MENU
icon label
image label
blacklogo

McLaren Speedtail, Mobil Jalan Mesin Hybrid 1000 Tenaga Kuda

MAY 02, 2020@19:00 WIB | 226 Views

Speedtail adalah mobil jalanan McLaren paling liar saat ini. Dengan proporsi yang sempurna, layout pengendara di tengah dan tenaga lebih dari 1000 hp, mobil ini adalah salah satu mobil terkeren yang bisa turun di jalanan umum.

Nah, McLaren baru saja membeberkan detail mengenai sebuah komponen motor listrik yang membantu memacu jantung V-8 twin-turbo dari Speedtail. Mesin internal combustion 4.0 liter yang tertanam di belakang kabin memiliki tenaga garang di 757 tenaga kuda dan torsi 590 lb-ft, semua berkat desain intake baru yang lebih ringan, desain piston yang disempurnakan, serta sistem pendingin kepala silinder yang baru.

Semua itu sudah sangat menganggumkan dan tentu mumpuni, bahkan tanpa motor listrik sekalipun. Meminjam teknologi dari mobil Formula E McLaren, motor ini terpasang langsung pada input gearbox tujuh percepatan yang mampu memnghasilkan 312 tenaga kuda. Menurut McLaren, tenaga yang disalurkan sebesar 8.3kW/kg, dua kali lebih efisien daripada mobil sport pada umumnya.

Tentu saja motor tersebut tak akan dapat berdiri sendiri, ia membutuhkan baterai dan baterai di sini memegang peranan penting. Sistem penyimpanan energy voltase tinggi adalah sesungguhnya inovasi dari Sppedtail. Di dalamnya terdapat cel berkekuatan besar berbentuk silinder di pasang dengan penempatan yang unik.

Baterai 1.647kWh ini adalah salah satu yang paling canggih saat ini. Selain tenaga besar ia juga ringkas, ia memiliki rasio perbandingan bobot dan tenaga terbaik saat ini. Kepadatan tenaga dari baterai ini diyakini McLaren empat kali lebih baik dari bateri yang terdapat di McLaren P1.

Mobil super keren ini hanya dibuat sebanyak 106 unit saja dan tampaknya pemilik akan sangat beruntung memiliki McLaren Speedtail dan teknologi canggih di dalamnya. [leo/asl/timBX]

Tags :

#
mclaren speedtail,
#
mobil hybrid,
#
formula e mclaren