MENU
icon label
image label
blacklogo

Porsche Classic Hidupkan Kembali Spare Part Langka Seri Vintage

FEB 14, 2018@20:00 WIB | 191 Views

Porsche Classic sebuah divisi dari Porsche Company, memiliki niat membangun komponen atau suku cadang dengan menggunakan teknologi 3D-printing.  Itu berarti, kekhawatiran BlackPals yang hobi merawat mobil Porsche yang kuno, punya harapan untuk mengganti suku cadang yang kompatibel, saat terjadi kerusakan.

Sebagai contoh kasus yang telah diproduksi adalah tuas pelepas kopling miliki Porsche 959, sebagai bagian yang tidak diproduksi lagi. Mengingat seri itu hanya diproduksi sebatas 292 mobil saja. Lantas bagaimana spare part tersebut dibuat, teknologi apa yang diterapkan?

Bagian spare part akan dihidupkan kembali dengan proses selective laser melting.  Langkah ini melibatkan penggunaan high energy laser yang tinggi, untuk mencairkan serbuk baja dengan pola yang tepat, sehingga dapat membangun obyek 3D dalam satu lapisan sekaligus.

Setelah produk jadi, akan melewati proses pressure test dan tomographic examination untuk penelitian internal faults.  Setelah lolos uji, akan dipasang dan digunakan untuk proses uji kendaraan. Saat ini Porsche Classic memiliki teknologi 3D printing, untuk mencetak 8 part, yang terbuat dari baja dan plastic.

Dalam semua kasus, bagian-bagiannya harus memenuhi kualitas dan periode produksi minimum. Pada akhirnya bagian part yang selama ini tidak ditemukan di pasar akan dibuat sesuai dengan permintaan.  Tentunya harganya akan dipangkas lebih murah, mengingat  cost produksi secara spesifik dan pre made telah dilewati.[Ahs/timBX]

Tags :

#
auto news,
#
3d printing,
#
selective laser melting,
#
porsche classic