MENU
icon label
image label
blacklogo

Mercedes-Benz Sudah Disetujui Untuk Menggunakan Warna Turquoise, Sebagai Tanda Sistem Self Driving Aktif

DEC 30, 2023@16:00 WIB | 207 Views

Mercedes-Benz mengumumkan bahwa mereka adalah produsen mobil pertama di dunia yang menerima persetujuan dari otoritas Amerika Serikat untuk menggunakan lampu penanda eksterior khusus untuk menandakan mobil sedang melaju secara otonom. Produsen mobil Jerman tersebut mengatakan lampu penanda mengemudi otomatis pada awalnya akan diintegrasikan ke dalam kendaraan uji di California yang dilengkapi dengan Drive Pilot.

Dua tahun lalu, Drive Pilot, yang merupakan sistem SAE Level 3 pertama di dunia untuk mengemudi otomatis bersyarat dengan persetujuan tipe yang valid secara internasional, menerima sertifikasi untuk digunakan di Jerman. Tahun ini, sistem ini telah disertifikasi di Nevada dan California dimana setiap negara bagian di AS memerlukan sertifikasi terpisah. Drive Pilot sudah tersedia untuk dipesan sejak tahun 2022 di Jerman, sementara di AS, kendaraan produksi pertama baru-baru ini memulai debutnya di jalan raya California dan Nevada.

Menurut Mercedes-Benz, penyertaan lampu penanda akan secara signifikan meningkatkan penerimaan masyarakat terhadap mengemudi otomatis dan berkontribusi terhadap keselamatan jalan raya. Perusahaan tersebut mengatakan bahwa lampu tersebut menggunakan lampu penanda berwarna biru kehijauan (turquoise) karena visibilitas warna tersebut dan perbedaannya dari penerangan kendaraan dan sinyal lalu lintas yang ada.

"Selain itu, menurut temuan berbagai studi pengujian, turquoise adalah warna optimal untuk mengemudi otomatis. Faktor fisiologis dan psikologis membuktikan nilai warna turquoise yang lebih tinggi di hampir semua area dibandingkan dengan warna lain," kata produsen mobil tersebut dalam rilisnya.

Kendaraan uji di California, di mana izin pengecualian perusahaan berlaku selama dua tahun, akan memiliki lampu penanda berwarna biru kehijauan (turquoise) yang terintegrasi ke dalam lampu depan dan lampu belakang serta kedua kaca spion. Sementara itu, izin Nevada berlaku untuk kendaraan produksi Mercedes-Benz model tahun 2026 dan akan tetap berlaku sampai modifikasi undang-undang dicapai dengan badan legislatif negara bagian. Drive Pilot akan tersedia dalam model kendaraan EQS dan S-Class model tahun 2024 di California dan Nevada mulai awal tahun depan.

Ke depannya, Mercedes-Benz berkomitmen untuk menstandardisasi warna turquoise sebagai sarana untuk memvisualisasikan kondisi berkendara otomatis. Ia menambahkan bahwa saat ini tidak ada kerangka umum untuk menggunakan lampu turquoise pada kendaraan produksi di AS, Tiongkok, atau UN-ECE (Komisi Ekonomi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Eropa). [ibd/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
mercedes-benz