MENU
icon label
image label
blacklogo

Mercedes-Benz CLA EV Gunakan Teknologi Otonom dari China

JUN 06, 2024@15:09 WIB | 173 Views

Kabar terbaru dari produsen mobil mewah, Mercedes-Benz, yang akan segera mengadopsi teknologi mengemudi otonom dari China. CLA, Mobil listrik masa depan terbaru Mercedes, akan menjadi model pertama yang disematkan teknologi dari China ini.

Menurut laporan media lokal, CLA serba listrik akan menyematkan solusi berkendara cerdas tingkat tinggi dari startup China bernama Momenta, yang tidak bergantung pada peta definisi tinggi. Sistem canggih ini akan memungkinkan bantuan navigasi perkotaan, dan kendaraan listrik dijadwalkan memasuki produksi massal pada April 2025.

Dengan memasukkan teknologi Momenta akan menandai pertama kalinya Mercedes-Benz mengadopsi solusi mengemudi cerdas dari pemasok Tiongkok. CLA baru akan menjadi model Mercedes-Benz pertama yang menggabungkan kemampuan mengemudi dengan bantuan ini.

Momenta, didirikan pada tahun 2016 dan berkantor pusat di Suzhou, sekitar satu jam perjalanan dari pusat kota Shanghai, dengan cepat menjadi terkenal dalam industri mengemudi cerdas di Negara Tirai Bambu. Pihak Mercedes-Benz juga mengakui sudah ‘memata-matai’ kiprah Momenta dan menyadari potensinya sejak dini.

Tanpa pikir panjang Mercedes memutuskan setuju berpartisipasi dalam putaran pendanaan Seri B pada awal tahun 2017, hanya enam bulan setelah didirikan. Mercedes-Benz melanjutkan investasinya pada tahun 2021 dengan berpartisipasi dalam putaran Seri C Momenta.

Pemilihan terhadap penyedia teknologi otonom dari China didasarkan angka penjualan pabrikan terus menurun disana. Hal ini karena pasar menilai selama ini produk Mercedes-Benz tidak memiliki fitur canggih sesuai dengan harganya yang tinggi.

FYI, pasar mengemudi cerdas di Tiongkok sangat kompetitif, dengan perusahaan seperti Huawei, Nio, Xpeng, dan Xiaomi telah menawarkan fitur bantuan pengemudi tingkat lanjut . Sebaliknya, kemajuan Mercedes-Benz di bidang ini masih tertinggal dan inovasi terbarunya adalah bantuan pilot jalan raya pada E-Class versi long wheelbase 2023.

Keterlambatan dalam mengadopsi fitur-fitur berkendara cerdas tingkat tinggi telah berdampak pada pertumbuhan premium dan penjualan merek Mercedes-Benz di Tiongkok. CLA baru, yang menargetkan demografi yang lebih muda dan melek teknologi, bertujuan untuk mengatasi kesenjangan ini. [wic/timBX].

Tags :

#
cla,
#
mercedes-benz,
#
cla ev,
#
cla listrik,
#
momenta

X