 289 mm, Koleos baru tidak hanya mengalahkan pesaingnya tapi juga menyediakan penumpang belakang dengan ruang kepala, ruang bahu dan ruang siku yang paling lega. Argumen pabrikan Perancis ini ketika ditanya soal kenapa cuma ada lima tempat duduk ketimbang tujuh, itu cukup logis. Mereka percaya bahwa sebagian besar pembeli di pasar ini hanya menggunakan lima kursi dan lebih memilih ruang bagasi tambahan dan ruang kaki belakang baris kedua yang lebih besar.

Perancangnya juga mengklaim bahwa mereka telah mampu menata mobil yang lebih baik dilihatnya, karena tujuh tempat duduk menuntut kompromi lebih. Layaknya mobil keluarga, ada banyak tempat, termasuk berbagai tempat untuk menaruh minuman, telepon dan phablet Anda, bersama dengan kotak laci 11 liter dan kotak 7 liter di konsol tengah. Ruang bagasi juga bagus, dengan kapasitas 458 liter yang berguna saat bagasi Anda dengan banyak barang belanjaan, atau Anda bisa melipat jok belakang agar kapasitasnya lebih besar.

Cuma itu saja?

Tentu tidak. Sejumlah gimmick mahal seperti satnav, two-zone climate control, layar infotainment 7.0 inci berteknologi RLink2 terbaru (kompatibel dengan Apple CarPlay dan Android Auto), Bluetooth, Radio DAB, dan banyak kit keselamatan lainnya. Sistem infotainment layar sentuh R-Link 2 terlihat canggih dan mudah digunakan juga, dengan pilihan untuk membagi layar menjadi dua untuk ditampilkan secara bersamaan, katakanlah, peta navigasi dan menu radio dalam satu layar.

Kenyamanan saat berpelesir juga semakin disempurnakan dengan pencahayaan kabin LED yang dapat diubah-ubah warnanya, mulai dari hijau, biru, kuning merah atau ungu, tergantung pada mood Anda dan penumpang yang diajak.

Lalu saat dipacu bagaimana?

Anda mungkin berpikir bahwa Koleos yang besar dengan mesin bensin bertenaga 170 bhp ini membutuhkan lebih banyak tenaga tambahan? Anda perlu menguji coba dia untuk melihat dan merasakan kekuatan yang diberikannya. Dia bergerak dari diam sampai 100 km/jam hanya dalam waktu 9,5 detik dan mencapai kecepatan tertinggi 200 km/jam.

Transmisi CVT bergeser di antara roda gigi dengan sangat cepat sehingga Anda benar-benar tidak merasakan pergeserannya. Koleos ini sangat mudah dikendarai, dengan kontrol yang sangat baik dan posisi mengemudi yang bagus. Tapi ingat, dia adalah mobil yang besar, dan Anda selalu menyadarinya tidak hanya saat parkir, namun kerena sensor melakukan pekerjaan yang bagus dalam memastikan sisi Koleos Anda tetap mulus terhindar dari goresan.

Tapi apakah itu jadi alasan yang cukup kuat untuk membelinya?

Sebenarnya ada alasan mengapa seseorang memilihnya. Versi sebelumnya tidak mengusung bahasa desain dan kabin interior yang cukup mengesankan untuk menantang rival Jepangnya. Koleos tidak akan menjadi best selling. Tapi jangan menertawakan orang-orang yang jatuh cinta sama dia karena proposisi sederhana: banyak kapasitas dan value-for-money, serta terbungkus bodi yang bagus.

Renault Koleos terbaru ini adalah pengubah dogma karena mengalahkan saingan Jepangnya dengan selisih yang jauh dan sekarang berada dalam posisi yang nyaman berdampingan dengan rival Jerman dengan harga yang lebih terjangkau. [bil/timBX]

Spesifikasi All New Renault Koleos

Dimensi 4.672 mm/ 1.843 mm/ 1.678 mm

Sumbu roda 2.705 mm

Mesin 2.5L DOHC 16 valve

Kapasitas 2,488 cc

Tenaga 170 HP @ 6.000 rpm

Torsi 233 Nm @ 4.000 rpm

Transmisi 6-speed New X-Tronic CVT

Berat 1.608 kg

Suspensi MacPherson strut / Multi-link (depan & belakang)

Ban 225/55R19

Harga Rp 495 juta

Tags :

#
all new renault koleos,
#
autoreview