MENU
icon label
image label
blacklogo

Peace Scrambler, Kustomisasi Suzuki TU250 Grasstracker Ala Heiwa Motorcycle

NOV 19, 2020@11:30 WIB | 131 Views

Adalah Kengo Kimura dan tokonya, Heiwa Motorcycle, yang kini mampu mencuri perhatian berkat usahanya dalam menciptakan sepeda motor dengan desain khasnya. Mereka memang sudah cukup terkennal dalam meraih banyak penghargaan atas kustomisasi kendaraan roda dua, termasuk seri Peace Scrambler, yang merupakan pengacak Suzuki yang sangat bersahaja ini.

Sepeda motor ini didasarkan pada model 2004 Suzuki TU250 Grasstracker Big Boy, yang mirip dengan ST250 yang digunakan Kengo untuk pembuatan pengacak terakhirnya. ST dan TU dijual dalam berbagai samaran untuk pasar yang berbeda selama bertahun-tahun (TU250 Grasstracker Big Boy tersedia di Jepang), tetapi rangka bodinya sama. Ini adalah UJM silinder tunggal 250 cc yang lucu dan praktis, yang menawarkan kinerja ringan dalam kemasan yang ringan.

Bagi Heiwa (yang berarti 'kedamaian' dalam bahasa Jepang), ini adalah platform yang sempurna untuk gaya yang benar-benar disukai Kengo saat ini: pengacak kecil yang dapat berjalan dengan baik di kota dan di hutan. Dia sudah membuat beberapa dari ini, dan mengatakan bahwa masih banyak lagi yang akan datang. “Saya sudah menjadi motorcross sejak saya masih remaja, dan suka berkendara,” katanya kepada kami. “Scrambler di seri yang saya buat kali ini tidak berdasarkan sepeda MX, tapi pada kendaraan komersial”.

Motor Suzuki TU250 hadir dengan kombo roda 19F / 18R, yang cukup sempurna untuk apa yang Kengo pikirkan. Jadi, dia cukup menukar karetnya dengan Dunlop D603s — ban tujuan ganda dengan sedikit bias off-road. Suspensi dan rem sebagian besar tersisa, kecuali sepasang shock belakang Kayaba baru. Motornya juga tidak dibelokkan, tapi Kengo memang menukar kotak udara-nya dengan filter polong. Dan dia membuat sistem pembuangan baja tahan karat showstop, yang dilengkapi dengan sepasang muffler kerucut terbalik dan pelindung panas khusus. Sepeda itu juga dipasang kembali, dengan segala sesuatu yang dikemas dalam kotak baru tersembunyi di bawah jok.

Bagian atas adalah pelana tuck-and-roll klasik, yang dilapisi bahan sintetis (karena pasti akan berlumpur). Kengo memendekkan dan melingkarkan subframe, tapi itu jauh lebih elegan daripada variasi taman Anda. Itu diakhiri dengan spatbor khusus dan lampu belakang Heiwa MC, dengan spatbor depan tinggi yang serasi.

Tangki bahan bakar-nya merupakan unit aluminium, yang diadaptasi dari motorcross Suzuki RM125 tahun 1976, yang keran bahan bakarnya diganti dengan proses las khusus. Kengo memakai jasa pelukis Ninben untuk menyelesaikannya dengan kombinasi sederhana dan biru, dengan logo Heiwa yang halus. Kokpit dilengkapi dengan satu set palang dan pegangan motorcross Renthal, dengan bantalan palang custom-made yang dihiasi dengan logo Heiwa. Tata letaknya minimal, dengan sakelar mikro dasar, cermin tunggal, dan penghitung kecepatan off-the-shelf, dipasang ke samping. Lampu kabut 4,5 inci klasik, dan lampu sein peluru aftermarket, melengkapi paket pencahayaannya.

Scrambler Suzuki yang sederhana ini juga mengemas satu fitur yang sangat pintar, yakni 'tangki minyak' di sisi kanan sepeda, yang merupakan sel bahan bakar 1,5 liter, menampung cukup bahan bakar untuk membawa Anda pulang. Alih-alih menyalurkannya ke sistem utama, Kengo membuatnya mudah dilepas, hanya dengan dua baut di bawah jok. Jadi secara efektif berfungsi sebagai jerigen kecil yang praktis. Jadi, kustomisasi motor ini meningkatkan semua kualitas terbaik dari sepeda kecil, praktis dan mudah dikendarai untuk bisa dibawa kemana saja. [inn/asl/timBX]

Tags :

#
kengo kimura,
#
peace scrambler,
#
kustomisasi suzuki tu250 grasstracker,
#
heiwa motorcycle,
#
motor custom