MENU
icon label
image label
blacklogo

McLaren Speedtail 1035 Hp Tantang F35 Lighting Fighter Jet, BlackPals Tahu Siapa Pemenangnya

APR 27, 2020@20:00 WIB | 141 Views

Kerja keras  Top Gear memadukan dua kendaraan tercepat antara ugatti Veyron melawan EuroFighter menjadi satu fenomenal di era 2007, yang dikemudikan Hammond.  Kali ini ide yang sama diulang kembali,  dengan menghadirkan McLaren Speedtail dibawah kemudi Chris Harris melawan F-35 Lightning II milik tentara Amerika Serikat. Tema yang terulang adalah supercar melawan jet tempur. 
 

Pesawat  jet  F-35 memiliki banyak varian, seperti F-35B milik US Marine adalah salah satu model pendek (Lightning).  Bentuk  'B' punya karakter paling pendek dibanding 3 konfigurasi lainnya.  Pesawat tempur paling pendek radius terbangnya karena ruang bahan bakar yang hanya untuk dua kali terbang. 



Kami bahas dulu kemampuan terbangnya,  dimana versi Lightning punya kemampuan short takeoff and vertical landing aircraft.  Jadi F-35B adalah versi Lightning  yang menerima tantangan supercar Inggris ini, dan mengingatkan pada pesawat Harrier Jump Jet.  Sementara   F-35A digunakan untuk gaya pendaratan dan lepas landas konvensional  untuk keperluan Angkatan Udara US.  Varian berikut F-35 C dikhususkan buat landasan berbasis kapal Induk milik marinir US. 



Potensi McLaren (Macca)  Speedtail menjadi mobil tercepat versi produksi yang bisa digunakan  di jalan raya.  Semua orang berharap  McLarenSpeedtail dengan 3 kursi mampu melampaui kecepatan tertinggi mobil Formula 1  di era 90-an. McLaren mencatatkan rekor sebagai  dengan 250 mph berkat  mesin V8 twin turbo hybrid.  



Apakah Speedtail punya kemampuan menukik seperti F-35B  dalam perlombaan? Mengingat pesawat  jet tempur punya kemampuan menarik gravitasi penumpang  7G  di 7 titik.  Pesawat  militer ini punya kemampuan ekstrim saat terbang dengan traksi yang hebat, dibanding supercar 1035 hp tersebut.
 

Kenyataannya tak seindah  apa yang mereka bayangkan, akselerasi McLaren  memang tak terkejar dikemampuan drag 150 mph, meski menang drag di awal,  Speedtail berhasil menyentuh kecepatan 287 mph,  agak mendahului F-35B. Setelah tikungan ke dua,  kecepatan kembali dirobek oleh F-35B dan meraih finish lebih dahulu dengan gap beberapa sekitar 1-2 detik . Disisi lain F-35B lebih sulit menikung karena mengendarai pesawat cukup berbeda dengan mengendarai mobil.  Pilot kesulitan untuk tetap di trek,  namun pemandangan ini tetap menjadi hiburan yang menyenangkan bagi kedua belah pihak. [Ahs/timBX]

Tags :

#
mclaren speedtail,
#
adu cepat supercar,
#
adu cepat pesawat jet,
#
chris harris,
#
f35b lightning