MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Jorge Lorenzo: “Yamaha Tidak Menyia-Nyiakan Saya”

OCT 08, 2020@11:00 WIB | 366 Views

Juara dunia MotoGP Jorge Lorenzo menegaskan Yamaha tidak "menyia-nyiakan" bakatnya sebagai test-rider meskipun kurangnya jarak tempuh bersama M1 tahun ini.

Setelah pensiun dari balapan kompetitif pada akhir 2019 menyusul musim yang berat di pabrikan Honda, Lorenzo kembali ke Yamaha pada musim dingin sebagai test-rider.

Sebuah langkah yang disambut baik oleh Yamaha, Lorenzo sejauh ini baru menyelesaikan dua hari menggunakan motor M1 pada tahun 2020, dan mendapatkan yang ketiga sirkuit Algarve (Portugal).

Setelah Valentino Rossi dan Fabio Quartararo mempertanyakan kurangnya Lorenzo dalam menggunakan tes tahun ini, Yamaha mencatat pandemi Covid-19 telah mempersulit tim penguji yang berbasis di Jepang untuk masuk ke Eropa untuk menyelesaikan program apa pun dengan Lorenzo.

Lorenzo percaya kurangnya hari-harinya bersama motor diakibatkan pandemi Covid-19 dan mengatakan "tidak logis" untuk berpikir Yamaha tidak menggunakan dia secara maksimal dengan sengaja.

"Saya percaya, dan saya sangat yakin, mereka berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan tes, tapi hanya keadaan yang membuat ini tidak bisa terjadi," kata Lorenzo.

"Tentu saja, saya yakin tanpa Covid, kami akan memiliki 15 dari 16 hari yang kami rencanakan. Tapi tidak, saya tidak percaya mereka menyia-nyiakan saya, terutama dengan sengaja, saya sebagai test-rider karena menurut saya secara ekonomi pabrik yang menghabiskan lebih banyak uang untuk lakukan tes. Jadi, tidak logis berpikir seperti itu.

"Saya benar-benar yakin keadaan Covid tidak membantu tim untuk melakukan tes lebih banyak."

Lorenzo mengendarai Yamaha 2019 selama dua hari pada bulan Februari di sirkuit Sepang selama tes pra-musim resmi.

Dia dijadwalkan mengendarai motor M1 2020 untuk pertama kalinya di sirkuit Algarve pekan ini untuk test-rider MotoGP, tetapi Yamaha tidak bisa mendapatkan motor bersama tepat waktu dan dia akan sekali lagi melakukan tes dengan mesin tahun lalu.

"Saya berbicara dengan Massimo (Meregalli, manajer tim Yamaha) beberapa hari lalu, beberapa pekan lalu, dan dia mengatakan mungkin mereka akan memiliki motor 2020 di sini," ungkap Lorenzo.

“Saya memasuki kotak penalti dan mereka baru saja memiliki motor 2019 dan mereka mengatakan kepada saya bahwa mereka tidak punya waktu untuk mempersiapkan motor 2020. Jadi, mereka belum siap mendapatkannya di sini.

"Sayang sekali tidak memiliki motor yang sama dengan motor resmi, tapi saya rasa mereka berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan motor baru di sini dan mereka tidak bisa. Jadi, kami perlu mengatur dengan apa yang dimiliki." [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
jorge lorenzo,
#
pembalap yamaha,
#
motogp 2020,
#
juara dunia motogp