MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: MotoGP Batalkan Sistem ‘Wildcard’ Untuk Musim 2020

MAY 17, 2020@11:00 WIB | 303 Views

Promotor MotoGP (Dorna Sports) akan membatalkan sistem wildcard di ketiga kategori untuk musim 2020, yang akan membuat Jorge Lorenzo tanpa peluang membalap.

MotoGP musim 2020 akan dimulai dengan Grand Prix Spanyol pada tanggal 19 Juli di sirkuit Jerez. Karena pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung, Dorna Sports telah memberlakukan beberapa langkah keamanan untuk mengurangi risiko penyebaran virus corona.

Salah satu langkah itu adalah mengurangi jumlah personel tim di paddock. Itu berarti sistem wildcard saat ini akan dihapus untuk MotoGP, Moto2 dan Moto3, seperti yang diungkap beberapa media.

Setiap marque MotoGP memiliki opsi untuk menurunkan tiga wildcard satu kali per musim, dengan satu wildcard umumnya diberikan kepada test-rider dari masing-masing merek. Tim konsesi KTM dan Aprilia dapat memasukkan hingga enam wildcard per musim.

Pada bulan Maret, Yamaha mengumumkan Jorge Lorenzo (tiga kali juara dunia MotoGP) akan tampil sebagai bintang tamu di Grand Prix Catalan (di Barcelona), ​​yang merupakan salah satu balapan yang harus ditunda. Pembalap asal Spanyol itu mengambil peran sebagai test-rider Yamaha setelah memutuskan pensiun dari olahraga tersebut pada 2019.

Yamaha berharap Lorenzo akan dapat mengambil bagian dalam balapan yang dijadwalkan ulang Barcelona untuk akhir tahun ini, tetapi karena keputusan untuk menjatuhkan wildcard untuk 2020, Lorenzo harus menunggu sampai musim 2021.

Diketahui juga bahwa Dorna akan membuat pengumuman resmi akhir pekan ini. Keputusan Dorna telah disetujui oleh semua pabrikan MotoGP, yang berada di bawah tekanan untuk secara drastis mengurangi anggota balap mereka yang bepergian.

Dalam sebuah wawancara kelompok minggu lalu, CEO Suzuki Davide Brivio setuju membatalkan wildcard untuk tahun 2020 akan masuk akal.

"Itu adalah topik yang harus kita diskusikan," kata pria asal Italia tersebut. "Jika niatnya adalah mencoba untuk memiliki sesedikit mungkin orang di paddock, saya tidak berpikir ada gunanya memiliki wildcard. Itu berarti harus membawa setidaknya delapan atau sepuluh orang lagi."

Selain Lorenzo, pembalap wildcard lainnya termasuk Michele Pirro dari Ducati, yang akan ambil bagian dalam tiga balapan untuk merek Italia, test-rider Repsol Honda Stefan Bradl dan test-rider Suzuki Sylvain Guintoli. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
promotor motogp,
#
dorna sports,
#
sistem wildcard,
#
motogp musim 2020,
#
jorge lorenzo