MENU
icon label
image label
blacklogo

Proyek X Elektrik Chevy 1957 Jalani Pengujian

DEC 10, 2021@17:00 WIB | 237 Views

Proyek X yang merupakan transformasi Chevy 1957 berubah jadi EV, jalani serangkaian pengujian dan penyetelan lanjutan.

Konversi listrik pada Project X dimulai lima minggu sebelum penampilannya pada SEMA Show 2021. Tim pun memasang sistem eCrate Chevrolet Performance ke dalam Chevy 1957, yang pengaturannya selesai beberapa hari sebelum acara. Dan seperti banyak proyek SEMA lainnya, proyek X masih perlu diselesaikan.

Sekarang memilah EV hampir sama dengan membangun mesin pembakaran internal (ICE), tetapi jauh berbeda dalam hal elektronik. Dengan EV, jauh lebih banyak dikendalikan oleh komputer. Dan ketika berhadapan dengan daya DC tiga fase 400 volt, ada banyak sistem keamanan yang berlebihan. 

Jadi, setelah SEMA, X dikirim ke Chevrolet sehingga para insinyur di sana dapat memeriksa mobil dan menyempurnakan berbagai sistem EV. "Setelah SEMA, tim kinerja Chevrolet mulai mengerjakan penyetelan dan kalibrasi. Mengubah kalibrasi trem menjadi balap drag Performance EV membutuhkan sejumlah besar parameter untuk diverifikasi dan disesuaikan dengan hati-hati,” kata Manajer Proyek Chevrolet, Prashant Ahire.

Setelah Project X kembali ke Cagnazzi Racing, Proyek X menjalani beberapa pengujian performa sebelum dikirim ke pameran PRI (Performance Racing Industry). Di sini, Proyek X menggunakan satu set roda Billet Specialties yang lebih tua dan ban jalanan Mickey Thompson yang berusia tujuh tahun. 

Dengan torsi instan yang melekat pada EV, jelas bahwa ban tidak sesuai dengan tantangan sehingga perlu diganti dengan ban lengket baru untuk trek. X kini mendapatkan sepasang radial Pro Drag  bersama dengan sepasang E.T. seret slick.

Untuk sistem rem cakram ramah jalanan, Billet Specialties mengirimkan kuartet billet roller Comp 5 SFI-Certified baru untuk X. Ini akan sangat membantu memperlambat Chevy 1957 seberat 4.000 pon di bagian depan. Untuk bagian belakang, terdapat roda drag bead-lock 15 inci yang indah.

Putaran pertama pengujian dilakukan di drag strip 1/8-mil lokal di Mooresville, Carolina Utara. Trek ini telah beroperasi lebih dari 50 tahun dan merupakan tempat yang tepat untuk memulai pengujian dan pengumpulan data untuk tim di Chevrolet Performance. Dibalik kemudi ada Steve Johns, seorang pembalap drag yang sangat bagus dengan banyak pengalaman. Dia membalap untuk Bill "Grumpy" Jenkins selama lebih dari 20 tahun, dan diharapkan dapat memberi masukan kepada para insinyur.

Motor EV pada X dirancang untuk Cadillac Lyriq dan memiliki tenaga 340 hp dengan torsi torsi 325 lb-ft. Pengurangan gigi dibuat lebih agresif, namun sistemnya tidak pernah dirancang untuk balap drag keras. Untuk sampai ke sana, X masih membutuhkan banyak operan dan banyak pemrograman sistem dari tim Chevrolet Performance. [yub/zzztimBX] berbagai sumber

Tags :

#
project x,
#
chevy 1957,
#
chevrolet