MENU
icon label
image label
blacklogo

Prototipe Subaru Tertangkap di Fuji Speedway, Apakah tS atau STI Sport?

DEC 27, 2020@18:00 WIB | 276 Views

Subaru BRZ 2022 mungkin baru saja diumumkan secara resmi bulan lalu, tetapi versi yang ditingkatkan telah terlihat dalam pengujian di Fuji Speedway, Jepang. Dilaporkan oleh pengguna Twitter @taku_saf1 di Fuji Speedway, prototipe yang disamarkan disebut-sebut sebagai BRZ STI terbaru dengan turbocharger. Namun, tak sedikit yang menepis rumor tersebut mengingat Subaru memiliki banyak prioritas lain.

Direktur Komunikasi Subaru, Dominick Infante, baru-baru ini mengonfirmasi bahwa induksi paksa akan memerlukan teknisi untuk ketinggian mesin. Pada gilirannya, perubahan ini akan meningkatkan pusat gravitasi secara signifikan, merusak kemampuan untuk mengukur sudut. Adapun alasan terakhir mengapa BRZ STI tidak pernah terjadi adalah volume penjualan.

Model bermesin boxer ini telah meninggalkan Eropa untuk selamanya, meninggalkan Amerika Serikat sebagai pasar utama, meski tahun lalu hanya terjual 2.334 unit saja. Itu adalah penurunan 39,1 persen selama tahun 2018. Sebagai referensi, WRX dan WRX STI menjual 21.838 unit dalam jangka waktu yang sama. Maka kedatangan prototipe baru tidak mungkin BRZ STI. Lantas, model apakah dibalik kamuflase prototipe ini?

Secara historis, tS mendahului STI Sport, tetapi tidak mungkin membedakan kedua model dari gambar-gambar ini. Dua elemen desain yang menonjol dari BRZ biasa adalah side skirts yang lebih agresif dan splitter depan. Jika memperbesar area roda, maka Anda akan melihat lebih jauh kaliper rem standar berwarna perak, bukan Brembos bercat merah. Terakhir, Subaru tampaknya telah meningkatkan bumper belakang dengan diffuser aerodinamis yang diperbesar hingga ke sayap yang dipasang di side skirt.

Prototipe ini memiliki bendungan udara depan yang lebih besar, sayap kecil di sepanjang panel rocker tepat di depan roda belakang. Tampak pengemudi duduk manis di balik kemudi mengayunkan prototipe di sekitar tikungan 15 Fuji Speedway dalam gerakan drift yang memekik ban dengan sempurna. Selain BRZ tS dan BRZ STI Sport, masih ada kemungkinan lain yang perlu disorot. Body kit peningkat Aero cukup populer dengan generasi pertama mobil sport bermesin boxer, jadi mengapa Subaru tidak mengembangkan salah satu dari produknya sendiri sebagai alternatif OEM untuk solusi purnajual ?

Oleh karena itu, jangan berharap ada peningkatan sama sekali di bawah kap, atau asupan yang lebih sporty. Dari kapasitas 2,4 liter dan empat silinder, BRZ menawarkan 228 tenaga kuda dan torsi 249 Nm. Mengingat informasi yang masih terbatas, maka pantau terus perkembangan  Subaru selanjutnya. [yub/asl/timBX]

Tags :

#
subaru,
#
subaru brz,
#
subaru brz sti