MENU
icon label
image label
blacklogo

Mercedes dan Honda Dukung Harga Mobil Tetap

DEC 02, 2020@17:00 WIB | 183 Views

Mercedes-Benz dan Honda tetap berpegang teguh pada penyelidikan Senat pekan lalu (24/11/2020), bersikeras penetapan harga tetap dan agen ritel adalah cara terbaik bagi mereka untuk berhasil menjual kendaraan di pasar otomotif Australia.

Direktur Honda Australia Stephen Collins menggambarkan model dealer waralaba saat ini dalam situasi buruk dan memperkirakan ‘pengalaman pelanggan yang lebih baik’ di bawah model agensi yang tidak bisa ditawar.

Bos Mercedes-Benz Australia/Pasifik yang akan mengundurkan diri, Horst von Sanden, mengatakan dalam penyelidikan bahwa agen tersebut mewakili ‘cara yang lebih baik untuk melayani pelanggan Australia daripada model dealer berlisensi tradisional’.

Honda akan beralih dari model waralaba ke model agensi mulai Juli 2021, sementara Mercedes-Benz berkomitmen untuk melakukan perubahan mulai 1 Januari 2022.

Sementara kedua merek menekankan manfaat bagi pelanggan dari perubahan tersebut, anggota Senate Education and Employment References Committee, yang menjalankan penyelidikan, lebih fokus pada dampak perubahan pada dealer.

Masa tersulit bagi Collins datang ketika Senator NSW Labor Deborah O’Neill memujinya tentang kepemilikan data pelanggan. Collins mengatakan Honda Australia yakin data ini dimiliki bersama oleh produsen mobil dan dealer, meski dia mengakui hal itu tidak disebutkan dalam perjanjian dealer.

Ini berbeda dengan konfirmasi Toyota Australia dalam kesaksian sebelumnya bahwa berbagi data pelanggan secara khusus ditulis dalam perjanjian dealernya.

Seperti yang dilaporkan oleh penjualan mobil, empat dealer membawa Honda ke Mahkamah Agung Victoria atas pengaturan kompensasi yang tidak termasuk data. Di bawah pengaturan saat ini, itu ditransfer ke agen baru yang ditunjuk Honda secara gratis.

Salah satu keluhan utama dari dealer Melbourne Astoria Honda Brighton adalah bahwa ia telah membangun database-nya lebih dari 50 tahun dan sekarang diberikan tanpa kompensasi.

Sedangkan bagi von Sanden dan Jason Nomikos, direktur pengembangan jaringan Mercedes-Benz Australia/Pasifik, momen canggung datang ketika diskusi beralih ke keputusan Benz pada Februari 2020 untuk melanjutkan model agensi ketika 90% dealer menolaknya pada November 2019.

Von Sanden juga mengonfirmasi telah mengatakan di awal negosiasi bahwa Mercedes tidak akan mengadopsi model agensi kecuali jika didukung oleh dealer.

Von Sanden mengungkapkan perusahaan akan menawarkan 53 dealer Benz saat ini kesempatan untuk mengambil model agensi, yang berarti mereka tidak lagi membeli mobil dari pabrikan tetapi mendapatkan bayaran yang ditetapkan untuk setiap yang mereka jual. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
honda,
#
mercedes-benz,
#
harga mobil