MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Promotor MotoGP Indonesia Ingin Adakan Formula 1?

AUG 01, 2021@10:00 WIB | 236 Views

Organisasi di balik acara MotoGP Indonesia telah ‘berdiskusi’ tentang membawa Formula 1 ke sirkuit Mandalika.

Sirkuit Internasional Mandalika hampir rampung dan tergantung pada homologasi, yang akan melihat acara pertamanya ketika final World Superbike diadakan di sana pada bulan November.

Sirkuit tersebut juga akan menjadi tuan rumah uji coba MotoGP akhir tahun ini menjelang debutnya di kalender pada Maret 2022, yang awalnya terdaftar sebagai sirkuit cadangan untuk musim ini. Namun, ada juga keinginan untuk membawa F1 ke tempat tersebut di masa depan, yang sedang dibangun sebagai bagian dari kawasan pariwisata baru di pulau Lombok.

Untuk mengadakan MotoGP, Mandalika harus memenuhi standar sirkuit Grade A FIM, tetapi menurut Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC), sirkuit itu juga telah dirancang sedemikian rupa sehingga dapat dibuat sesuai dengan standar Grade 1 FIA yang diperlukan untuk tuan rumah Formula 1.

Kini, CEO Asosiasi Grand Prix Mandalika, Ricky Baheramsjah, mengungkapkan bahwa telah ada pembicaraan untuk membawa semua acara balap terbaik ke pulau Lombok.

“Begini, sirkuit kami bisa bergradasi ke grade A FIA, yang akan menampung Formula 1 dan kami sudah berdiskusi dengan pihak F1 di Lombok,” kata Baheramsjah. “Mereka tidak suka gravel trap yang kami butuhkan untuk MotoGP, tapi itu masalah kecil karena di bawah gravel hanya aspal, jadi bisa digeser.

“Kami mungkin memerlukan beberapa fasilitas lagi karena MotoGP adalah pasar yang sangat luas, orang-orang yang menggunakan skuter dan orang-orang di Bentley. Harga tiket juga relatif lebih terjangkau untuk MotoGP dibandingkan Formula 1.

“Jadi, destinasi seperti Lombok akan menjadi tantangan bagi Formula 1, tetapi begitu Mandalika dikembangkan, maka ada peluang fantastis bagi Formula 1 jika ingin menjelajahinya. Untuk saat ini, kami sepenuhnya fokus pada balapan yang telah dipersiapkan."

Sirkuit jalan raya hanyalah salah satu bagian dari 'Proyek Mandalika', yang menekankan pada keberlanjutan dan apa yang Baheramsjah gambarkan sebagai ‘pembangunan yang bertanggung jawab’. Hal ini juga diatur untuk menjadi salah satu dari sejumlah fasilitas olahraga dan kontes di pulau itu.

“Lombok benar-benar destinasi baru yang menarik,” tambah Baheramsjah. “ITDC perlahan tapi pasti memposisikan Lombok sebagai tujuan ‘hiburan olahraga’ dan kami ingin mengadakan acara seperti maraton dan lainnya di masa depan, acara yang benar-benar menggabungkan beberapa aspek hiburan.

“Mungkin juga ada peluang untuk mengubah pit building kami di masa depan menjadi tempat e-sports karena kombinasi e-sports dan pantai sebagai sebuah konsep yang fantastis.”

Pembaharuan di kanal media sosial Grand Prix Mandalika menyatakan bahwa proyek tersebut telah rampung 89,12%, termasuk 68% penyelesaian peletakan trek itu sendiri. Sementara secara teknis sirkuit jalanan, ini adalah trek balap yang dibuat khusus yang kebetulan akan digunakan sebagai jalan umum hampir sepanjang tahun.

Uji coba MotoGP di Lombok akan dilakukan pada bulan Oktober, ketika kejuaraan akan berada di wilayah flyaways Asia-Pasifik, dan WorldSBK pada 12-14 November.[dhe/shf/timBX]

Tags :

#
motogp,
#
promotor motogp,
#
motogp indonesia,
#
motogp indonesia ingin adakan formula 1