MENU
icon label
image label
blacklogo

Menjamurnya Mobil Mid-Hybrid, Picu Penggunaan Accu 48 Volt

FEB 12, 2018@22:00 WIB | 199 Views

Electric Cars sebagai mobil masa depan, tidak hanya baik untuk lingkungan, namun bagus untuk power mobil Anda. Sebuah laporan dari New York Times, beberapa perusahaan kali ini sedang mencari jalan, agar mampu beralih dari  daya 12 volt system yang tradisional ke daya penunjang yang besar yakni standar 48 volt.

Selama 7 dekade, accu standar bertahan di 12 volt. Namun sekarang, mobil telah memiliki electrical component dan sistem penggerak hybrid. Kedua alasan inilah yang membuat automakers berpaling dari 12 volt menuju 48 volt. Sebelumnya, rencana peningkatan daya voltase pada mobil umum disimpulkan telah mati alias tidak berlanjut karena mahalnya biaya.

Perkembangan masalah tersebut berlanjut, seiring berkembangnya  peraturan baru, dan telah membuka pintu untuk menggunakan baterai yang lebih bertenaga.  Perhari ini, baterai dijual lebih dari sebelumnya.

Jurgen Wiesenberger, Direktur Hybrid Electrical Vehicles, di Continental North America mengatakan,”Saat itu market belum siap menerima baterai bervoltase besar, karena  biaya mahal.Namun karena lonjakan bakan bakar 2013, akhirnya telah merubah isu mahalnya accu.”

Beberapa mobil yang membanggakan telah menggunakan accu 48 volt, seperti SUV Porsche Cayenne dan Bentley Bentayaga. Namun sayangnya kedua mobil ini juga terlalu mahal utnuk dimiliki. Kemungkinan kedua mobil tersebut sangat sulit untuk dibeli oleh konsumen menengah. Mungkin dalam waktu dekat, akan segera diterapkan.

Kedepan penggunaan sistem accu 48 volt akan terlihat seperti  teknologi mild hybrid system. Hal ini menawarkan 70 persen keuntungan, dari mobil hybrid penuh dan memotong biaya sebesar 30 persen.  Proyeksi sekarang ini, mobil dengan mid hybrid 48 volt dapat mengambil 14 persen pangsa pasar dari penulan kendaraan baru pada tahun 2025. Sedangkan pangsa pasar mesin diesel saja, baru 65 persen.

Hingga saat ini Volvo memimpin perubahan ini, dengan menggunakan accu 48 volt, untuk mid hybridnya. Tahun 2019 besok Volvo juga akan memperkenal system accu 48 volt ke A9 dan A8 apda 2019. [Ahs/timBX]

Tags :

#
auto news,
#
electric cars,
#
mid-hybrid,
#
accu 48 volt