MENU
icon label
image label
blacklogo

Ninja ZX-25R Hadir Dengan Fitur Canggih Ala WSBK

JUL 13, 2020@20:00 WIB | 212 Views

Kehadiran Ninja ZX-25R diluncurkan oleh Kawasaki Motor Indonesia dengan catatan serius bagi pecinta two wheelers. Meluncur dengan 2 varian, standar dan Spesial Edition (ABS-SE). Sekitar Oktober tahun lalu, Mesin 'inline four screamer digitally' DOHC 249cc, berpendingin cair tersebut dikabarkan bisa dipakai di putaran mesin 20 ribu RPM menurut media Jepang dan bertenaga 59 hp. 

Nyatanya kemampuan mesinnya hanya dibatasi di 17.000 rpm dantenaga 49,3 hp, menurut sumber resmi KMI. Berkat fungsional ram air ala Kawasaki Ninja H2 , diproyeksi bisa menaikkan tenaga 1hp pada kecepatan 100kpj. Sementara torsi puncaknya bisa 22,9 Nm di rentang putar 14.500 rpm. Dan dual mode riding  full power serta low power memberikan pilihan rider dalam berkendara baik sesuai kondisi. 

ZX25R sarat dengan teknologi tinggi. Sebut saja desain sasisnya telah dilengkapi high tensile steel trellis frame terinspirasi dari motor Kawasaki yang turun di kelas World Superbike. Kunci sasis dibuat cukup dominan mewakili center gravitasi, posisi swing arm pivot, engine axis dan caster angle benar-benar mengadopsi dari superbike ZX10RR.

Suspensi depan dilengkapi SFF-BP(Separate Function Fork Big Piston) 37mm Showa dan suspensi belakang back link rear suspension. Tentunya cukup baik untuk handling, saat berkecepatan tinggi di  jalan raya maupun di sirkuit.

Sektor pengereman juga disokong dengan disk brake 4 310 mm 4 piston dan kaliper radial. Sementara cakram belakang telah menggunakan disk brake 220mm berkaliper single pot. Diharapkan mampu memberikan stopping power yang kuat dan pengereman yang cukup baik.

Teknologi Electronic Throttle Valves (ETV) memadukan fungsional high spec ECU, dapat mengontrol volume bahan bakar dan udara yang dikirimkan ke mesin. Respon mesin lebih halus, dan didukung electronic rider support system seperti traction control, mode berkendara dan dual direction quich shifter.  Sementara fitur assist dan slipper clutch membuat limitasi belakang cukup mumpuni dan tuas kopling cukup ringan.

Bagian yang mempesona lainnya adalah arched design, dengan swing arm berbahan high tensile steel, mengkombinasikan rigitas dan kelenturan yang seimbang. Mengakomodasikan silencer lebih pendek, dan tentu saja cukup stylish dan sporty. Posisi header dan pipa knalpot mengadopsi gaya ZX-6R memberikan performa low end yang kuat. 

Ninja ZX-25R telah dilengkapi dengan Twin LED Headlight yang dilengkapi dengan sorotan dekat dan jauh  serta position lamp membuat Ninja ZX-25R memiliki pencahayaan yang luar biasa. LED taillight-nya terinspirasi dari Ninja ZX-10RR menambah kesan mutakhir pada area belakang motor. 

Kawasaki Ninja ZX-25R dalam 2 tipe, yaitu tipe standard dan Special Edition (ABS - SE). Tipe SE memiliki tambahan grafis warna, serta beberapa fitur dan aksesoris. Tipe Standar dengan metallic spark black (hitam) dan tipe SE hadir dalam tiga pilihan warna Lime Green, Pearl Flatdusk White, Candy Plasma Blue. Varian standar dibandrol Rp96 juta dan varian SE dibandrol Rp112,9 juta.[Ahs/timBX]

Tags :

#
kawasaki motor indonesia,
#
ninja zx-25r,
#
ninja 4 silinder,
#
inline four screamer digitally